Logo BeritaSatu

Asuransi Sompo Kerja Sama dengan Bank Muamalat Perkuat Industri Keuangan Syariah

Kamis, 10 Juni 2021 | 21:21 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka mengembangkan industri ekonomi syariah, PT Sompo Insurance Indonesia (Asuransi Sompo) mengumumkan kerja sama dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, salah satu bank Syariah terkemuka di Indonesia.

Selain mengembangkan industri ekonomi syariah, kerja sama ini juga bertujuan mengembangkan literasi keuangan syariah di tingkat ritel maupun korporasi, serta mendukung terciptanya perekonomian syariah yang kokoh dan berkelanjutan di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, aset yang dijaminkan oleh nasabah ke Bank Muamalat untuk pinjaman pembiayaan ritel maupun korporasi dapat terasuransikan. Nasabah Bank Muamalat juga mendapatkan akses pada keahlian Asuransi Sompo dalam mengelola dan memitigasi risiko.

CEO PT Sompo Insurance Indonesia, Eric Nemitz, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/6/2021), mengatakan, Asuransi Sompo berkomitmen selalu berinovasi demi kesehatan, keamanan dan kesejahteraan nasabahnya. "Tentunya, kerja sama antar dua institusi berpengalaman yang berorientasi jangka panjang akan membuat nasabah Bank Muamalat merasa lebih aman dan nyaman dalam memastikan bisnis mereka terlindungi secara syariah," kata dia.

Chief Wholesale Banking Officer Bank Muamalat, Irvan Yulian Noor, mengatakan, pihaknya berharap melalui kolaborasi dengan Sompo Insurance ini tren hijrah masyarakat akan semakin luas. Hal ini sejalan dengan kampanye #AyoHijrah yang dicanangkan Bank Muamalat dimana perseroan mengajak masyarakat untuk berhijrah secara keseluruhan, tidak hanya soal ibadah tetapi juga keuangan. "Sejalan dengan itu, fee based income kami juga akan ikut meningkat dengan adanya transaksi pembayaran tersebut,”
katanya.

Asuransi Sompo telah meluncurkan Sompo Syariah sejak tahun 2018. Unit Syariah terus mencetak pertumbuhan yang menggembirakan. Hal ini terbukti dari kontribusi Produk Syariah menjadi salah satu penopang kinerja Asuransi Sompo yang membukukan laba bersih 17 persen sepanjang tahun 2020.

Asuransi Sompo memproyeksikan Unit Syariah akan terus meningkat di tahun 2021, dan dapat mencetak performa lebih baik dibandingkan tahun 2020. Hal ini karena strategi bisnis Asuransi Sompo terpusat pada layanan yang terintegrasi dan terpadu, baik itu pembelian produk asuransi, layanan asuransi, survei klaim, maupun edukasi dan konsultasi manajemen risiko.

Asuransi Sompo juga berinovasi menawarkan beragam produk asuransi dengan premi yang kompetitif serta perlindungan dan manfaat yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Oleh karenanya, nasabah dapat terus mempercayai Asuransi Sompo dimana pun dan dalam situasi apa pun.

Kerja sama ini terbentuk sebagai respon terhadap tingginya minat bisnis berbasis syariah dari pengusaha Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan aset keuangan syariah yang signifikan dalam setahun terakhir.

Total aset keuangan syariah Indonesia (tidak termasuk saham syariah) mencapai Rp1.823,13 triliun per Januari 2021, tumbuh 24,54 persen dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan aset keuangan Syariah tersebut tertinggi dalam tiga tahun terakhir sejak 2018.

Demi mendukung pertumbuhan tersebut, Asuransi Sompo dan Bank Muamalat mendukung upaya OJK untuk mengedukasi masyarakat tentang peran dan keunggulan produk asuransi syariah, dan juga menyesuaikan produk dan layanan syariah dengan tren kebutuhan masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Sejak diberi mandat sebagai BUMN transformasi, Danareksa bertugas menyehatkan BUMN sakit seperti Balai Pustaka hingga scaling up BUMN-BUMN lain.

EKONOMI | 29 November 2022

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meyakini produksi beras lokal mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Buwas Beberkan Hal yang Harus Dibenahi agar Polemik Beras Tidak Terulang

Dirut Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menyampaikan, hal yang perlu dibenahi agar polemik impor beras tidak lagi terjadi di kemudian hari.

EKONOMI | 29 November 2022

Kejar Target Penjualan, Emdeki Utama Fokus Pasar Domestik

Produsen kalsium karbida atau karbit, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tahun ini lebih berkonsentrasi di pasar domestik untuk mencapai target penjualan 22.006 ton.

EKONOMI | 29 November 2022

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Pemprov Sumut resmi menetapkan upah minimum provinsi atau UMP Sumatera Utara 2023 naik 7,45% atau menjadi Rp 2.710.493,93. Senin (28/11/2022). 

EKONOMI | 29 November 2022

Dedi Mulyadi Beri Catatan jika Impor Beras Dilakukan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi memberi catatan khusus jika nantinya impor beras menjadi opsi yang diambil untuk memenuhi cadangan beras pemerintah 

EKONOMI | 28 November 2022

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

Menurut Nurjaman, Apindo DKI keberatan terhadap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yang mencapai 5,6%.

EKONOMI | 28 November 2022

Buwas: Impor Beras untuk Antisipasi Kekurangan Produksi Dalam Negeri

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan, di tengah kondisi stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor beras perlu dipertimbangkan.

EKONOMI | 28 November 2022

Pelaku Parekraf Bergotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi  upaya gotong royong pelaku Parekraf untuk membantu korban gempa Cianjur

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia Ternyata Masih Impor Beras, untuk Apa Saja?

Perum Bulog pada akhir tahun ini berencana melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP).

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE