Logo BeritaSatu

Sri Mulyani Optimistis Ekonomi Triwulan III Tumbuh 5,7%

Kamis, 5 Agustus 2021 | 18:50 WIB
Oleh : Herman, Triyan Pangastuti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi di triwulan III 2021 akan berada di kisaran 4% hingga 5,7% (year on year/yoy). Optimisme ini didukung momentum perbaikan ekonomi yang terjadi di triwulan II dengan capaian 7,07% yoy. Angka ini lebih tinggi dibandingkan realisasi kuartal II 2021 terkontraksi -5,32% yoy.

“Kita berharap momentum pemulihan ekonomi bisa terjaga, tentu ini hanya bisa dilaksanakan apabila seluruh pelaku ekonomi dan masyarakat ikut menjaganya dengan menjalankan protokol kesehatan. Kita masih berharap antara 4,0% sampai 5,7% untuk triwulan III 2021,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers “Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2021”, Kamis (5/8/2021).

Dikatakan Sri Mulyani, proyeksi pertumbuhan ekonomi di triwulan III 2021 hanya bisa terealisasi apabila varian delta Covid-19 bisa dikendalikan dan mobilitas serta kegiatan ekonomi mulai bisa berjalan.

Adapun prediksi Menkeu tersebut lebih tinggi daripada proyeksi sebelumnya di level 4% yoy pada triwulan III 2021. Meski begitu, outlook pertumbuhan ekonomi triwulan III 2021 tumbuh melambat dibandingkan realisasi triwulan II 2021.

Untuk mendorong kinerja ekonomi tahun ini, Menkeu mengatakan pemerintah akan terus mendukung sisi permintaan dan sisi suplai dengan mengoptimalkan belanja pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kementerian Keuangan (Kemkeu) melaporkan realisasi penggunaan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga 30 Juli mencapai Rp 305,5 triliun. Angka tersebut setara 41,02% dari pagu anggaran PEN tahun ini sebesar Rp 744,75 triliun. Dengan begitu, pemerintah harus mengoptimalkan belanja PEN periode Agustus-Desember 2021, anggaran PEN masih tersedia sebesar Rp 439,25 triliun. “Untuk dorong konsumsi rumah tangga, seperti tingkatkan bantuan sosial, saat hadapi tantangan varian delta kami tambahkan bansos, konsumsi pemerintah dengan berbagai kebijakan bantu sektor usaha, UMKM dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mulai meningkat,” tuturnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu juga menyampaikan, pertumbuhan positif di triwulan III 2021 ini memang sesuai dengan prediksi Kementerian Keuangan. Hal ini membuktikan bahwa arah dan strategi pemulihan telah berjalan.

“Pemulihan ekonomi telah terjadi secara merata. Konsumsi, investasi, ekspor dan impor semuanya mengalami pertumbuhan yang tinggi. Keyakinan masyarakat untuk melakukan aktivitas terus meningkat dan mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga. Dari sisi produksi, sektor-sektor unggulan nasional seperti manufaktur, perdagangan, konstruksi dan transportasi mampu mencatat pertumbuhan yang cukup kuat,” kata Febrio.

Ke depan, lanjut Febrio, pemerintah akan tetap fokus pada langkah-langkah antisipatif dan responsif dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19, terutama dengan mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi dan memperkuat 3T (testing, tracing, treatment).

“Sinergi kebijakan baik fiskal, sektor keuangan dan moneter juga terus diperkuat untuk mewaspadai dampak negatif yang mungkin terjadi dari eskalasi kasus Covid-19 yang disebabkan oleh munculnya varian baru di berbagai belahan dunia,” ujar Febrio.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BKI Sabet Human Capital & Performance Awards 2022

Penghargaan yang diraih BKI ini penting untuk pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Semeru Erupsi, Operasional Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh Normal

Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) mengalami erupsi disertai awan panas guguran (APG) mencapai 1.500 meter dan menyebabkan sejumlah gempa.

EKONOMI | 4 Desember 2022

GOTO Dilanda Aksi Jual Pascalock Up Dibuka, Saatnya Beli?

Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masuk dalam 10 deretan saham yang mengalami tekanan cukup besar pekan ini.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Babak Pertama, Giroud Bawa Prancis Ungguli Polandia 1-0

Babak Pertama, Giroud Bawa Prancis Ungguli Polandia 1-0

SEMESTA BOLA 2022 | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE