PTPP Tawarkan Obligasi dan Sukuk Rp 2 Triliun
Logo BeritaSatu

PTPP Tawarkan Obligasi dan Sukuk Rp 2 Triliun

Rabu, 9 Juni 2021 | 20:27 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PT PP) menggelar penawaran umum obligasi berkelanjutan III PTPP Tahap 1 Tahun 2021 senilai Rp 1,5 triliun dan sukuk Rp 500 miliar. Hasil dari penerbitan obligasi akan digunakan perseroan untuk keperluan refinancing.

Obligasi tersebut dibagi dalam dua seri yakni seri A bertenor 3 tahun dengan indicative coupon 8,25%-9,25%, dan seri B bertenor 5 tahun dengan indicative coupon 8,75%-9,75%. Untuk diketahui obligasi ini menjadi bagian dalam Obligasi Berkelanjutan III dengan target dana yang dihimpun yakni sebesar Rp 3 triliun.

Direktur Utama PTPP, Novel Arsyad mengatakan, perseroan akan melaksanakan masa bookbuilding mulai dari tanggal 09 Juni hingga 16 Juni 2021, dimana masa penawaran umum rencana akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2021 dan rencana penjatahan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021.

"Diperkirakan surat utang tersebut akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 05 Juli 2021,” jelas Novel Arsyad usai konferensi pers virtual, Rabu (9/6/2021).

PTPP Tawarkan Obligasi dan Sukuk Rp 2 Triliun

Investor Gathering PTPP

Sesuai rencana, seluruh dana yang dihimpun nantinya akan dialokasikan sebesar 69% untuk refinancing dan 31% untuk modal kerja perusahaan. Sedangkan, sisa PUB Obligasi Berkelanjutan III sebesar Rp 1,5 triliun akan ditawarkan oleh perseroan dalam tahap kedua mendatang.

“Perseroan mempunyai kewajiban untuk membayar utang jatuh tempo pada bulan Juli sebanyak Rp 1,04 triliun. Hal ini menjadi alasan kami menerbitkan obligasi di tengah pandemi,” ujar Direktur Keuangan PTPP, Agus Purbianto.

Agus menambahkan, dengan obligasi ini perseroan dapat memperbaiki struktur dan menjaga rasio keuangan sehingga perseroan masih mempunyai ruang gerak yang besar pada finansial untuk menjalankan proses bisnisnya.

Hingga akhir kuartal-I 2021, jumlah liabilitas perseroan mencapai 39,67 triliun. Nilai ini terdiri dari liabilitas jangka pendek sebesar Rp 28,02 triliun dan jangka panjang Rp 11,65 triliun. Untuk menarik minat investor, Obligasi Berkelanjutan ini telah mendapatkan peringkat atau rating A dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Bersamaan dengan PUB Obligasi Berkelanjutan tersebut, PTPP juga melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I PTPP dengan target dana yang dihimpun sebesar Rp 1 triliun. Dalam penawaran Sukuk Berkelanjutan tersebut, perseroan akan menerbitkan dan menawarkan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I PTPP Tahap I Tahun 2021 dengan dana Sukuk Mudharabah sebanyak-banyaknya sebesar Rp 500 miliar.

Tak ketinggalan, sukuk ini juga telah mendapatkan peringkat atau rating A syariah dari Pefindo dimana alokasi penggunaan dana tersebut akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja perusahaan. Sisa PUB Sukuk Berkelanjutan I sebesar Rp 500 miliar akan ditawarkan oleh perseroan dalam tahap kedua.

Lebih lanjut, emiten pelat merah ini menunjuk empat perusahaan sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi atau joint lead underwriter, yakni PT Mandiri Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT BNI Sekuritas, dan PT Samuel Sekuritas. Sedangkan untuk profesi penunjang lainnya, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) ditunjuk sebagai Wali Amanat.

Sementara itu, EVP Investment Banking PT Mandiri Sekuritas, Shery Juwita Lestari mengatakan, besaran kupon yang diberikan mengacu dan sesuai dengan penetapan bunga obligasi pemerintah. Sehingga tingkat bunga ini menarik untuk para investor.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fintech P2P Lending Jadi Sumber Pendanaan Alternatif UMKM

Menkop UKM Teten Masduki mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan fintech peer-to-peer (P2P) lending sebagai alternatif pendanaan.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Listing, Indo Pureco Pratama Siap Bangun Pabrik Baru

Usai listing di BEI, PT Indo Pureco Pratama Tbk (IPPE) siap ekspansi dengan bangun pabrik baru beserta infrastruktur pendukung.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Mobil Listrik, Hyundai Investasi Rp 7,62 Triliun di India

Hyundai menginvestasikan US$ 530 juta (Rp 7,62 triliun) untuk membawa kendaraan listrik ke India.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Ekspor Mi Instan Indonesia Tembus Pasar Non-Tradisional

Ekspor mi instan Indonesia tahun 2020 sebagian besar ditujukan ke Malaysia.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Sssttt! Bank Ini Terapkan Work from Anywhere

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan work from anywhere (WFA) secara permanen.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Sesi I IHSG Menguat,IPPE Kasih Cuan Lebar

PT Indo Pureco Pratama Tbk (IPPE) tercuan siang Ini saat IHSG menguat.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Desain Arsitektur Samira Regency Bekasi Diapresiasi

PT Triyasa Propertindo, pengembang Samira Regency Bekasi meraih penghargaan.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Sesi I, IHSG Naik 7 Poin ke Posisi 6.611

Indeks LQ45 melemah 0,7 poin (0,08%) ke level 944,8.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Kewajiban Rp 32 Triliun, AP I Optimistis Bisa Pulih

PT Angkasa Pura (AP) I optimistis kinerja perusahaan bisa pulih pada tahun 2022 yang ditandai arus kas kembali positif Rp 1,15 triliun.

EKONOMI | 9 Desember 2021

UMKM Ingin Naik Kelas? Ini Saran Ekonom Milenial Indef

UMKM Indonesia ke depan harus beradaptasi dengan pandemi Covid-19 agar naik kelas.

EKONOMI | 9 Desember 2021


TAG POPULER

# Cynthiara Alona


# Omicron


# Kecelakaan di Ruas Semarang-Demak


# Hari Antikorupsi


# Ilham Habibie



TERKINI
Polres Bogor Raya Rekomendasikan 3 Antisipasi Libur Nataru

Polres Bogor Raya Rekomendasikan 3 Antisipasi Libur Nataru

MEGAPOLITAN | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings