Logo BeritaSatu

Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi bagi Milenial?

Kamis, 24 Juni 2021 | 14:46 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Generasi milenial dengan rentang usia 21 sampai 41 tahun masih belum banyak yang melirik pentingnya investasi. Mayoritas milenial lebih suka travelling dibandingkan melakukan investasi.

Pertanyaannya, kenapa penting sekali buat anak muda memulai investasi sesegera mungkin? Apa manfaatnya dan apa jenis investasi yang bisa digunakan? Kenapa milenial harus dan harus melakukan dan memulai investasi?

Saat ini, generasi milenial sudah bisa mulai melakukan investasi sejak dini. Terlebih, investasi tersebut tidak membutuhkan banyak modal, cukup dengan uang Rp100.000.

Meski modal awalnya cukup kecil, tetapi jika itu dimulai sejak masih muda akan mendapatkan banyak manfaat di kemudian hari. Untuk bisa menikmatinya, milenial arus bisa memilih jenis investasi yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Adapun salah satu keuntungan terbesar generasi milenial adalah, dengan usia yang muda mereka mempunyai banyak waktu untuk memulai investasi. Waktu menjadi salah satu kemenangan terbesar untuk milenial. Mengutip laman Cicil.id, Kamis (24/6/2021), ada sejumlah manfaat buat milenial dalam melakukan investasi.

Pertama, nilai kekayaan akan meningkat. Selain nilai kekayaan yang terus meningkat, begitupun dengan aset seperti gedung, properti, serta uang yang disimpan. Jika hari ini mulai melakukan investasi, berarti beberapa tahun ke depan modal awalnya semakin bertambah banyak pula.

Kedua, melindungi dari inflasi. Pasalnya, inflasi setiap tahun selalu terjadi. Untuk mengantisipasi masalah ini, harus menyimpan uang tersebut sebagai keperluan investasi. Jika tidak melakukannya, nantinya modal yang dimiliki akan tergerus dan berkurang nilainya.

Adanya inflasi memiliki pengaruh signifikan terhadap perekonomian, terutama dalam kegiatan jual beli. Karena keberadaanya bisa melemahkan daya beli masyarakat. Untuk itu, investasi merupakan cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari masalah tersebut.

Ketiga, merdeka keuangan. Merdeka secara finansial berarti bebas dalam hal keuangan, dan bisa menghidupi kebutuhan sehari-hari dari kekayaan yang dimiliki tanpa harus kerja keras.

Keempat, masa depan yang cerah. Saat sudah memasuki usia senja, fisik yang dimiliki sudah tidak mampu untuk bekerja. Sehingga, penghasilan semakin berkurang jika dibandingkan saat masa-masa produktif. Agar masalah tersebut tidak berakibat fatal, perlu untuk investasi sejak masih muda.

Investasi adalah cara untuk membantu dan mempersiapkan masa tua yang cerah. Selain itu, juga akan membantu mencukupi kebutuhan di kemudian hari mesti tanpa harus bekerja. Untuk itu, jangan ragu memulainya sejak dini. Berikut, beberapa jenis investasi yang cocok untuk milenial.

Deposito
Deposito dapat dipilih sebagai instrumen investasi, apabila memiliki banyak uang tetapi berkeinginan untuk menyimpannya dalam jangka panjang. Sebenarnya jenis investasi ini tergolong tabungan, akan tetapi memiliki waktu tertentu berdasarkan kesepakatan dengan nasabah.

Biasanya jangka waktunya antara 3,6 bulan sampai 1 tahun. Semakin lama mendepositokan uang, maka akan mendapatkan bunga yang semakin banyak. Investasi ini hanya memiliki risiko rendah dan cukup aman. Untuk melakukannya juga sangat mudah dan tidak rumit.

Saham
Jenis investasi ini menjadi paling populer, biasanya dalam bentuk kepemilikan saham di perusahaan. Sehingga, investor berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang diperoleh.

Aktivitas tersebut cenderung menawarkan hasil cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya. Akan tetapi bersifat high risk, high return atau bisa dikatakan memiliki risiko cukup tinggi untuk dijalankan. Harga saham bisa naik dan turun secara drastis dalam jangka waktu yang sangat cepat.

Emas
Merupakan salah satu jenis investasi yang sangat mudah dilakukan. Emas yang digunakan bisa berupa logam mulia, perhiasan, batangan dan sebagainya. Akan tetapi, kegiatan tersebut memiliki kekurangan yaitu terletak pada penyimpanannya.

Penyimpanan emas disarankan memakai safe deposit box, biasanya disediakan oleh bank-bank tertentu. Jika tidak menggunakan jasa tersebut, maka bisa disimpan dalam brankas pribadi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Properti
Harga properti dari tahun ke tahun akan terus meningkat, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang. Namun selain mendapatkan keuntungan, juga kerugian bisa terlihat sangat jelas. Salah satunya adalah membutuhkan banyak uang untuk membelinya.

Selain itu, properti yang sudah dibeli perlu mendapatkan perawatan untuk menjaga agar tetap memiliki nilai jual tinggi, terutama dalam beberapa tahun ke depan. Jika memilih investasi jenis ini maka akan mendapatkan 2 pilihan yaitu memperoleh keuntungan atau kerugian.

Reksadana
Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang terkenal karena resikonya sangat kecil dan mudah dilakukan. Cara melakukannya adalah dengan menghimpun dana atau uang melalui pihak lain dan akan diwujudkan ke dalam surat berharga.

Cara ini bisa dilakukan dalam bentuk obligasi, saham maupun sekuritas lainnya. Untuk memulainya, membutuhkan modal antara Rp50.000 hingga Rp500.000 saja.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

LPKR Terapkan Strategi Keberlanjutan Pengelolaan Energi dan Air

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menerapkan strategi keberlanjutan pengelolaan energi dan air di sejumlah aset yang dikelola.

EKONOMI | 27 September 2022

Aksi Jual IHSG Terbatas, Simak BBNI, ADRO, PGAS, dan TLKM

IHSG berada di tren bullish selama berada di atas 7.148 dan indeks ditutup di bawah 5 day MA (7.182).

EKONOMI | 27 September 2022

Manfaatkan Tren, LPCK Pacu Rumah Tapak, Township, dan Logistik

PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) berfokus pada beberapa strategi merespons pertumbuhan rumah tapak, township, dan logistik menjadi tren properti. 

EKONOMI | 27 September 2022

Pertumbuhan Kredit Topang Kenaikan Laba Bank Ina 128%

PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA) membukukan laba bersih sebesar Rp 52,907 miliar sepanjang semester I 2022, atau melonjak 128%.

EKONOMI | 27 September 2022

Terapkan Teknologi AI, Sicepat Ekspres Diapresiasi

Penerapan teknologi IVR dan AI pada sistem contact center membawa perusahaan ekspedisi SiCepat Ekspres meraih The Best Technology Innovation.

EKONOMI | 27 September 2022

S&P 500 Catat Level Terendah di 2022, Bursa AS Terkapar

S&P 500 mencatat penutupan terendah baru untuk 2022 dan Dow Jones Industrial Average tergelincir ke pasar bearish (pelemahan).

EKONOMI | 27 September 2022

Khofifah Tegaskan Pentingnya Satu Data Pembangunan

Menurut Khofifah, dengan adanya satu data, maka pengambilan kebijakan pembangunan di Jawa Timur lebih tepat sasaran.

EKONOMI | 27 September 2022

Bursa Eropa Turun, Sterling ke Level Terendah Bersejarah

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,4%, setelah sebelumnya jatuh lebih dari 0,8%.

EKONOMI | 27 September 2022

Hingga Agustus, Belanja Kompensasi dan Subsidi Rp 244,6 T

Kemenkeu mengungkapkan realisasi belanja kompensasi dan subsidi hingga akhir Agustus 2022 mencapai Rp 244,6 triliun.

EKONOMI | 27 September 2022

Harga Right Issue Garuda Indonesia Rp 50-Rp 150 Per Saham

Garuda Indonesia siap melepas sebanyak 225 miliar saham baru atau setara 871,44% dengan harga pelaksanaan antara Rp 50-Rp 150 per saham.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hari Ini 34 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet

Hari Ini 34 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings