Logo BeritaSatu

Jasa Marga Jajaki Kerja Sama dengan Roatex soal Integrasi MLFF

Sabtu, 22 Mei 2021 | 05:04 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) menjajaki kerja sama dengan PT Roatex Indonesia Toll Road System (RITS) selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) proyek Multilane Free Flow (MLFF). Penjajakan tersebut terkait rencana integrasi penerapan teknologi transaksi nirhenti di Gerbang Tol (GT) dengan sistem pemantauan kondisi trafik di ruas tol kelolaan yang dioperasikan MTC.

"Kita masih melihat karena sekarang MLFF dimenangkan oleh PT Roatex, sekarang sedang kita lakukan penjajakan dengan pihak pemenang MLFF," ucap Project Director PT Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) Raddy R. Lukman Kamis (20/5/2021).

Ia menerangkan bahwa MLFF merupakan teknologi nirhenti sekaligus nontunai untuk transaksi di GT. Sementara JMTC adalah unit kerja di Jasa Marga yang berperan untuk memantau kondisi trafik di ruas-ruas tol kelolaan Jasa Marga. "Jadi nanti kita lihat, poin-poin kerjasama apa saja yang bisa dikerjasamakan (dengan Roatex), kita bicarakan ke depan. Tapi yang jelas sekarang sudah mulai ada penjajakan," imbuh Raddy.

Sebagai unit kerja baru di bawah Jasa Marga Grup, JMTC menjadi pusat informasi dan pengendalian lalu lintas (lalin) secara terintegrasi di jalan tol. Bila diibaratkan, JMTC sebagai mata jalan tol yang berfungsi mengumpulkan seluruh informasi lalin dari tol-tol kelolaan Jasa Marga.

"Contohnya kamera CCTV yang tersebar di sepanjang ruas tol, informasi petugas yang berpatroli, Remote Traffic Micro Sensor (RTMS), smart camera, google hit, informasi pelanggan, dan yang terbaru laporan pelanggan dari aplikasi Travoy. Kita olah semuanya, kita integrasikan untuk kita sampaikan secara akurat dan realtime kepada pengguna jalan," paparnya.

Dengan demikian, jika dibandingkan dengan JMTC sebelumnya, JMTC yang diresmikan bersamaan dengan ulang tahun Jasa Marga pada 1 Maret 2021 lalu ini telah mengembangkan Intelligent Transport System (ITS) dengan mengintegrasikan seluruh peralatan dan platform melalui Jasa Marga Integrated Digital Map.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Beberkan Bukti APBN Sudah Dikelola Efektif

Sri Mulyani menegaskan, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menjaga defisit APBN relatif rendah dan menurun secara cepat.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Resesi Makin Rumit, Seperti Apa?

Menurut Sri Mulyani, inflasi yang sangat tinggi telah mendorong respons kebijakan moneter terutama di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Tangani Sampah Makanan, NFA Dorong Kolaborasi Lintas Sektor

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menyerukan kolaborasi lintas sektoral untuk penanganan sampah makanan atau food waste di Indonesia.

EKONOMI | 29 September 2022

OJK Minta Multifinance Lebih Hati-hati Menyongsong 2023

Hampir semua indikator perekonomian global dan domestik berpotensi menurun, sehingga berdampak pada stabilitas dan pertumbuhan industri multifinance.

EKONOMI | 29 September 2022

Jasa Agen Asuransi Sumbang PPN Rp 36 Miliar Per Agustus 2022

Founder Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) Wong Sandy Surya menjelaskan, sejak 2009 komisi agen asuransi dikenakan PPh 50%.

EKONOMI | 29 September 2022

Miris, Sampah Makanan Indonesia Capai 48 Juta Ton Per Tahun

Timbunan sampah makanan atau food loss and waste di Indonesia mencapai 48 juta ton per tahun, yang berasal dari lima tahap rantai pasok pangan.

EKONOMI | 29 September 2022

Krisis Inggris, Sri Mulyani: APBN Kuat Jadi Shock Absorber

Sri Mulyani Indrawati menegaskan, APBN harus kuat agar bisa menjalankan fungsinya sebagai peredam guncangan atau shock absorber.

EKONOMI | 29 September 2022

Brand Finance Beri Penghargaan Top 100 Most Valuable Brands 2022

Sebanyak 100 perusahaan meraih penghargaan "Top 100 Most Valuable Brands 2022" yang diberikan oleh Brand Finance.

EKONOMI | 29 September 2022

Shell Luncurkan Skenario Peta Jalan Indonesia Capai Target Zero Emisi pada 2060

Membangun sistem energi net-zero di Indonesia pada tahun 2060 merupakan tantangan, tetapi, Shell percaya hal ini secara teknis memungkinkan.

EKONOMI | 29 September 2022

Situasi Ekonomi 2023 Gelap, Sri Mulyani: Segera Kumpulkan Amunisi

Sri Mulyani mengungkapkan, suasana dunia pada 2023 akan sangat menantang, dengan tingkat risiko bergeser dari pandemi ke gejolak ekonomi global.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

Satu Terduga Teroris Poso Berhasil Dilumpuhkan Satgas

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings