Manfaat Pelatihan Prakerja Dirasakan Para Alumni
Logo BeritaSatu

Manfaat Pelatihan Prakerja Dirasakan Para Alumni

Kamis, 20 Mei 2021 | 21:26 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Mayoritas penerima kartu prakerja mengaku, pelatihan yang diikuti berguna untuk meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing mereka dalam bekerja maupun berwirausaha.

Direktur Riset Cyrus Network, Fadhli MR, mengatakan, terdapat beberapa indikator variabel mengenai kompetensi, daya saing tenaga kerja, daya saing usaha, dan jiwa kewirausahaan yang ditanyakan pada para penerima program kartu prakerja 2020.

"Mayoritas menyatakan, pelatihan prakerja mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas dan daya saing mereka dalam bekerja maupun berwirausaha," ungkap Fadhli, di Jakarta, Kamis Kamis (20/5/2021).

Fadhli menjelaskan, berdasarkan hasil survei Cyrus tentang Persepsi Penerima Kartu Prakerja Terhadap Penyelenggaraan Program Kartu Prakerja, pada indikator kompetensi, 98,2% responden mengaku mendapat tambahan pengetahuan setelah mengikuti pelatihan.

Selanjutnya, 96% responden mengaku mendapat tambahan keterampilan setelah mengikuti pelatihan. Begitu juga dengan sikap kerja, di mana 93,9% responden mengaku mengalami perbaikan sikap setelah mengikuti pelatihan. Sementara, dari sisi produktivitas, 91,9% responden mengaku mampu mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan.

"Sebanyak 86,2% responden mengaku mampu mengerjakan pekerjaan lebih banyak dibanding sebelum ikut pelatihan. Mayoritas responden juga mengaku mampu mengerjakan pekerjaan secara tepat waktu,” jelasnya.

Menurut Fadhli, dari sisi daya saing pekerja, 92,3% dari responden berstatus pekerja menyatakan mampu bersaing dengan baik dalam perusahaan tempatnya bekerja. Hanya 7,7 % yang menyatakan tidak setuju.

Selain itu, ada 83,8% dari responden yang bekerja/berstatus karyawan menyatakan setuju pelatihan yang diambil sesuai dengan kebutuhannya dalam bekerja. Namun masih ada 16,2 % yang tidak setuju.

"Di antara responden yang bekerja, 96,8% menyatakan mampu beradaptasi dengan baik di dunia kerja setelah mengikuti pelatihan,” paparnya.

Untuk responden yang berwirausaha, 92,8% mengaku memiliki kreatifitas yang lebih baik, 83,3% mengaku mampu memilih bahan baku berkualitas, dan 79,1% dapat memiliki alat produksi yang lebih baik.

"Untuk indikator memiliki alat produksi ini, yang tidak setuju masih cukup besar yaitu sekitar 21%. Dugaan saya karena alat produksi terkait ke permodalan yang mungkin harganya cukup mahal," kata Fadhli.

Di antara responden yang berwirausaha, 94,3% mengaku memiliki metode pemasaran yang lebih baik dan mampu memanfaatkan media sosial dengan baik untuk memasarkan produknya setelah mengikuti pelatihan. 89,8% wirausaha alumni kartu prakerja mengaku mampu memotivasi para pekerja di tempat usaha yang dimilikinya.

"Dari sisi jiwa kewirausahaan, 97,1% alumni program kartu prakerja yang berwirausaha mengaku lebih percaya diri, 97,3% mengaku lebih optimistis, 98,4% mengaku lebih disiplin dan lebih berinisiatif dalam berusaha, serta 98% menjadi lebih bertanggung jawab setelah mengikuti pelatihan kartu prakerja,” tandas Fadhli.

Survei yang dilakukan oleh Cyrus Network ini, dilaksanakan pada 1-5 Mei 2021 dengan wawancara menggunakan telepon. Dari data populasi berupa nomer telepon penerima program kartu prakerja yang tersedia untuk dijadikan kerangka sampling, diambil 2.000 responden secara acak menggunakan metode simple random sampling. Margin of error survei ini lebih kurang 2,24% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

IPO Perkuat Pertamina Shipping di Marine Logistics dan Energi

IPO diharapkan semakin memperkuat posisi PIS di industri energi dan marine logistics Tanah Air.

EKONOMI | 20 Mei 2021

Pembangunan Rampung, Bendung Gerak Akan Kendalikan Banjir di Semarang

Bendung Gerak Kanal Banjir Barat (KBB) berfungsi sebagai pengendali banjir Kota Semarang, pemasok air baku, dan sarana olahraga air seperti perahu naga.

EKONOMI | 20 Mei 2021

Soal Tax Amnesty Jilid II, BKF: Tunggu Pembahasan DPR

Kepala BKF sebut di DPR belum ada pembahasan tax amnesty.

EKONOMI | 20 Mei 2021

KNEKS: Pembiayaan Syariah Mampu Saingi Bank Konvensional

Bank besar seperti Bank Syariah Indonesia (BSI) dinilai sudah mampu bersaing dengan bank kenvensional dalam hal tingkat margin.

EKONOMI | 20 Mei 2021

Holding Ultra Mikro Jaga Stabilitas Pelaku Usaha

Pembentukan holding BUMN untuk sektor ultra mikro dinilai akan menjadi momentum perbaikan kinerja pelaku usaha.

EKONOMI | 20 Mei 2021

Kolaborasi BTN dan Perumnas, Tapera Siap Wujudkan 11.000 Unit Rumah

Masyarakat Indonesia bisa memiliki rumah dengan berbagai manfaat dan kemudahan dari fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Tapera.

EKONOMI | 20 Mei 2021

Kembangkan Bisnis, Kurniamitra Duta Jajaki Prinsipal Asing

Kurniamitra Duta Sentosa membeli saham PT Formosa Ingredient Factory sebesar 30%.

EKONOMI | 20 Mei 2021

KSP Pastikan Tol Becakayu Tersambung ke Tambun pada 2024

KSP memastikan pembangunan Jalan Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu (Becakayu) dilanjutkan hingga ke wilayah Tambun, Kabupaten Bekasi.

EKONOMI | 20 Mei 2021

Pemerintah Lanjutkan Reformasi Perpajakan

Pemerintah akan terus melanjutkan pelaksanaan reformasi perpajakan dalam rangka mewujudkan sistem yang sehat dan adil.

EKONOMI | 20 Mei 2021

Larangan Mudik Berakhir, AP II Naikkan Level Operasional Bandara

Level operasional bandara AP II dinaikkan satu tingkat lebih tinggi dibanding masa larangan mudik.

EKONOMI | 20 Mei 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS