Logo BeritaSatu

MNC Bank-XL Axiata Jalin Kemitraan Strategis

Kamis, 12 Agustus 2021 | 11:46 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), yang merupakan bagian dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) menjalin kemitraan strategis untuk mempromosikan MotionBanking, aplikasi digital banking. Dalam kesepakatan, XL Axiata dan Bank MNC Internasional berkolaborasi menambah minimal 1 juta pengguna baru MotionBanking melalui promosi dan insentif khusus bagi pengguna XL Axiata.

“Kolaborasi antara XL Axiata dan MotionBanking telah membuka era baru kolaborasi antara operator telekomunikasi dan digital banking, yang pertama di Indonesia. Kemitraan ini menggabungkan ekosistem besar MNC Group, termasuk media, teknologi keuangan, dan kekuatan digital, dengan 56 juta basis pengguna XL Axiata dan layanan operator selulernya yang memberdayakan ekonomi digital dan inklusi keuangan,” kata CTO MNC Group Yudi Hamka, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/8/2021).

Ekspansi masa depan berupa simbiosis antara perbankan dan perusahaan telekomunikasi, dikatakan Yudi tak terelakkan mengingat makin maraknya penggunaan telepon seluler dan masyarakat cashless. Peluang besar tersebut berasal dari posisi XL Axiata yang strategis untuk meningkatkan inklusi keuangan di era sekarang ini, di mana jumlah orang yang memiliki telepon seluler melebihi jumlah orang yang memiliki rekening bank.

Director and Chief Commercial Officer Consumer XL Axiata David Arcelus Oses menambahkan, kerja sama ini strategis bagi perseroan karena selaras dengan agenda transformasi digital XL. ”Kerja sama yang saling menguntungkan ini juga merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi XL Axiata untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi. Kami yakin kerja sama ini akan memberikan akses untuk mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat,” katanya.

XL Axiata akan mendukung promosi di platform XL Axiata dan sebagai imbalannya, XL Axiata akan mendapatkan keuntungan tertentu termasuk hak untuk mendapatkan iklan baru di platform media MNC.

Yudi menambahkan, kerja sama dan kemitraan MotionBanking dan XL Axiata ini dilatar belakangi oleh perkembangan layanan financial technology terkini. Perseroan pun mengatakan, setidaknya ada tiga hal mengapa Bank MNC menggandeng XL Axiata.

Pertama, smartphone merupakan saluran penting untuk perbankan digital, bahkan, smartphone merupakan inti dari perbankan digital. Penetrasi internet dan smartphone yang lebih tinggi (73% dan 70%) dibandingkan dengan penetrasi perbankan (23% fully banked dan 26% underbanked) menjadikan XL Axiata mitra yang sempurna. Dengan tersedianya lebih dari 156.000 BTS mencakup 95% populasi di seluruh Indonesia, MotionBanking akan mampu menembus lebih dari 56 juta pengguna XL Axiata.

Kedua, masyarakat unbanked dengan smartphone akan memiliki akses ke layanan keuangan yang ditawarkan. Strategi ini juga akan memungkinkan MotionBanking untuk menawarkan berbagai produk dan layanan, termasuk fasilitas investasi dan kredit.

Ketiga, dengan bantuan analisis dan otomatisasi big data, XL Axiata dapat menjadi mesin untuk menyediakan personalisasi layanan keuangan sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan masing-masing pengguna. Bank MNC memperoleh akses ke kumpulan nasabah yang lebih besar sekaligus meningkatkan profil pinjaman dan memperkuat target pasarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sreeya Sewu Indonesia Akan Rights Issue 500 Juta Saham

PT Sreeya Sewu Indonesia Tbk (SIPD) berencana melangsungkan rights issue 500 juta saham dengan nilai nominal Rp 1.000 per saham.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Pasar SUN Menguat, Yield 10 Tahun Diprediksi Sentuh 6,5%

Harga Surat Utang Negara (SUN) diperkirakan melanjutkan penguatannya pekan ini dengan imbal hasil (yield) 10 tahun bergerak turun ke level 6,5-6,9%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BKI Sabet Human Capital & Performance Awards 2022

Penghargaan yang diraih BKI ini penting untuk pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Semeru Erupsi, Operasional Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh Normal

Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) mengalami erupsi disertai awan panas guguran (APG) mencapai 1.500 meter dan menyebabkan sejumlah gempa.

EKONOMI | 4 Desember 2022

GOTO Dilanda Aksi Jual Pascalock Up Dibuka, Saatnya Beli?

Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masuk dalam 10 deretan saham yang mengalami tekanan cukup besar pekan ini.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sreeya Sewu Indonesia Akan Rights Issue 500 Juta Saham

Sreeya Sewu Indonesia Akan Rights Issue 500 Juta Saham

EKONOMI | 47 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE