Logo BeritaSatu

Anggaran Dipangkas, Bina Marga Kempupera Batasi Program Baru

Kamis, 10 Juni 2021 | 19:54 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) pada 2022 akan membatasi program-program baru dan fokus menyelesaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang sedang dibangun.

"Kami sampaikan karena adanya kontraksi anggaran cukup besar, kami mendapat arahan dari Menteri untuk menggunakan metode OPOR (optimalisasi, pemeliharaan, operasi, rehabilitasi). Kita akan fokus menyelesaikan infrastuktur yang sudah dimulai dan memanfaatkan yang sudah terbangun. Untuk program-program yang baru akan dibatasi,” jelas Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR pada hari Rabu (9/6/2021).

Direktorat Jenderal Bina Marga pada 2022 mendapatkan pagu indikatif sebesar Rp 39,7 triliun di mana Rp 37,3 triliun akan dialokasikan untuk program konektivitas dan Rp 2,4 triliun untuk program dukungan manajemen.

Hedy menyebut, program konektivitas tersebut terdiri dari program committed (Rp 18,2 triliun) dan program non-committed (Rp 19,28 triliun), sedangkan kegiatan baru tidak dialokasikan.

Dengan demikian, pada 2022 Direktorat Jenderal Bina Marga akan memprioritaskan pembangunan dan duplikasi jembatan (4.937 m), preservasi dan penggantian jembatan (88.039 m), pembangunan jalan (239 km), peningkatan kapasitas dan preservasi struktur jalan (2.230 km), penanganan mendesak dan tanggap darurat, peningkatan aksesibilitas flyover/underpass/terowongan (427 m), peningkatan konektivitas jalan bebas hambatan (16,2 km), preservasi rutin jalan dan jembatan nasional, serta revitalisasi drainase.

Selain itu, dari total anggaran program padat karya Kempupera 2022 sebesar Rp 13,6 triliun, Direktorat Jenderal Bina Marga mendapat alokasi sebesar Rp 4,5 triliun. Alokasi anggaran padat karya Direktorat Jenderal Bina Marga pada 2022 itu meningkat bila dibanding dengan 2021 yang sebesar Rp 3,1 triliun.

“Anggaran padat karya Rp 4,5 triliun digunakan baik untuk program khusus padat karya, maupun program-program lain yang menggunakan metode padat karya,” tutur Hedy.

Adapun nantinya, program padat karya bidang Bina Marga akan digunakan untuk preservasi jalan, preservasi jembatan, dan revitalisasi drainase.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bursa AS Turun karena Suku Bunga Setelah Laporan Pekerjaan

Bursa AS Wall Street jatuh pada Jumat (7/10/2022) karena para trader merespons laporan pekerjaan September.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Bursa Eropa Ditutup Melemah Setelah Data Pekerjaan AS

Indeks Stoxx 600 di bursa Eropa berakhir turun 1,1%, dengan semua bursa utama dan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Gandeng Influencer, Hermesien Closet Perluas Jangkauan Market Digital

Hermesien Closet memperluas jangkauan market digital dengan menggandeng influencer. Hal itu seiring dengan majunya era digital.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Kemenhub Tetapkan BPLJSKB sebagai Badan Layanan Umum

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) sebagai Badan Layanan Umum (BLU).

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Dolan-dolan, Cara Springhill Group Bangkitkan Semangat Kerja

Perusahaan pengembang properti, Springhill Group bersiap kembali bangkit untuk melanjutkan berbagai aktivitas bisnis.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Airlangga: Delapan Investor Tanamkan Investasi Pusat Data di Batam

Airlangga Hartarto mengatakan, sudah lebih dari delapan investor yang berinvestasi dalam pengembangan pembangunan pusat data di Batam.

EKONOMI | 8 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi UMKM Bali yang Menembus Pasar Luar Negeri

Presiden Jokowi mengapresiasi UMKM Bali yang dapat menembus pasar luar negeri usai membuka Konferensi ke-3 WCCE Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Emil Dardak Terpilih sebagai Presiden EAROPH 2022-2024

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Dardak dipercaya sebagai Presiden Organization for Planning and Human Settlements (EAROPH) periode 2022-2024.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi Pengembangan Industri Bioteknologi

Presiden Jokowi mengapresiasi pengembangan industri bioteknologi yang memproduksi vaksin dengan platform teknologi berbasis messenger RNA (mRNA) di tanah air.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

Lintasarta dan PPA Dukung Artajasa untuk Perkuat Layanan Transaksi Digital

Lintasarta melakukan kerja sama strategis dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) mendukung Artajasa untuk memperkuat layanan transaksi digital

EKONOMI | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa AS Turun karena Suku Bunga Setelah Laporan Pekerjaan

Bursa AS Turun karena Suku Bunga Setelah Laporan Pekerjaan

EKONOMI | 20 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings