Logo BeritaSatu

Pertama di Indonesia, Artajasa dan Lintasarta Beri Solusi Efisien Perbankan untuk Kartu Digital

Kamis, 22 Juli 2021 | 13:03 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Konsorsium Artajasa dan Lintasarta memberikan solusi efisien penerbitan kartu digital untuk sistem pembayaran. Dengan sistem Third Party Card Management (TPCM), industri perbankan dapat menyediakan layanan berbasis kartu hingga Paylater Account dengan cepat dan efisien.

Layanan baru dari Kolaborasi 3 pihak antara Artajasa-Lintasarta dan Worldline ini menjadikan sebagai layanan Third Party Processor (TPP) yang pertama di Indonesia. Layanan TPCM hadir karena Artajasa, Lintasarta dan Worldline bersama-sama menyadari bahwa dalam beberapa tahun terakhir, cara bertransaksi masyarakat mengalami pergeseran dari cara konvensional menjadi cashless atau tanpa menggunakan uang tunai.

Salah satu pilihan efisien yang dapat dilakukan perbankan untuk digitalisasi adalah dengan bekerja sama dengan pihak ketiga yang dapat mendukung sistem dan menangani operasional dari proses bisnis berbasis Kartu hingga Paylater Account. Untuk itu layanan Third Party Card Management (TPCM) ini menjadi jawaban atas kebutuhan institusi perbankan ataupun institusi keuangan lainnya.

Dalam acara Signing Ceremony Konsorsium Artajasa - Lintasarta bersama Wordline untuk Layanan Third Party Card Management, Kamis (22/7/2021), Direktur Artajasa, Siti Hidayati mengatakan konsorsium Artajasa dengan Lintasarta didukung Worldline ini hadir karena memahami adanya tantangan dan persaingan di kalangan Perbankan dan institusi keuangan untuk bersaing dalam melayani pelanggan.

“Kami ingin mengambil peran sebagai penyedia solusinya khususnya dibidang sistem pembayaran dan manajemen card issuing. Dengan menghadirkan Third Party Card Management sebagai solusi bagi perbankan dan institusi keuangan untuk menjalankan bisnis secara cepat dan efisien dengan mengedepankan konektivitas langsung dengan prinsipal internasional, efisiensi harga, kecepatan dan keamanan,” katanya.

Kolaborasi layanan ini menjadi sinergi karena Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) dikenal sebagai perusahaan pelopor sistem pembayaran di Indonesia dan prinsipal layanan ATM Bersama, sedangkan bersama PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) sebagai penyedia layanan Information and Communication Technology (ICT) total solutions di Indonesia. Di sisi lain, PT Worldline Internasional Indonesia (Worldline) juga dikenal sebagai penyedia solusi pembayaran di internasional dengan pemain utama dan pangsa pasar terbesar di Indonesia dan di regional.

Direktur Utama Lintasarta Arya Damar, mengatakan TPCM merupakan solusi lengkap untuk pengembangan bisnis proses produk berbasis kartu kredit hingga Paylater account. Layanan ini terbilang lengkap dengan cakupan layanan aktivasi, transaksi, pembuatan tagihan, hingga pengawasan dari fraud. Konsorsium Artajasa – Lintasarta.

Menurut Arya, TPCM memungkinkan industri keuangan untuk mengembangkan bisnis berbasis kartu kredit secara eksklusif dengan brand perusahaannya. Dengan tenaga infrastruktur yang profesional dan pakar di bidangnya, Lintasarta mampu
memberikan layanan yang prima dan andal bagi Bank dengan memenuhi kebutuhan infrastruktur TPCM yaitu menggunakan Data Center (DC) yang berlokasi di Technopark, Banten, dan ditunjang dengan Disaster Recovery Center (DRC) yang berlokasi di Jatiluhur, Jawa Barat, serta didukung dengan sistem keamanan yang mampu memproteksi hingga ke lapisan (layer) tujuh aplikasi.

“Tidak hanya itu, solusi ini akan membantu industri keuangan menurunkan biaya investasi dan operasional kartu kredit seperti penerbitan kartu kredit, pencatatan transaksi hingga penanganan fraud. Kerja sama dengan perusahaan nasional maupun
internasional, menjadikan kemudahan bagi nasabah bertransaksi di mana pun dan kapan pun. Sementara itu, di sisi lain perusahaan perbankan dalam mengelola kartu kredit dapat tetap fokus pada bisnis inti perusahaan,” kata Arya Damar.

CEO Worldline APAC, Tee Kee Ming berkomentar bahwa kolaborasi strategis untuk Worldline ini adalah untuk mendukung Artajasa dan Lintasarta menjadi TPCM pertama di Indonesia, peluncuran yang tepat waktu ini akan membantu lebih banyak bank menengah dan kecil untuk mempercepat transformasi pembayaran digital mereka dan memungkinkan populasi yang lebih besar di Indonesia untuk berpartisipasi dan menikmati manfaat pembayaran tanpa uang tunai dan digital.

“Worldline berkomitmen penuh untuk menghadirkan lebih banyak solusi dan layanan terbaik ke Indonesia dan akan terus melayani pelanggan saat ini dan masa depan untuk mendukung pertumbuhan industri pembayaran di Indonesia,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemangkasan Biaya Aplikasi Bisa Ganggu Ekosistem Ojol

Ekonom Unair, Rumayya Batubara menilai, pemotongan biaya aplikasi memiliki dampak luas, mulai dari perusahaan aplikator, mitra driver, dan ekosistem ojol.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kolaborasi MIND ID dengan Korporasi Inggris, Upaya Erick Diapresiasi

Upaya Erick Thohir melakukan kolaborasi antara MIND ID dengan korporasi asal Inggris Arrival Ltd diapresiasi penuh.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Manfaatkan Internet, UMKM Desa Sukarara Tembus Pasar Ekspor

Bakti, Kemenkominfo aktif melakukan pelatihan digital pada pelaku usaha, termasuk UMKM untuk meningkatkan penjualan.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Ada 1.500 Server, IDcloudHost Siapkan Infrastruktur Web3

IDCloudHost mengambil peran aktif dalam pengembangan digital ekonomi Indonesia menuju tahun 2030.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 157,1 miliar saham senilai Rp 7,1 triliun.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jokowi: Krisis Global Diperparah Perang Rusia vs Ukraina

Jokowi menyatakan, perang Rusia vs Ukraina telah memperparah krisis global, yang ditandai dengan kenaikan harga pangan, energi, dan finansial.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Gandeng Akulaku, XL Axiata Genjot Penjualan dari Aplikasi

Akulaku PayLater tersedia sebagai opsi metode pembayaran yang dapat diakses bagi pengguna telekomunikasi seluler XL Axiata melalui aplikasi myXL.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Awali Perdagangan, IHSG Meroket Capai Kembali ke 7.100-an

Pukul 09.18 WIB, IHSG naik 84,2 poin (1,24%) menjadi 7.110 dan Investor33 naik menjadi ke 500,1.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

IHSG Berpeluang Menguat, Simak Rekomendasi Saham Pilihan

Level resistance IHSG pada perdagangan hari ini di level 7.101, 7.149, 7.178, 7.256 dengan support di level 7.049, 7.000, 6.968, 6.925.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Harga Emas Naik karena Penurunan Imbal Hasil dan Dolar

Harga emas di pasar spot menguat 1,57% menjadi US$ 1.725,87 per ons, tertinggi sejak 13 September.

EKONOMI | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini yang Akan Digali dalam Pemeriksaan Kasus KDRT Rizky Billar

Ini yang Akan Digali dalam Pemeriksaan Kasus KDRT Rizky Billar

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings