Logo BeritaSatu

Syarat Tender Dipermudah, UMKM Didorong Berkontribusi dalam Pembangunan Infrastruktur

Selasa, 22 Juni 2021 | 18:16 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Menteri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono mengajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Saya berkeinginan dan berkewajiban untuk mengajak UKM tidak hanya sebagai penonton, tetapi juga sebagai pelaksana untuk pembangunan infrastruktur PUPR di Indonesia. Kami dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki sudah bicara soal itu,” ucap Menteri Basuki dalam konferensi pers launching Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Senin (21/6/2021).

Dalam Peraturan Lembaga (Perlem) Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Penyedia disebutkan saat ini UKM diberikan kemudahan dari sisi kualifikasi dan uang muka. Melalui peraturan yang diluncurkan tersebut, UMKM juga boleh mengikuti tender paket pekerjaan mulai Rp 2,5 miliar sampai Rp 15 miliar. Lebih dari itu, UKM yang mempunyai kapasitas teknis bisa melakukan bidding di konstruksi.

Menurut Basuki, paket-paket pekerjaan senilai Rp 50-Rp 100 miliar sekarang ditulis secara eksplisit hanya diperuntukkan bagi swasta nasional non-BUMN. Sedangkan paket pekerjaan bernilai Rp 100 miliar ke atas, boleh diikuti swasta nasional dan BUMN.

Khusus bagi UKM, Menteri Basuki menegaskan telah berkoordinasi dengan Menteri Teten Masduki supaya bisa ikut membantu menggerakkan UKM agar berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan khususnya di paket-paket pekerjaan Kempupera. Sebab Kempupera memiliki sebanyak 10.000 paket pekerjaan yang diperuntukkan baik bagi usaha besar maupun usaha kecil.

Perlakuan Khusus UKM
Pada Kksempatan tersebut, Kepala LKPP Roni Dwi Susanto menyampaikan akan memberikan perlakukan khusus bagi UKM yang mengikuti tender mulai uang muka dan persyaratan. “Yang paling penting, peraturan pemerintah telah mengatakan kalau pekerjaan konstruksi itu tidak hanya air, jalan, dan bangunan. Tetapi, ada juga transportasi yang nilainya mungkin di bawah Rp 15 miliar. Meskipun misalnya nilainya Rp 2 miliar, tapi paket ini memerlukan teknologi tinggi sehingga usaha kecil, tidak bisa ikut. Jadi, sejak awal di dalam pemaketan pekerjaan itu harus clear untuk usaha kecil atau bukan,” katanya.

Hal semacam itu, menurut Roni sudah diatur dalam Perlem Nomor 11 Tahun 2021 tentang pedoman perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah. Di mana, paket senilai Rp 15-Rp 50 miliar diperuntukkan bagi usaha menengah, Rp 50-Rp 100 miliar untuk non BUMN, dan paket di atas Rp 100 miliar untuk usaha besar. “Kenapa poin-poin ini perlu dimasukkan dalam rencana agar usaha kecil ada kekhususan. Usaha-usaha kecil juga boleh masuk selama mereka memiliki kompetensi teknis,” terangnya.

Lebih jauh, Roni mengungkapkan jika dilihat dari anggaran pelaksanaan konstruksi 2021 yang sebesar Rp 1.204 triliun, maka pekerjaan konstruksi yang tersedia bagi para penyedia jasa sebesar 52,8%. Sehingga jika anggaran Rp 1.204 triliun ini dibagi, maka diperoleh 44% paket pekerjaan yang dikerjakan penyedia jasa. Dari 44% tersebut, sekitar 52% atau sekitar Rp 200 triliun digunakan untuk pekerjaan konstruksi dan jasa konstruksi.

Adapun total pagu anggarannya sekitar Rp 531,7 triliun, hampir separuh dari total nilai pengadaan. Sampai saat ini, Roni melaporkan bahwa distribusi paket pekerjaan yang senilai Rp 200 juta sudah mencapai Rp 19,6 triliun. Kemudian Rp 200 juta sampai Rp 15 miliar mencapai Rp 102,3 triliun, dan paket pekerjaan yang di atas Rp 100 miliar mencapai Rp 82,9 triliun. Jadi, realisasinya sudah cukup signifikan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

SKK Migas Ajak Investasi, ADPMET Keluhkan Kendala Dana

Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) mengeluhkan keterbatasan dana daerah untuk menyambut investasi di sektor migas.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Inflasi September 2022 Tertinggi Sejak Desember 2014

Jika dilihat penyumbang inflasi September 2022 ini dari kenaikan bensin, tarif angkutan dalam kota.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Investor Daily Summit Bangun Optimisme di Tengah Ketidakpastian

Investor Daily Summit (IDS) 2022 yang mengusung tema “Optimism in Uncertainty” akan digelar di Jakarta Convention Center, pada 11-12 Oktober 2022.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Inflasi September 1,17%, Ini Komoditas Penyumbangnya

Inflasi September 2022 ini terjadi karena kenaikan harga yang ditunjukkan naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Jokowi: Jangan Pabrik Kelihatan Tinggi, tetapi Lingkungan Sekitar Miskin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perusahaan besar harus dapat memperhatikan dan membina usaha kecil yang ada di sekitar pabrik.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Presiden Jokowi Kagum Impor Jagung Menurun Tajam

Presiden Jokowi mengungkapkan kekagumannya melihat impor jagung di Tanah Air mengalami penurunan yang cukup tajam selama 7 tahun terakhir ini.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Hadapi Krisis Global, Jokowi: Kuncinya Kompak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kekompakan merupakan kunci untuk menghadapi krisis global dalam sektor keuangan, pangan maupun energi.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Resesi Mengancam, Pasar Modal Diyakini Tetap Menjanjikan

Pasar modal Indonesia dinilai tetap menjanjikan dan masih kuat meski dibayang-bayangi awan kelabu resesi ekonomi global.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
SKK Migas Ajak Investasi, ADPMET Keluhkan Kendala Dana

SKK Migas Ajak Investasi, ADPMET Keluhkan Kendala Dana

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings