Logo BeritaSatu

Pekerja di Wilayah PPKM Level 4 Bakal Dapat Subsidi Upah Rp 1 Juta

Rabu, 21 Juli 2021 | 19:48 WIB
Oleh : Herman, Arnoldus Kristianus / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah kembali memberikan bantuan subsidi upah (BSU) kepada para pekerja/buruh yang terdampak kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), khususnya pekerja di wilayah yang menerapkan PPKM level empat.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan, pekerja/buruh yang nantinya berhak menerima BSU adalah warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki nomor induk kependudukan (NIK), pekerja/buruh penerima upah, terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif (yang dibuktikan dengan nomor kepesertaan sampai Juni 2021) dan peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 3,5 juta sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan. Apabila pekerja bekerja di wilayah PPKM yang upah minimum kabupaten/kota (UMK) di atas Rp 3,5 juta, maka menggunakan UMK sebagai batas kriteria upah.

“BPJS Ketenagakerjaan dipilih sebagai sumber data mengingat sampai sekarang data BPJS Naker dinilai paling akurat dan lengkap sehingga akuntabel dan valid untuk digunakan pemerintah sebagai dasar pemberian subsidi upah secara cepat dan tepat sasaran,” kata Ida

“Kami mengusulkan ini hanya diberikan kepada pekerja yang berada di PPKM level empat sesuai dengan Instruksi Mendagri. Kemudian bekerja pada sektor yang terdampak PPKM antara lain industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate,” jelas Ida Fauziyah dalam konferensi pers perkembangan PPKM, Rabu (21/7/2021).

Untuk mekanisme penyaluran BSU diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp 500.00 per bulan selama dua bulan yang akan diberikan sekaligus, sehingga pekerja/buruh akan langsung menerima Rp 1 juta. Jumlah penerima BSU sebanyak 8 juta pekerja, sehingga membutuhkan anggaran sekitar Rp 8 triliun. Payung hukum BSU ini akan segera dibuat dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan.

“Data penerima BSU ini kami akan ambil dari BPJS Ketenagakerjaan dengan batas waktu pengambilan data sampai dengan 30 Juni 2021, sehingga hanya peserta yang terdaftar pada batas waktu tersebut dan memenuhi persyaratan yang akan mendapatkan BSU,” kata Ida.

“Mudah-mudahan dengan subsidi ini akan membantu para pekerja terutama yang di luar sektor kritikal untuk bisa bertahan dalam kondisi pembatasan aktivitas masyarakat,” ucap Ida dalam konferensi pers secara virtual pada Rabu (21/7).

Berikut adalah daerah-daerah PPKM Jawa Bali level 4:
DKI Jakarta: Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Banten:Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Serang.

Jawa Barat: Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Banjar, Kota Bandung dan Kota Tasikmalaya.

Jawa Tengah: Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Klaten, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Banyumas, Kota Tegal, Kota Surakarta, Kota Semarang, Kota Salatiga dan Kota Magelang.

DIY: Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta.

Jawa Timur: Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar dan Kota Batu.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ada 1.500 Server, IDcloudHost Siapkan Infrastruktur Web3

IDCloudHost mengambil peran aktif dalam pengembangan digital ekonomi Indonesia menuju tahun 2030.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 157,1 miliar saham senilai Rp 7,1 triliun.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jokowi: Krisis Global Diperparah Perang Rusia vs Ukraina

Jokowi menyatakan, perang Rusia vs Ukraina telah memperparah krisis global, yang ditandai dengan kenaikan harga pangan, energi, dan finansial.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Gandeng Akulaku, XL Axiata Genjot Penjualan dari Aplikasi

Akulaku PayLater tersedia sebagai opsi metode pembayaran yang dapat diakses bagi pengguna telekomunikasi seluler XL Axiata melalui aplikasi myXL.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Awali Perdagangan, IHSG Meroket Capai Kembali ke 7.100-an

Pukul 09.18 WIB, IHSG naik 84,2 poin (1,24%) menjadi 7.110 dan Investor33 naik menjadi ke 500,1.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

IHSG Berpeluang Menguat, Simak Rekomendasi Saham Pilihan

Level resistance IHSG pada perdagangan hari ini di level 7.101, 7.149, 7.178, 7.256 dengan support di level 7.049, 7.000, 6.968, 6.925.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Harga Emas Naik karena Penurunan Imbal Hasil dan Dolar

Harga emas di pasar spot menguat 1,57% menjadi US$ 1.725,87 per ons, tertinggi sejak 13 September.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Musk Hidupkan Kembali Akuisisi Twitter, Sahamnya Naik 22%

Elon Musk kembali kembali mengusulkan untuk membeli perusahaan media sosial Twitter seharga US$ 54,20 per saham,

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Telkom Perkuat Data Center lewat NeutraDC dan NeucentrIX

Telkom memperkuat ekosistem data center dengan layanan yang mumpuni bertaraf global di NeutraDC dan neuCentrIX.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

BPK Sebut Dana Pensiun OJK Langgar Aturan OJK, Kok Bisa?

Dana Pensiun OJK dinilai melanggar ketentuan mengenai kompensasi iuran pemberi kerja, dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK).

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Juventus vs Maccabi Haifa, Partai Wajib Menang untuk Kedua Tim

Juventus vs Maccabi Haifa, Partai Wajib Menang untuk Kedua Tim

BOLA | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings