Logo BeritaSatu

Industri Hotel di Kawasan Asia Pasifik Mulai Membaik

Rabu, 2 Juni 2021 | 12:59 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan konsultan properti Colliers International menyebutkan, industri hotel dan pariwisata di kawasan Asia Pasifik mulai membaik, dan bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang menarik di masa pandemi covid-19.

Executive Director Valuation & Advisory Services Asia, Govinda Singh mengatakan, prospek ekonomi global terus membaik, dengan kembalinya wisatawan melakukan perjalanan meski dengan protokol kesehatan ketat, serta didukung oleh permintaan domestik yang meningkat.

Selain itu, terlihat juga beberapa negara telah menjalankan program vaksinasi, seperti yang terlihat di Amerika Serikat, Inggris, dan Tiongkok. Kondisi ini diharapkan mendorong kebangkitan sektor perhotelan.

"Kami mengharapkan ada pemulihan cepat akibat banyaknya penundaan selama pandemi covid-19. Permintaan rekreasi, yang kemudian diikuti oleh bisnis menjadi pemicunya. Oleh karena itu, operator hotel di seluruh Asia Pasifik harus terus menarik arus modal,” kata Govinda Singh, dalam siaran persnya, Rabu (2/6/2021).

Data Colliers menyebutkan, pada tahun 2019 hotel-hotel di Sydney mencapai tingkat okupansi sepanjang tahun sebesar 85,4%. Namun, pada tahun 2020, tingkat hunian setahun penuh turun secara signifikan pada level terendah dalam sejarah sebesar 43%.

"Permintaan hotel pada tahun 2020 sebagian besar berasal dari mereka yang melakukan masa karantina wajib di hotel dan sebagian kecil dari permintaan rekreasi intra negara bagian. Pada bulan Maret 2021, hotel-hotel Sydney mencatatkan okupansi yang lebih tinggi dibandingkan Maret 2020, di mana tingkat okupansi 48,8%, dibandingkan 47% pada Maret 2020. Ini mungkin menandakan pasar mulai pulih,” katanya.

Head of Hotels Transaction Services Australia, Gus Moors mengatakan, permintaan hotel saat ini didominasi oleh para tamu yang menjalani masa karantina wajib dan sebagian kecil dari permintaan rekreasi di dalam negeri.

Angka kinerja hotel terbaru untuk Maret 2021 memang menunjukkan beberapa peningkatan, dan seiring meningkatnya perjalanan antar negara bagian, kinerja ini diperkirakan akan meningkat sepanjang tahun.

"Dengan semakin banyak orang yang divaksinasi dan pembatasan perjalanan kembali dilonggarkan, permintaan perjalanan dari wisatawan domestik dan internasional kemungkinan akan meningkat,” kata Gus Moors.

Colliers juga mencatat, beberapa hotel telah berhasil mencapai titik impas dengan sedikit leisure dan kedatangan bisnis yang diperpanjang. Sementara, beberapa hotel yang lain telah mendaftar sebagai fasilitas karantina.

Meskipun jalur hijau untuk perjalanan bisnis telah muncul, perkembangan gelembung perjalanan disebutkan masih berjalan lambat. Transaksi di wilayah Pasifik Selatan dan Asia Tenggara masih terbatas, dengan pemilik hotel mengadopsi pendekatan wait and see.


imm



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Keren, Penjualan Rumah Tidak Terpengaruh Kenaikan Harga BBM

Kenaikan harga BBM tidak berpengaruh banyak terhadap sektor properti. Buktinya, 300 unit rumah di Kartika Residence, ludes terjual dalam kurun waktu sehari.

EKONOMI | 26 September 2022

Transaksi Aset Kripto Agustus Kecil Banget, Cuma Rp 16,9 T

Jumlah transaksi aset kripto bulan Agustus 2022 hanya mencapai Rp 16,9 triliun, atau ambles hingga 80% dibandingkan Agustus 2021.

EKONOMI | 26 September 2022

IHSG Sesi I Babak Belur, Sektor Energi Anjlok Hampir 4%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot 1,22% ke kisaran 7.090,99 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Senin (26/9/2022).

EKONOMI | 26 September 2022

Praktis, Ini Cara Temukan Peluang Trading dengan Mudah

Sinyal trading yang andal dapat mengurangi risiko karena diperbarui secara real time berdasarkan fluktuasi market.

EKONOMI | 26 September 2022

Viral Beda Warna Pertalite Lama dan Baru, Ini Kata Pertamina

Corsec Pertamina Patra Niaga mengatakan warna asli Pertalite adalah bening. Pewarna yang diberikan untuk pembeda, tidak ada kaitannya dengan boros.

EKONOMI | 26 September 2022

Dukung Ekonomi Digital, BUMN Perkuat Sinergi dengan Startup

Kementerian BUMN menggelar BUMN Startup Day dalam rangka memperkuat sinergi antara BUMN dan startup.

EKONOMI | 26 September 2022

Modal Ventura di Bawah BUMN Sudah Investasi di 336 Startup

Erick Thohir mengungkapkan, lima venture capital di bawah BUMN berada di bawah Bank Mandiri, BNI, BRI, Telkom, dan Telkomsel.

EKONOMI | 26 September 2022

Ancaman Resesi Semakin Kuat, Investor Kripto Tersiksa

Pergerakan pasar aset kripto belum kembali pulih sepenuhnya. Sentimen makroekonomi lagi-lagi menjadi batu sandungan utama.

EKONOMI | 26 September 2022

Kemenkeu Buka Pemesanan ORI022, Kupon 5,95%

Pemerintah menerbitkan instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 dengan kupon 5,95% per tahun.

EKONOMI | 26 September 2022

Jokowi Sebut 90% Startup di Indonesia Gagal

Jokowi menyatakan, sebanyak 80% sampai 90% usaha rintisan bidang teknologi atau startup gagal di Indonesia saat merintis usaha

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Proses Hukum di KPK

Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Proses Hukum di KPK

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings