Logo BeritaSatu

Wamendag Sebut Ada 12 Perjanjian Dagang Baru

Jumat, 11 Juni 2021 | 06:26 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / WBP

Mojokerto, Beritasatu.com -Kementerian Perdagangan (Kemdag) terus meningkatkan kinerja ekspor untuk mendorong produk Indonesia di pasar global dengan meningkatkan perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement/FTA). Adapun saat ini ada 12 perjanjian perdagangan yang tengah dibahas.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, ke depan yang perlu menjadi perhatian adalah dampak perjanjian dagang yang diupayakan pemerintah. Dengan perjanjian dagang, biaya masuk nol% harga produk Indonesia akan lebih kompetitif di pasar global. Adapun akselarasi perjanjian seluruh dunia ini akan menjadi salah satu pendukung.

“Per hari ini sudah ada 23 perjanjian dagang seluruh dunia yang kita selesaikan, baik secara ratifikasi atau implementasi. Per hari ini kita sedang menyelesaikan 12 perdagangan dagang, salah satunya dengan Pakistan, yaitu comprehensif economic partnership agreement. Tambahan 12 sedang on going ini juga termasuk dengan Cile, negara EFTA dan Uni Eropa. Kita usahakan 0% untuk mengurangi beban pengusaha,” kata Jerry di sela pelepasan ekspor tisu bersama Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak di pabrik PT Sun Paper Source (SPS) di Ngoro, Mojokerto, Kamis (10/6/2021).

Selanjutnya, kata dia, terhadap 23 perjanjian dagang itu Kemdag kini terus mengeksplorasi dan mengidentifikasi produk apa yang bisa dibawa ke negara tujuan, contohnya ke Amerika Latin dan Afrika. “Daftar jenis barang pun juga terus ditambah. Sejauh ini untuk ekspor ke Australia sudah 7.000 daftar dan Hong Kong ada 5.000 daftar,” ujarnya.

Presiden Direktur PT Sun Paper Source (SPS) Ventje Hermanto menyatakan, industri tisu Indonesia cukup berpotensi di pasar global meski di tengah masa pandemi. Didukung pertumbuhan ekonomi Indonesia serta perubahan perilaku masyarakat yang peduli kesehatan membuat industri tisu tumbuh. "Dengan tidak adanya kendala dan tantangan, Indonesia berpotensi motor industri tisu dunia,” kata Ventje.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan, hampir seperempat industri di Indonesia ada di Jatim. Karena itu, ia mendukung semua pelaku industri ini berorientasi ke ekspor. “Dengan adanya Perpres 80/2019 industri yang ada di Gerbangkertasusila bisa lebih kompetitif lagi,” kata Emil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PPM Manajemen Paparkan Kesiapan Menyambut Datangnya Generasi Z

PPM Manajemen menyelenggarakan customer gathering untuk menjamin para rekanannya yang berasal dari berbagai perusahaan BUMN, pemerintahan dan swasta.

EKONOMI | 24 September 2022

Peran PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar Diapresiasi

Pendampingan yang dilakukan PNM terhadap nasabah Mekaar terkait literasi keuangan mendapatkan apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM serta Gubernur Sulut.

EKONOMI | 24 September 2022

BRIN Ingin Dekatkan Generasi Muda ke Aktivitas Riset

Melalui InaRIE, Badan Riset dan Inovasi NasionaI (BRIN) ingin generasi muda dapat lebih dekat dengan aktivitas riset dan inovasi.

EKONOMI | 24 September 2022

Pertemuan Menteri Pertanian G-20 Segera Digelar, Ini Isu yang Dibahas

Pertemuan para Menteri Pertanian G-20 nantinya akan membahas komitmen dan upaya bersama dalam sisi pangan berkelanjutan.

EKONOMI | 24 September 2022

Setiap Orang di Indonesia Buang Sampah 300 Kg Per Tahun

Kemenkop UKM mendorong pelaku UMKM menuju Indonesia bersih sampah, melalui kemitraan bank sampah dengan Primer Koperasi Pengelola Sampah (PKPS).

EKONOMI | 24 September 2022

Gandeng Supermarket Ukraina, Binance Aktifkan Pembayaran Kripto

Pelanggan yang menggunakan Dompet Binance Pay untuk membayar pesanan mereka akan memenuhi syarat untuk mengikuti program reward.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Yakin Ekonomi Syariah Bisa Dorong Indonesia Jadi Negara Maju

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meyakini ekonomi dan keuangan syariah mempunyai peran sentral dalam mendorong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

EKONOMI | 24 September 2022

Lintasarta Cloudeka Digischool Hadirkan Kurikulum Developer Gratis

Lintasarta lewat program CSR Lintasarta Cloudeka Digischool menghadirkan kurikulum developer gratis bersertifikasi global.

EKONOMI | 24 September 2022

MES Dorong Pemerintah Optimalkan Peran 8 Juta Diaspora

Ketua VII Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sugeng menegaskan, besarnya jumlah diaspora harus dioptimalkan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 24 September 2022

Citi Dinobatkan sebagai Bank Manajemen Kas Global Terbaik

Citi Global Instant Payments menyediakan konektivitas ke lebih dari 30 skema pembayaran instan, menjangkau lebih dari 60 negara pada kuartal II-2022.

EKONOMI | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nations League: Bek MU Cetak 2 Gol, Portugal Gilas Cheska

Nations League: Bek MU Cetak 2 Gol, Portugal Gilas Cheska

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings