Logo BeritaSatu

Mustika Ratu Kembangkan Obat Herbal karena Permintaan Tinggi

Kamis, 15 Juli 2021 | 17:27 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) pada 2021 fokus mengembangkan ekosistem obat herbal seiring tingginya segmen tersebut menyusul meningkatnya awareness dalam menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang menjelaskan, obat tradisional dan jamu modern memiliki peranan penting dalam pencegahan dan menjaga kesehatan. Mengacu pada data Euromonitor di 2020, penjualan herbal nasional pada 2025 diproyeksikan mencapai Rp 23 triliun, dengan estimasi kadar 11%. Sementara penjualan produk herbal nasional saat ini baru mencapai Rp 13,8 triliun. Mustika Ratu akan tangkap peluang itu dengan mengembangkan obat herbal. “Didukung akselerasi pembayaran digital dan belanja daring, tren new normal ini merupakan peluang jamu modern untuk bertumbuh,” ujarnya.

Perseroan akan mengembangkan ekosistem menyeluruh pada produk herbal yang diberi nama dengan Jamunomics. Sebuah konsep pengembangan jamu modern secara end to end dari hulu ke hilir yang dapat memberikan manfaat dari seluruh aspek.

Dalam ekosistem ini, Mustika Ratu mengambil langsung produk dari para petani lokal agar dapat andil dalam menyejahterakan petani dan mengurangi impor bahan baku. Untuk diketahui, Indonesia menduduki peringkat kedua dunia untuk diversity tanaman dengan memiliki 40.000 spesies yang di dalamnya ada 30.000 tanaman yang memiliki khasiat obat khusus.

Selain petani, perseroan melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Misalnya, tren terbaru kedai minuman yang khusus menyediakan jamu akan diakomodir perseroan agar terus bertumbuh. “Kami memiliki lembaga pelatihan khusus bernama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo (LPPMS), lulusannya dapat menciptakan usaha sendiri seperti makeup artist hingga jamu barista,” ujarnya.

Dalam ekosistem ini juga Mustika Ratu telah menyiapkan langkah strategis dalam memperkenalkan jamu pada anak muda dengan menggaet Puteri Indonesia dari berbagai provinsi. Program sosialisasi ini dilakukan di bawah naungan Mustika Ratu entertainment dengan menggunakan konten kreatif.

Seperti yang diketahui, Mustika Ratu sudah mengekspor produk herbal ke berbagai negara seperti Malaysia, Hong Kong, Amerika Serikat (AS), Kanada, Rusia hingga Timur Tengah dan Eropa Timur. Ke depan, Mustika Ratu berharap dapat mengekspor ke Australia dan Afrika

Saat ini Mustika Ratu mempunyai beberapa produk dalam tiga kategori yakni perawatan preventif, perawatan adjuvan dan perawatan pascasembuh. “Produk kami bernama Herbamuno+ dapat digunakan sebagai perawatan adjuvan dan pascasembuh yang sedang menjalani uji klinis di RSDC Wisma Atlet. Produk preventif lainnya hand sanitizer. Semua produk ini tersedia di Gofood, Grabfood dan pusat health maintenance lainya,” pungkasnya



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

BI dan Kemendag Gencarkan Penerapan SIAP QRIS di Mal

Dukung pemulihan ekonomi, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong penerapan SIAP QRIS di berbagai mal dan pusat perbelanjaan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Minim Ahli Keamanan Siber, Indonesia Sasaran Empuk Hacker

Kekurangan tenaga ahli dan wawasan masyarakat yang rendah mengenai keamanan siber, membuat Indonesia jadi sasaran empuk para hacker.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Pelaku Pariwisata Harus Beradaptasi dengan Perubahan Akibat Pandemi

Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian menekankan pentingnya pelaku pariwisata beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perkuat Layanan Logistik, Mologiz Gandeng Lion Parcel

Penyedia layanan logistik, Mologiz, menggandeng Lion Parcel dalam bentuk kerja sama layanan pengiriman barang secara langsung.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Permintaan Tinggi, Risland Kebut Pembangunan Sky House BSD+

Risland Indonesia, pengembang Sky House BSD+ berkomitmen menghadirkan hunian berkonsep modern seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap apartemen.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan <em>Stunting</em>, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

Tekan Stunting, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

NEWS | 32 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings