Logo BeritaSatu

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Bank Wakaf Mikro di Ponpes Cipasung

Selasa, 8 Juni 2021 | 12:33 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengapresiasi pembentukan bank wakaf mikro (BWM) sebagai salah satu solusi untuk permasalahan kesempatan berusaha bagi masyarakat kecil, utamanya terkait akses permodalan.

Menurut Wapres, masalah permodalan ini telah menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dirinya sejak lama. Masyarakat kecil yang ingin berusaha umumnya memiliki keterbatasan akses permodalan ke lembaga keuangan dan perbankan.

Advertisement

Di samping itu, masyarakat yang baru memulai kegiatan berusaha juga memerlukan adanya pendampingan secara kontinyu serta akses pemasaran bagi produknya.

"Pesantren yang jumlahnya mencapai 28.914 dan tersebar di berbagai wilayah tanah air merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan. Pesantren merupakan elemen masyarakat yang mempunyai fungsi strategis dalam pendampingan untuk mendorong pemberdayaan perekonomian masyarakat di lingkungan sekitarnya," ujar Wapres Ma'ruf Amin, saat peresmian BWM di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Selasa (8/6/2021).

Wapres Ma'ruf Amin mengapresiasi peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang sejak tahun 2017 terus mendorong pengembangan BWM di pesantren. Artinya, BWM terdaftar dan diawasi OJK.

BWM diharapkan dapat secara nyata mendukung upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Target nasabah pembiayaan BWM adalah masyarakat miskin produktif yang tidak dapat mengakses lembaga keuangan formal.

"Model bisnis BWM hadir sebagai inkubator untuk mempersiapkan nasabah agar 'naik kelas' menjadi pelaku usaha yang mampu mengakses lembaga keuangan formal dengan persyaratan pembiayaan yang lebih kompleks," urai Wapres.

Saat ini, telah berdiri 60 BWM di berbagai daerah di Indonesia. Dengan penyaluran pembiayaan mencapai Rp 67 miliar kepada 44.900 nasabah dan 4.780 Kelompok Usaha Masyarakat Sekitar Pesantren Indonesia (KUMPI).

Pemerintah juga memberikan apresiasi kepada BUMN, BUMD serta kalangan dunia usaha/perusahaan yang telah memberikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk modal pendirian BWM.

"Langkah ini merupakan wujud konkret ekonomi gotong royong melalui dana tanggung jawab sosial dari BUMN, BUMD serta kalangan dunia usaha dalam pembinaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat," kata Wapres.

"Pemerintah berharap ke depan langkah tersebut dapat diikuti oleh BUMN, BUMD dan kalangan dunia usaha lainnya."

Pada kesempatan itu, Wapres juga meminta agar digitalisasi layanan juga harus menjadi perhatian dalam pengembangan BWM ke depan. Dengan begitu, kelembagaan BWM yang profesional dan akuntabel, serta mampu melahirkan wirausahawan yang sukses, bisa terwujud.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Naik karena Permintaan AS Lebih Tinggi

Harga minyak ditutup naik tipis pada Selasa (31/1/2023) setelah pulih dari level terendah hampir 3 minggu.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Dow Jones Naik, S&P 500 Januari Terbaik dalam 4 Tahun

Bursa AS Wall Street termasuk Dow Jones naik pada Selasa (31/1/2023) ditopang kuatnya pendapatan sejumlah perusahaan dan komponen data inflasi.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Bursa Eropa Januari Naik 6,7%, PDB Eropa Tumbuh 0,1%

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa ditutup turun 0,2%, dengan mayoritas sektor dan semua indeks utama berakhir di zona merah.

EKONOMI | 1 Februari 2023

IKI Januari Meroket, Industri Pengolahan Optimismis Tatap 2023

Nilai Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada Januari 2023 menunjukkan 51,54, meroket dibandingkan IKI Desember tahun 2022 sebesar 50,9.

EKONOMI | 1 Februari 2023

PIP Targetkan Pembiayaan Ultra Mikro untuk 2,2 Juta Debitur

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) akan menyalurkan pembiayaan ultra mikro (Umi) kepada 2,2 juta debitur pada tahun 2023.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Masuk Daftar Calon Gubernur BI, Ini Jawaban Sri Mulyani

Sri Mulyani mengatakan, penentuan dan masa pergantian Gubernur BI sudah diatur dalam Undang-Undang (UU).

EKONOMI | 31 Januari 2023

KSSK Pastikan Sistem Keuangan Nasional Berjalan Optimal

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) optimistis kondisi perekonomian berjalan membaik seiring optimalnya indikator perekonomian dan sistem keuangan.

EKONOMI | 1 Februari 2023

Daikin Buka Kesempatan Berkarier di Industri Tata Udara

Program Daikin Goes to Campus menginspirasi mahasiswa terkait industri solusi tata udara sebagai bagian persiapan dalam memasuki dunia kerja.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Sri Mulyani: Modal Asing Masuk Pasar SBN Rp 48,53 Triliun

Sri Mulyani mengatakan, hingga 27 Januari 2023 tercatat aliran modal asing masuk ke pasar surat berharga negara (SBN) sebesar Rp 48,53 triliun.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Soal Penurunan Harga BBM, Airlangga: Kami Monitor Minyak Dunia

Airlangga: pemerintah tengah memonitor pergerakan harga minyak dunia. Minyak dunia jadi pertimbangan untuk menyesuaikan harga BBM bersubsidi.

EKONOMI | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Arsenal Angkut Jorginho dari Chelsea

Arsenal Angkut Jorginho dari Chelsea

BOLA | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE