Logo BeritaSatu

Rosan Beberkan Kemitraan Pemerintah dan Pengusaha Berjalan Baik, Apa Saja?

Rabu, 30 Juni 2021 | 17:03 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Kendari, Beritasatu.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan kemitraan antara pengusaha dan pemerintah sudah berjalan baik. Hal tersebut tercermin dari sejumlah program dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) seperti vokasi dan vaksinasi gotong royong.

"5 tahun sudah berjalan tanpa terasa, kolaborasi dan sinergi Kadin dengan pemerintah berjalan baik dan luar biasa," kata Rosan dalam pidato pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Kadin VIII di Kendari, Sulawesi Tenggara seperti dikutip dalam pidatonya secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Dia mengatakan kolaborasi yang sudah berjalan tersebut telah memberikan efek positif bagi dunia usaha maupun masyarakat Tanah Air secara keseluruhan.

Rosan mengaku, Kadin selalu dilibatkan sebelum pemerintah merilis kebijakan pemerintah. Sehingga ketika program itu dimplementasikan, akan berjalan lebih baik, cepat, dan terukur "Kami senang dilibatkan dalam Omnibus Law, reformasi struktural terbesar yang bapak presiden jalankan, saya sebagai ketua task force bekerja sekitar 8-9 bulan atas arahan Pak Menko Perekonomian, bekerja siang malam, hasilnya berjalan baik, kami meyakini Omnibus Law berdampak besar dan luar biasa, untuk perekonomian kita dan menciptakan lpaangan kerja," kata Rosan.

Dari kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah, jelasnya, Kadin juga aktif pada program vokasi dengan 2.600 perusahaan ikut serta. Kadin berterima kasih karena perusahaan-perusahaam yang ikut program vokasi dapat insetif 200% dari pemerintah. Kendati demikian, dia berharap pemerintah dapat menyempurnakan aturan terkait sehingga perusahaan-perusahaan di Tanah Air bisa lebih mudah untuk berpartisipasi pada program vokasi. "Program vokasi sangat penting karena kualitas pembangunan Indonesia berkualitas akan ditopang dengan manusianya, pembangunan manusia harus terus dilaksanakan," kata dia.

Kolaborasi lainnya yang dinilai menjadi simbol dari sinergitas dunia usaha dan pemerintah adalah penyelenggaraan vaksinasi gotong royong yang menjadi tonggak bagi Indonesia untuk membangun kembali kondisi kesehatan dan perekonomian yang kokok setelah terdampak pandemi Covid-19. Namun demikian, program tersebut juga dinilai masih memerlukan banyak penyempurnaan. "Kadin senang presiden kasih kepercayana pada kami untuk terlibat dalam vaksinasi gotong royong," kata dia.

Dia mengatakan vaksin adalah kunci bagimana menyehatkan bangsa Indonesia. "Saya membaca alhamdulillah vaksin kita salah satu yang terbaik, dan 40 juta sudah divaksin, ini sangat luar biasa dan memberikan harapan kami bergerak maju," kata dia.

Dengan intensitas kemitraan tersebut, kata Rosan, Kadin yakin perekonomian nasional bisa tumbuh 7% pada kuartal II 2021, dan terus membaik sehingga Indonesia bisa keluar sebagai pemenang dalam menghadapi Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

RUPS LB: Semua Direksi dan Komisaris Bank Banten Diganti

RUPS LB memutuskan mengganti semua jajaran direksi dan komisaris Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten yakni Bank Banten.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Gelar IndonesiaNext, Cara Telkomsel Siapkan Talenta Digital

Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNext, program yang membuka peluang bagi pemuda Indonesia untuk menjadi talenta digital berkualitas.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Sri Mulyani Harap Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV di Atas 5%

"Kami berharap sampai akhir tahun pertumbuhan ekonomi di atas 5% tetap bisa dipertahankan," kata Sri Mulyani.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Tolak UMP DKI 2023, Apindo: Kami Butuh Kepastian Hukum

Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ikut menolak penetapan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2023

EKONOMI | 2 Desember 2022

Daikin Bangun Pabrik AC Rp 3,3 Triliun di Cikarang

Pabrik AC Daikin yang berlokasi di kawasan Cikarang memiliki kapasitas produksi 1,5 juta unit setiap tahunnya.

EKONOMI | 2 Desember 2022

200 Bankir ASEAN Kumpul di Labuan Bajo Bahas Sistem Pembayaran

Interkoneksi sistem pembayaran tanpa batas di kawasan ASEAN berpotensi mendukung pengembangan ekonomi di Indonesia.

EKONOMI | 2 Desember 2022

OJK Sebut Investor Asing Antre Minati Bank di Indonesia

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae menyampaikan, sektor perbankan nasional sangat menarik bagi para investor, khususnya dari luar negeri.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Airlangga Rayu Eksportir Simpan Duit di Dalam Negeri

Menko Airlangga mendorong perbankan memberikan kebijakan suku bunga khusus terhadap eksportir yang menempatkan devisa hasil ekspor (DHE) di dalam negeri.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Bank Mandiri Catat Transaksi QRIS Tembus Rp 2,6 Triliun

Bank Mandiri mencatat volume transaksi layanan QRIS mencapai Rp 2,6 triliun hingga Oktober 2022, atau meningkat 520% dibandingkan periode tahun lalu.

EKONOMI | 2 Desember 2022

OJK Pede Penyaluran Kredit Perbankan Tetap Tumbuh di 2023

Selain penyaluran kredit, OJK meyakini kinerja industri perbankan tetap tumbuh di 2023 karena pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) menunjukkan tren peningkatan.

EKONOMI | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Dia Tangan Luis Suarez yang Benamkan Ghana 12 Tahun Lalu

Ini Dia Tangan Luis Suarez yang Benamkan Ghana 12 Tahun Lalu

SEMESTA BOLA 2022 | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE