Logo BeritaSatu

Jasa Marga Alokasikan Seluruh Laba sebagai Dana Cadangan

Kamis, 27 Mei 2021 | 18:01 WIB
Oleh : Lona Olavia / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Jasa Marga Tbk (JSMR)
memutuskan tidak membagikan dividen untuk tahun buku 2020.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyampaikan bahwa seluruh laba bersih yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk Jasa Marga tahun 2020 sebesar Rp 501,05 miliar ditetapkan sebagai cadangan.

"Pemegang saham mempertimbangkan saat ini Jasa Marga perlu memperkuat capital structure di tengah pandemi Covid-19 yang turut berdampak terhadap bisnis perseroan," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (27/5/2021).

Hal ini mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlanjut hingga saat ini, serta beberapa ruas tol milik Jasa Marga yang baru selesai dan masuk pada tahap awal operasional.

Ada pun tol milik Jasa Marga yang baru saja beroperasi adalah Tol Jakarta-Cikampek Elevated, ruas tol Cinere-Serpong maupun Kunciran-Cengkareng. Sedangkan dalam waktu dekat, Jasa Marga (JSMR) mengejar operasional Jakarta Outer Ring Road (JORR) II, Seksi I Tol Balikpapan-Samarinda dan Seksi V Tol Balikpapan-Samarinda.

Sepanjang tahun 2020, Jasa Marga berhasil menyelesaikan pembangunan 29,46 Kilometer jalan tol baru sehingga total jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga hingga akhir tahun 2020 mencapai 1.191 km.

Ruas jalan tol baru yang dioperasikan Jasa Marga pada tahun 2020 yaitu Jalan Tol Pandaan- Malang Ruas Pakis-Malang sepanjang 3,11 Km dan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado- Danowudu sepanjang 26,35 Km.

Jasa Marga juga membuktikan komitmen untuk terus tumbuh, dengan memperoleh konsesi Jalan Tol Yogyakarta - Bawen sepanjang 75,82 km.

Jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun ini akan melintasi akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah (67,05 km) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (8,77 km).

Dengan adanya penambahan konsesi baru ini, maka hingga akhir tahun 2020, konsesi Jalan Tol Jasa Marga di seluruh Indonesia mencapai 1.603 Km.

Tahun lalu, Jasa Marga mencatatkan kinerja positif dengan perolehan laba bersih senilai Rp 501,05 miliar. Jasa Marga juga mencatatkan EBITDA pada 2020 sebesar Rp 5,98 triliun.

Dengan demikian, Jasa Marga tetap mampu mempertahankan margin EBITDA stabil pada 2020 di level 62% dengan melakukan berbagai efisiensi untuk dapat mengimbangi penurunan volume lalu lintas dan pendapatan tol.

Penurunan lalu lintas dan pendapatan tol tersebut terjadi sebagai imbas dari diterapkannya kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat, di antaranya school and work from home (SFH & WFH), pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga pengendalian transportasi, yang menyebabkan penurunan pendapatan tol pada 2020 menjadi Rp 8,76 triliun.

Selain itu, seiring dengan pembangunan ruas-ruas tol baru pada 2020, total aset Jasa Marga tercatat Rp 104,09 triliun, tumbuh 4,4% jika dibandingkan 2019.

RUPST juga memutuskan adanya perombakan jajaran direksi dan komisaris Jasa Marga. Ditetapkan Eman Salman Arief sebagai Komisaris Independen Jasa Marga. Posisi tersebut sebelumnya dijabat oleh Adriansyah Chaniago. Sementara, Mohamad Agus Setiawan sebagai Direktur bisnis emiten.

Sebagai pemegang saham Seri A Dwiwarna, Kementerian BUMN juga menetapkan M Roskanedi sebagai Komisaris. Lalu mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Agus Suharyono dan Sugihardjo dari Komisaris.

Keputusan tersebut tertuang dalam dalam Surat Menteri BUMN S-132/MBU/Wk2/05/2021 perihal Tanggapan atas Laporan Capaian PT Jasa Marga (Persero) Tbk Tahun Buku 2020 tanggal 21 Mei 2021.

Ada pun susunan terbaru Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga sebagai berikut:

Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen: Yuswanda A Temenggung

Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen: Zulfan Lindan

Komisaris Independen: Eman Salman Arief

Komisaris : Anita Firmanti Eko Susetyowati

Komisaris: M Roskanedi

Komisaris: Raja Erizman.

Direksi

Direktur Utama: Subakti Syukur

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Donny Arsal

Direktur Bisnis: Mohamad Agus Setiawan

Direktur Operasi: Fitri Wiyanti

Direktur Pengembangan Usaha: Arsal Ismail

Direktur Human Capital dan Transformasi: Enkky Sasono Anas Wijaya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bisnis Ekonomi Digital Didorong untuk Makin Ditingkatkan

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Eliza Mardian mendorong bisnis digital lebih dioptimalkan, khususnya terhadap kalangan muda.

EKONOMI | 29 September 2022

Penyesuaian Tarif Penyeberangan Tingkatkan Kualitas Layanan

Dirjen Hendro berharap, dengan adanya penyesuaian tarif penyeberangan operator kapal lebih meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

EKONOMI | 29 September 2022

Blended Finance Tingkatkan Akses Pembiayaan infrastruktur

Pendanaan campuran (blended finance) efektif meningkatkan akses pembiayaan infrastruktur karena memobilisasi pendanaan sektor swasta dan pemerintah.

EKONOMI | 29 September 2022

Infrastruktur Era Jokowi Solusi Tingkatkan Daya Saing

Kebijakan pembangunan infrastruktur era Presiden Jokowi merupakan solusi meningkatkan daya saing ekonomi.

EKONOMI | 29 September 2022

OJK Perluas Akses Keuangan di Daerah Melalui TPAKD

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperluas akses keuangan masyarakat di daerah, melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

EKONOMI | 29 September 2022

Ini Asumsi Makro APBN 2023 yang Disepakati Pemerintah dan DPR

Defisit APBN 2023 disepakati sebesar Rp 598,2 triliun atau 2,84% dari total PDB 2023 yang mencapai Rp 21.037 triliun.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Beberkan Bukti APBN Sudah Dikelola Efektif

Sri Mulyani menegaskan, Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menjaga defisit APBN relatif rendah dan menurun secara cepat.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Sebut Risiko Resesi Makin Rumit, Seperti Apa?

Menurut Sri Mulyani, inflasi yang sangat tinggi telah mendorong respons kebijakan moneter terutama di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya.

EKONOMI | 29 September 2022

Tangani Sampah Makanan, NFA Dorong Kolaborasi Lintas Sektor

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menyerukan kolaborasi lintas sektoral untuk penanganan sampah makanan atau food waste di Indonesia.

EKONOMI | 29 September 2022

OJK Minta Multifinance Lebih Hati-hati Menyongsong 2023

Hampir semua indikator perekonomian global dan domestik berpotensi menurun, sehingga berdampak pada stabilitas dan pertumbuhan industri multifinance.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Masyarakat Berwisata di dalam Negeri

Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Masyarakat Berwisata di dalam Negeri

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings