Logo BeritaSatu

Praktisi MICE: Kegiatan Virtual Tidak Bisa Geser Pertemuan Fisik

Rabu, 4 Agustus 2021 | 15:07 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 sangat memukul industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Indonesia. Sebagian besar kegiatan pertemuan atau pameran harus dibatalkan atau ditunda untuk menghindari penyebaran Covid-19. Sebagai solusi, belakangan banyak digelar pameran atau pertemuan secara online.

Praktisi MICE dan Kepala Pengembangan Industri Badan MICE Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Wisnu Budi Sulaeman menyampaikan, meskipun banyak sektor usaha yang bisa tetap eksis di tengah pandemi dengan mengandalkan platform online, tidak demikian dengan industri MICE, sebab industri ini sangat mengandalkan pertemuan fisik.

“Pameran atau pertemuan secara virtual tidak akan bisa menggantikan pertemuan fisik. Kalau sekedar bertemu atau berkomunikasi, secara virtual memang bisa. Tetapi bagaimana misalnya kita mengungkapkan ekspresi kita, pemikiran kita, kemudian apabila ada inovasi baru di bidang iptek yang harus disampaikan dan ada tanya jawab yang interaktif, itu tidak bisa dilakukan oleh teknologi informasi saat ini,” kata Wisnu Budi Sulaeman dalam diskusi "Optimisme Pariwisata Jakarta di tengah Pandemi", Rabu (4/8/2021).

Menurut Wisnu, dampak yang dihasilkan dari kegiatan secara virtual tidak akan sebesar apabila dilakukan offline. Seperti pengalamannya saat memberikan pelatihan di bidang MICE kepada 1.000 peserta secara virtual, hasil yang didapatkan kurang membuatnya puas.

“Di situ kami merasa kurang puas. Belum lagi di sektor pameran, orang pasti ingin menyentuh, melihat, menimbang-nimbang untuk membeli barang, ini sulit dilakukan. Ini membuat pelaku industri produk frustasi. Mereka tidak bisa memberikan sampling kepada customer-nya untuk mencoba bagaimana produknya. Ini juga yang dirasakan produsen-produsen, baik itu otomotif, elektronik, bahkan sampai makanan kemasan,” kata Wisnu.

Meskipun saat ini sudah ada konsep hybrid (online dan offline), menurut Wisnu, konsep tersebut juga belum bisa memenuhi harapan. Pengunjung offline masih sangat terbatas karena masih ada kekhawatiran dari diri masyarakat. Di sisi lain, kegiatan yang menimbulkan banyak kerumunan juga masih dilarang.

“Potensinya itu sebetulnya masih sangat besar, tetapi memang belum bisa dilakukan. Mudah-mudahan sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment) bisa dijadikan salah satu indikator bahwa industri MICE sudah siap. Kami sudah menyertifikasi bukan hanya building-nya, tetapi juga SDM-nya, bahkan kami punya satgas Covid-19 sendiri di masing-masing unit tersebut,” kata Wisnu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sasar Milenial, Sanex Lakukan Sejumlah Perubahan Strategi

Selain logo baru, perubahan dilakukan Sanex pada tahun 2022 ini di antaranya  pembaruan manajemen hingga memperluas distribusi produk,

EKONOMI | 8 Desember 2022

Kurs Rupiah Cenderung Stabil di Kisaran Rp 15.600

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Kamis (8/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.600.

EKONOMI | 8 Desember 2022

IHSG Sempat Anjlok ke Level Terendah 2022, Ini Penyebabnya

IHSG terjun bebas hingga sempat sentuh 6.690, level intraday terendah dalam 11 bulan sebelum akhirnya kembali ke kisaran 6.752.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bulog Subang Pastikan Stok Beras Aman hingga Maret 2023

Harga beras di Jawa Barat kini masih tinggi. Di Pasar Tradisional Terminal Subang, harga beras mengalami kenaikan Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per kilogram.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Saham Telkom Rebound, Bukti Fundamental Bisnis Kuat

Hadapi tantangan bisnis tahun 2023, Telkom terus memperkuat fundamental di segala lini dengan lima strategi utama.

EKONOMI | 8 Desember 2022

APSI Minta Jasa Unlock IMEI Ditindak Tegas

Jasa unlock International Mobile Equipment Identity (IMEI) belakangan ini ramai ditawarkan melalui media sosial dan sejumlah marketplace.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jangan Coba-coba Unlock IMEI Ponsel, Cuma Bertahan 3 Bulan

Jasa unlock IMEI lewat aplikasi pendaftaran wisatawan asing hanya berlaku beberapa bulan saja. Selain itu, garansi hangus.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Lanjutkan Pelemahan, IHSG Dibuka Terkoreksi ke 6.783

IHSG dibuka melemah 35,24 poin (0,52%) di posisi 6.783,51 pada perdagangan sesi I hari ini, Kamis (8/12/2022).

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sektor Transportasi Online Resilien, Gojek jadi Pemimpin Pasar

Riset dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di 5 kota besar Indonesia kepada 2.310 pengguna dan 1.155 pengusaha. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

Wall Street Ditutup Melemah, Investor Tunggu Data Inflasi

Wall Street menutup sesi volatil dengan sebagian besar indeks utama terkoreksi pada perdagangan Rabu (7/12/2022) waktu setempat.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Eko Yuli Raih Perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022

Eko Yuli Raih Perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022

SPORT | 33 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE