Logo BeritaSatu

Literasi Rendah, Potensi Wakaf Uang Belum Tergarap Optimal

Jumat, 13 Agustus 2021 | 11:51 WIB
Oleh : Herman / JEM

Jakarta, Beritasatu.comWakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan, wakaf memiliki peran penting tidak hanya sebagai sarana beribadah, tetapi juga sebagai dana abadi umat untuk mewujudkan kesejahteraan sosial, sekaligus mendorong pertumbuhan negara.

Sayangnya, literasi wakaf di Indonesia masih tergolong rendah. Nilai indeks literasi wakaf (ILW) secara nasional secara keseluruhan mendapatkan skor 50,48 yang masuk dalam kategori rendah, terdiri dari nilai literasi pemahaman wakaf dasar sebesar 57,67 dan nilai literasi pemahaman wakaf lanjutan sebesar 37,97.

Advertisement

Kondisi ini membuat adanya potensi wakaf yang besar tidak bisa digarap dengan optimal. Menurut Badan Wakaf Indonesia (BWI), potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp 180 triliun. Sementara itu berdasarkan data BWI hingga 20 Januari 2021, akumulasi wakaf berupa uang baru sebesar Rp 819,36 miliar.

“Rendahnya literasi masyarakat terhadap wakaf tidak hanya berdampak pada realisasi wakaf, namun juga menimbulkan persepsi yang keliru tentang wakaf. Sebagian besar persepsinya masih bersifat tradisional, hanya berorientasi pada aset seperti tanah, gedung dan lain-lain, sehingga hanya dilakukan oleh golongan orang tua dan berada,” kata Ma'ruf Amin dalam webinar Gerakan Sadar Wakaf, Jumat (13/8/2021).

Wapres menyampaikan, saat ini wakaf bisa dilakukan dengan uang yang dinilai lebih produktif dan memiliki nilai ekonomi, serta memudahkan siapa saja untuk berwakaf. Gerakan Nasional Wakaf Uang juga telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada 15 Januari 2021.

Sebagai optimalisasi gerakan wakaf berkelanjutan, Wapres mengatakan setidaknya ada tiga hal utama yang harus menjadi perhatian utama. Pertama, perlunya peningkatan literasi wakaf pada masyarakat. Perlu dipahami bahwa wakaf bersumber dari masyarakat dan akan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat.

Kedua, perlunya teknologi digital untuk pengelolaan wakaf, agar masyarakat yang ingin berwakaf bisa mendapatkan kemudahan dan juga lebih transparan serta terjaga akuntabilitasnya. Ketiga, perlunya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang wakaf.

“Pengelolaan wakaf harus ditangani oleh SDM yang memiliki kompetensi khusus di bidang wakaf, dan pengelolaan wakaf merupakan pekerjaan utama, bukan pekerjaan sampingan,” kata Ma'ruf Amin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dituduh Manipulasi Saham, Orang Terkaya Asia Ini Kehilangan Rp 700 T

Aset orang terkaya di Asia Gautam Adani jatuh lebih dari US$ 50 miliar setelah dituduh memanipulasi saham oleh Hindenburg Research.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Simak, Tips Main Aman Investasi Kripto

Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif di sepanjang Januari 2023 ini, setelah sempat turun beberapa waktu lalu.

EKONOMI | 29 Januari 2023

Minyakita Langka, Mendag Janji Perbaiki Jalur Distribusi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berjanji akan memperbaiki sistem distribusi sehingga Minyakita tidak mahal.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Mendag: Minyakita Tak Stop Produksi, tetapi Laris di Pasar

Zulkifli Hasan menepis isu yang beredar soal kelangkaan pasokan dan berhentinya minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Volatilitas Tinggi, Dana Kelolaan Ashmore AM Merosot 5%

PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) mencatat dana kelolaan investasi (asset under management/AUM) turun 5%.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Ayooservis Tawarkan Perbaikan Produk Teknologi Informasi

Ayooservis bagian dari Airmas Group menyasar pelanggan pemerintah dan korporasi untuk jasa perbaikan produk teknologi informasi

EKONOMI | 28 Januari 2023

Minyakita Langka di Pasaran, Harga Minyak Goreng Melonjak

Minyak goreng (migor) bersubsidi dengan merek Minyakita yang dirilis pemerintah beberapa waktu lalu kian langka di Purwakarta.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Percepat Pemulihan Ekonomi, SBN Ritel Pilihan Tepat saat Suku Bunga Naik

Surat Berharga Negara (SBN) Ritel menjadi pilihan tepat investasi saat suku bunga terus menaik atau menanjak seperti sekarang.

EKONOMI | 28 Januari 2023

BEI Akan Rilis Papan Pemantauan Khusus Saham Tidak Likuid

BEI segera meluncurkan papan pemantauan khusus khusus hybrid untuk saham-saham tidak likuid dengan metode periodik call auction.

EKONOMI | 28 Januari 2023

Cek Harga Kebutuhan Pokok, Mendag Zulkifli Hasan Traktir Warga Berbelanja

Mendag Zulkifli Hasan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

EKONOMI | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bus Persis Dilempari Batu Oknum Suporter, Persita Minta Maaf

Bus Persis Dilempari Batu Oknum Suporter, Persita Minta Maaf

BOLA | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE