Logo BeritaSatu

Arsjad Rasjid: Indonesia Berhak Dapatkan Manfaat Green Economy

Senin, 24 Mei 2021 | 13:44 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid mengatakan Indonesia berhak mendapatkan manfaat dari perkembangan dunia yang kini mengarah pada green economy (ekonomi hijau).

Arsjad yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, periode 2021-2026 menyatakan, sebagai salah satu paru-paru terbesar dunia, Indonesia wajib mendapatkan manfaat besar dari hutan tropis dan hutan mangrove yang dimiliki.

“Saat ini, gaya hidup hijau semakin berkembang dan telah menjadi konsep yang populer, karena semakin banyak entitas mengakui adanya kebutuhan mendesak dan berbagai manfaat dari praktik green economy yang berkelanjutan,” kata Arsjad di Jakarta, pada Senin (24/5/2021).

Ia mengatakan, green economy yang menekankan pada pertumbuhan ekonomi yang kuat dan ramah lingkungan akan mendukung Indonesia mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang dapat mengurangi kemiskinan dan memastikan inklusi sosial, kelestarian lingkungan, serta efisiensi sumber daya.

Menurut Arsjad, green economy berbeda dengan model pembangunan konvensional yang mengandalkan praktik yang tidak berkelanjutan, seperti pengurasan dan penghancuran sumber daya alam.

Green economy merupakan suatu gerakan terkoordinasi yang mengutamakan pertumbuhan ekonomi yang menjunjung tinggi keberlanjutan lingkungan, penurunan tingkat kemiskinan, dan keterlibatan sosial yang didorong pengembangan serta pemanfaatan sumber daya global secara berkelanjutan,” jelas dia.

Arsjad mengatakan, salah satu langkah nyata yang dilakukan pemerintah dalam penerapan green economy adalah transformasi energi menuju energi baru dan terbarukan. “Green economy, green technology, dan green product harus diperkuat agar kita bisa bersaing di pasar global,” katanya.

Arsjad juga mengapresiasi langkah nyata pemerintah untuk membangun green industrial park (kawasan industri hijau) di Kalimantan Utara, di mana pemerintah akan memanfaatkan hydropower di Sungai Kayan sehingga dapat menghasilkan energi hijau, energi baru terbarukan yang nantinya akan disalurkan ke kawasan industri hijau, dan menghasilkan produk-produk hijau.

Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga memiliki kekuatan besar di sektor blue economy karena sangat kaya biodiversity di laut.
“Kita harus memanfaatkan secara bijak anugerah Tuhan ini untuk menyejahterakan rakyat dengan tetap menjaga alam dan keberlanjutan produksi. Sustainable blue economy menjadi agenda yang harus diprioritaskan di semua wilayah pantai yang kita miliki,” kata Arsjad.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

BI dan Kemendag Gencarkan Penerapan SIAP QRIS di Mal

Dukung pemulihan ekonomi, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong penerapan SIAP QRIS di berbagai mal dan pusat perbelanjaan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Minim Ahli Keamanan Siber, Indonesia Sasaran Empuk Hacker

Kekurangan tenaga ahli dan wawasan masyarakat yang rendah mengenai keamanan siber, membuat Indonesia jadi sasaran empuk para hacker.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Pelaku Pariwisata Harus Beradaptasi dengan Perubahan Akibat Pandemi

Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian menekankan pentingnya pelaku pariwisata beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perkuat Layanan Logistik, Mologiz Gandeng Lion Parcel

Penyedia layanan logistik, Mologiz, menggandeng Lion Parcel dalam bentuk kerja sama layanan pengiriman barang secara langsung.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepemilikan Satwa Liar, KLHK Minta Masyarakat Miliki Izin

Kepemilikan Satwa Liar, KLHK Minta Masyarakat Miliki Izin

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings