Logo BeritaSatu

Pemerintah Lakukan Pemeliharaan Jalan Lintas Timur Sumatera

Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:19 WIB
Oleh : Indah Handayani / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) melakukan preservasi atau pemeliharaan jalan dilaksanakan pada Lintas Timur Sumatera ruas Simpang Penawar - Gedong Aji Baru – Rawajitu. Ruas tersebut terkoneksi dengan kawasan industri tambak udang di Tulangbawang dengan pusat perekonomian Kota Lampung hingga Pelabuhan Bakauheni.

Menpupera Basuki Hadimuljono mengatakan konektivitas antarwilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut. “Jalan ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan juga menjaga inflasi. Kalau jalan rusak, inflasi naik karena menyebabkan biaya logistik menjadi lebih mahal,” kata Menteri Basuki dalam keterangan pers Sabtu (31/7/2021).

Preservasi ruas Simpang Penawar - Gedong Aji Baru – Rawajitu masuk dalam program prioritas paket pemeliharaan Jalan Lintas Timur Sumatera yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Kempupera salah satunya memprioritaskan pembiayaan SBSN untuk peningkatan kemantapan jalan lintas utama dalam rangka penguatan daya saing bangsa dan mendukung Sistem Logistik Nasional (Sislognas) yang memberikan dampak besar terhadap peningkatan ekonomi wilayah.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung Rien Marlia menyampaikan peningkatan kualitas layanan ruas Simpang Penawar - Gedong Aji Baru - Rawajitu diharapkan dapat meningkatkan kembali produksi dari sentra udang Bumi Dipasena yang sempat booming pada tahun 1998 hingga awal 2000-an. "Kita berusaha untuk mendukung jalan menuju kawasan industri tambak udang tersebut,” ujar Rien Marlia.

Preservasi ruas Simpang Penawar - Gedong Aji Baru - Rawajitu telah dimulai dari tahun 2020 dan ditargetkan selesai 2022. Pada paket kontraktual tahun 2021 preservasi dilanjutkan dengan nilai kontrak Rp 184,7 miliar dengan penyedia jasa PT Yasa Patria Perkasa. “Semua ini merupakan upaya untuk meningkatkan kondisi kemantapan jalan nasional. Bila paket-paket preservasi tersebut telah selesai nantinya pada akhir tahun 2022, kemantapan jalan di Provinsi Lampung meningkat menjadi 97%," kata Rien Marlia.

Selain ruas Simpang Penawar - Gedong Aji Baru - Rawajitu, dalam mendukung konektivitas di Provinsi Lampung juga dilaksanakan preservasi ruas Pematang Panggang - Simpang Bj. Tenuk untuk Jalan Lintas Timur. Sementara untuk Jalan Lintas Tengah Sumatera, kegiatan preservasi dikerjakan pada ruas Tegineneng - Simpang Tj.Karang - Km 10; Terbanggi Besar - Tegineneng – Sukadana dan ruas Padang Tambak - Bukit Kemuning - Batas Provinsi Sumsel - Terbanggi Besar.

Secara keseluruhan jalan nasional yang menjadi kewenangan BPJN Lampung sepanjang 1.292,21 km yang terdiri dari Jalan Lintas Timur sepanjang 285,96 km, Jalan Lintas Tengah 323,14 km, Jalan Lintas Barat 312,89 km, Jalan Lintas Penghubung 341,58 km, dan Jalan Dalam Kota Bandar Lampung sepanjang 28,68 km. Pembangunan prasarana transportasi jalan dan jembatan merupakan salah satu kegiatan yang masuk kategori kritikal dalam masa Pendemi Covid-19 sehingga tetap dilaksanakan dengan tetap menjalani protokol kesehatan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kejar Literasi Keuangan Digital, Indodax Gelar Trading Fest

Indodax menggelar trading competition sebagai komitmen perusahaan menyebarkan edukasi dan literasi keuangan digital.

EKONOMI | 29 September 2022

Miris Petani Buang Hasil Panen Raya, DPR Desak Pemerintah Lakukan Intervensi

DPR menyesalkan peristiwa dibuangnya hasil panen raya oleh petani di daerah Gayo, Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

EKONOMI | 29 September 2022

Ombudsman Tekankan Pentingnya Regulasi Pembatasan Distribusi BBM

Ombudsman menekankan pentingnya regulasi mengenati pembatasan distribusi bahan bakar minyak (BBM).

EKONOMI | 28 September 2022

Tarik Investasi, Pemerintah Didorong Manfaatkan Momentum Perfect Storm

Pemerintah didorong memanfaatkan momentum perfect storm untuk menarik investasi. Yose Rizal Damuri menilai Indonesia harus bisa memanfaatkan situasi global.

EKONOMI | 28 September 2022

Biro Klasifikasi Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Mitra Bisnis

Biro Klasifikasi Indonesia melaksanakan sertifikasi juru las secara gratis bagi 100 tenaga pengelasan dari berbagai perusahaan galangan kapal anggota Iperindo.

EKONOMI | 28 September 2022

Emiten Transportasi Genjot Ekspansi Kendaraan Listrik

PT Blue Bird Tbk (BIRD) siap menambah 150 kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) hingga akhir tahun 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Airlangga Ajak Sherpa G-20 Wujudkan Dunia yang Harmonis

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkenalkan Sherpa G-20 pada kearifan budaya Indonesia melalui gala dinner di Pelataran Wisnu Candi Prambanan.

EKONOMI | 28 September 2022

Merek Oppo Kembali Pimpin Pasar Smartphone Indonesia

Oppo berhasil mengukuhkan diri kembali menjadi pemain nomor satu di pasar smartphone Indonesia pada kuartal II 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Keuangan Bermasalah, Seluruh Kegiatan Usaha Wanaartha Life Dibatasi OJK

Dalam penjelasannya, OJK menilai bahwa Wanaartha Life tidak memenuhi sejumlah ketentuan di bidang perasuransian.

EKONOMI | 28 September 2022

BUMN Startup Day Perkuat Sinergi BUMN dengan Usaha Rintisan

BUMN Startup Day merupakan kegiatan yang positif karena bisa memperkuat sinergi antara BUMN dengan para perusahaan rintisan yang ada di Indonesia.

EKONOMI | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kejar Literasi Keuangan Digital, Indodax Gelar <em>Trading Fest</em>

Kejar Literasi Keuangan Digital, Indodax Gelar Trading Fest

EKONOMI | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings