Logo BeritaSatu

Kempupera Bangun 23 Rumah Khusus untuk Suku Anak Dalam

Sabtu, 10 Juli 2021 | 17:05 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) memberikan bantuan rumah khusus bagi masyarakat Suku Anak Dalam di Kabupaten Merangin, Jambi. Rumah khusus yang dibangun sebanyak 23 unit.

"Kami ingin agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memiliki dan tinggal di rumah yang layak huni lewat program sejuta rumah. Beberapa program pembangunan perumahan yang dilaksanakan oleh Kempupera antara lain rumah susun, rumah swadaya, penyaluran bantuan PSU rumah bersubsidi dan rumah khusus,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kempupera, Khalawi Abdul Hamid, dalam siaran persnya, Sabtu (10/7/2021).

Khalawi menyatakan, ada beberapa target prioritas pembangunan rumah khusus. Pertama, rumah khusus untuk masyarakat yang terdampak bencana. Kedua, masyarakat terdampak program pemerintah dan ketiga adalah mereka yang tinggal di daerah perbatasan dan mereka yang tinggal di pulau terluar, daerah terpencil dan tertinggal.

Pelaksanaan pembangunan rumah khusus, kata Khalawi, juga menyentuh masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman seperti Suku Anak Dalam. Mereka yang selama ini tinggal di hunian yang tidak layak kini bisa merasakan buah hasil pembangunan program sejuta rumah.

"Kami berharap pemerintah daerah dan Kementerian ataupun Lembaga bisa mengusulkan apabila ada masyarakat di daerahnya maupun para pegawai yang membutuhkan bantuan perumahan dari pemerintah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera IV, Indra M Sutan didampingi oleh Kasi Wilayah II Gusman menyatakan, Direktorat Jenderal Perumahan melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jambi pada tahun 2018 lalu telah membangun rumah khusus yang diperuntukkan untuk masyarakat Suku Anak Dalam di Kabupaten Merangin, Jambi.

"Suku Anak Dalam merupakan salah satu masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah agar kehidupan mereka bisa lebih baik. Rumah khusus Suku Anak Dalam yang dibangun berjumlah 23 unit dengan tipe 28 dan berlokasi di Desa Lantak Seribu, Kecamatan Renah Pamenang, Kabupaten Merangin,” katanya.

Selain di Kabupaten Merangin, Direktorat Jenderal PerumahanKempupera juga telah membangun rumah khusus Suku Anak Dalam di Kabupaten Sarolangun yang berjumlah 57 unit dengan tipe 28 panggung serta rumah khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang berprofesi sebagai nelayan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebanyak 50 unit tipe 28.

"Hingga saat ini seluruh hunian rumah khusus tersebut telah ditempati oleh Suku Anak Dalam dan mereka bisa membaur dengan masyarakat pada umumnya," kata Indra.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Puan Maharani Dorong Pemerintah Stabilkan Kebutuhan Pokok

Ketua DPR Puan Maharani mendorong pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok sebelum menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

EKONOMI | 17 Mei 2022

PLN Bangun Gardu Induk Digital di Teluk Naga Tangerang

PLN kini membangun 2 infrastruktur ketenagalistrikan, yaitu Gardu Induk Digital (GID) 150 kV Teluk Naga Tangerang.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Bahlil: Presiden Punyai Jurus Khusus Taklukkan Elon Musk

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis CEO Tesla Elon Musk akan merealisasikan investasinya di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Momentum Pertumbuhan Ekonomi Selama Lebaran Harus Dijaga

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi perlu jaga daya beli masyarakat yang menggeliat saat Lebaran.

EKONOMI | 17 Mei 2022

B20 Sustainability 4.0 Awards Dorong Praktik Keberlanjutan

B20 Sustainability 4.0 Awards untuk pertama kalinya akan digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Pemerintah Gandeng Pelaku Usaha Luncurkan MigorRakyat

Kemendag dan Kementerian BUMN menggandeng pelaku usaha minyak goreng  pada peluncuran program MigorRakyat.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Gaet Investasi Tesla, Ini PR Besar yang Harus Diselesaikan

Meski Presiden Jokowi sudah bertemu langsung dengan CEO Tesla Elon Musk, tidak ada jaminan Tesla segera merealisasikan investasinya di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Startup Manuva Digitalisasi Manufaktur UMKM Indonesia

Startup Manuva yang sebelumnya bernama Tjetak kini memperluas solusi bisnisnya untuk mendigitalisasi manufaktur UMKM dari hulu ke hilir.

EKONOMI | 17 Mei 2022

GreenWavex Perbanyak Instrumen Saham Global dan Lokal

GreenWave Exchange menambah daftar instrumen investasi saham yang bisa dipilih para investor di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Pengembang Properti Gelar Flash Sale di IPEX 2022, Cek

Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) akan menggelar promo menarik melalui acara flash sale yang melibatkan sejumlah pengembang properti.

EKONOMI | 17 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings