Logo BeritaSatu

Sandiaga Sebut Ekonomi Kreatif Indonesia Ada di Tiga Besar Dunia

Kamis, 12 Agustus 2021 | 14:55 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap produk domesti bruto (PDB) berada di posisi tiga besar dunia. Dari 17 subsektor ekonomi kreatif, Sandiaga mengatakan, tiga subsektor yang menjadi penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional, di antaranya kuliner, fesyen dan kriya.

“Kita sekarang sudah ada di posisi tiga dunia, setelah Amerika dengan Hollywood di posisi satu, kemudian Korea dengan K-pop di posisi kedua,” kata Sandiaga dalam Webinar Katadata "Menumbuhkan Ekonomi Kreatif untuk UMKM Indonesia", Kamis (12/8/2021).

Produk-produk yang dihasilkan oleh sebagian besar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia menyumbang sebesar Rp 1.100 Triliun terhadap PDB Indonesia sepanjang tahun 2020.

Pencapaian tersebut diyakini Sandiaga sebagai bukti bahwa sektor ekonomi kreatif mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan kita bisa terus memberikan pendampingan dan fasilitasi kepada para pelaku UMKM , agar mereka bukan hanya bisa bertahan tapi juga mampu untuk menangkap peluang dan menjadi pemenang,” kata dia.

Kemparekraf dikatakannya menyiapkan berbagai program untuk membantu pelaku UMKM dalam memajukan usahanya, sehingga tidak semakin terpuruk di tengah pandemi. Program tersebut di antaranya, program pelatihan untuk berjualan online, pelatihan untuk menciptakan konten kreatif sebagai sarana promosi usaha, dan pelatihan dalam membuat kemasan produk yang menarik untuk meningkatkan nilai tambah.

“Program seperti bedah desain kemasan kuliner dan bedah gerai kuliner juga terus kita lakukan untuk membantu para UMKM meningkatkan nilai tambah usahanya,” ujarnya.

Selain itu, Kemparekraf juga memberikan bantuan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif melalui program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2021. Program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan produksi ekonomi kreatif. Total anggaran program BIP sebesar Rp 60 miliar akan diberikan kepada enam subsektor ekonomi kreatif. Penerimanya meliputi aplikasi digital, pengembangan permainan, fesyen, kriya, kuliner, film, dan sektor pariwisata.

Sandiaga menilai, program BIP 2021 dapat menjadi terobosan untuk menjaring lebih banyak usaha-usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mampu menciptakan geliat baru dunia usaha.

“Saya juga berharap ekonomi kreatif akan menjadi tulang punggung dari kebangkitan ekonomi Indonesia dan UMKM akan menjadi lokomotifnya,” kata dia.

Sementara itu, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM) juga menyiapkan beberapa program utama yang menjadi solusi dalam membantu para pelaku UMKM naik kelas. Pertama,program transformasi dari informal ke formal. Kedua, transformasi pemanfaatan inovasi dan digital, dan yang ketiga transformasi UMKM untuk masuk ke dalam rantai pasok baik lokal maupun global.

“Kita mendorong seluruh usaha mikro untuk bertransformasi menjadi formal melalui pendaftaran perizinan dan lainsebagainya, terutama dengan cara yang paling mudah dan gratis yakni pendaftaran nomor izin berusaha (NIB) yang bertujuan untuk memformalkan usaha mereka,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya

Selain itu, Kemkop UKM juga memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM melalui program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021. Program BPUM ini menargetkan 12,8 juta pelaku UMKM di Indonesia. Tahun ini, dana yang akan diberikan kepada masing-masing pelaku UMKM adalah Rp 1,2 juta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kebijakan 40% Belanja Produk Lokal Ciptakan 2 Juta Lapangan Kerja Baru

Kebijakan penggunaan minimal 40% anggaran pengadaan barang dan jasa di kementerian/lembaga  dapat menyerap sekitar 2 juta lapangan kerja baru.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Ekonomi Mulai Pulih, Industri BPR-BPRS Punya Prospek Baik

Pada triwulan I-2022, kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) tetap terjaga.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Forum B-20 Indonesia Bahas Masa Depan Pendidikan dan Pekerjaan di Era Digital

Kadin sebagai penyelenggara Presidensi B-20 Indonesia menggelar forum diskusi virtual terkait masa depan pendidikan dan pekerjaan di era digitalisasi.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Q-1 2022, Realisasi Capex Telkom Baru 16% dari Target

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menyiapkan anggaran capital expenditure (capex) Rp 40 triliun pada tahun ini.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Dear Milenial, Kenali Aset Kripto Sebelum Berinvestasi

Great Edu ajak milenial mengenali seluk beluk aset kripto dengan menggulirkan online talkshow "Investasi Kripto, Mulai Darimana?", Sabtu (25/5/2022).

EKONOMI | 28 Mei 2022

Rusia Pertimbangkan Kripto untuk Pembayaran Internasional

Rusia sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan mata uang kripto digunakan untuk pembayaran internasional. Diskusi telah berlangsung berbulan-bulan.

EKONOMI | 28 Mei 2022

WIR Asia Pamer Teknologi Metaverse Pendidikan di WEF 2022

PT WIR Asia Tbk (WIRG) ternyata sudah tiga kali berpartisipasi di ajang World Economic Forum (WEF), terkini di Davos, Swiss, 23-26 Mei 2022.

EKONOMI | 28 Mei 2022

ICSA Targetkan Anggotanya Mencapai 450 Orang Akhir Tahun

Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) optimistis anggotanya bakal bertambah menjadi 450 orang pada akhir 2022.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Bursa Eropa Menutup Pekan Ini dengan Positif, Stoxx Naik 1%

Bursa Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Jumat (27/5/2022). Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,42%, DAX Jerman naik 1,62%, FTSE Inggris naik 0,27%.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Memasuki Musim Panas, Harga Minyak Mentah Terus Naik

Minyak mentah Brent naik $2,03, atau 1,7%, menjadi US$ 119,43. Minyak mentah WTI AS naik 98 sen, atau 0,9%, menjadi US$ 115,07 per barel.

EKONOMI | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sepertiga Musim MotoGP Terlewati, ini yang Perlu Anda Tahu

Sepertiga Musim MotoGP Terlewati, ini yang Perlu Anda Tahu

SPORT | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings