Logo BeritaSatu

Roadmap Making Indonesia 4.0 untuk Atasi Kekurangan Teknologi Pintar Manufaktur

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:19 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Peluncuran roadmap “Making Indonesia 4.0” merupakan upaya untuk menempatkan Indonesia dalam daftar sepuluh negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada 2030. Sektor manufaktur pun menjadi target dari peluncuran roadmap mengingat industri ini sangat tangguh bahkan terhadap pandemi, namun kurangnya penyedia teknologi pintar di Indonesia menjadi tantangan nyata.

Komisaris Perdagangan Selandia Baru untuk Indonesia, Diana Permana mengatakan sebagai lembaga pengembangan bisnis internasional Selandia Baru, New Zealand Trade and Enterprise (NZTE) berkomitmen mendukung perkembangan Industri 4.0 di Indonesia. “Industry 4.0 Demonstration Network merupakan platform pelatihan yang sangat baik untuk mempercepat adopsi teknologi pintar di Indonesia. Platform ini akan membuka akses bagi manufaktur Indonesia ke berbagai penyedia teknologi terkemuka internasional dari Selandia Baru,” ujar Diana dalam siaran pers, Kamis (12/8).

Dia menambahkan bahwa Selandia Baru telah mengalokasikan NZ$ 6,8 juta untuk mendanai platform Industry 4.0 Demonstration Network. Hal ini merupakan inisiatif pemerintah guna mendorong bisnis global menerapkan teknologi digital yang meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan daya saing industri manufaktur.

Sebagai informasi, Industry 4.0 Demonstration Network melibatkan kemitraan antara konsultan teknik dan teknologi terkemuka Selandia Baru, Beca, entitas negara Callaghan Innovation, dan Employers and Manufacturers Association (EMA). Platform ini terdiri dari mobile showcase, kunjungan lapangan, dan kunjungan pabrik pintar.

“4.0 Demonstration Network menyediakan roadmap bagi perusahaan untuk menggali potensi pengaplikasian dari berbagai teknologi pintar. Beca merupakan badan yang memimpin proyek mobile showcase tersebut. Kami mengedukasi manufaktur dengan berbagai studi kasus yang sukses dalam transformasi Industri 4.0 dari perusahaan-perusahaan Selandia Baru. Manufaktur dapat memahami bagaimana memanfaatkan data intelijen dan alat analitik real-time untuk memaksimalkan operasi,” kata Digital Engineer Beca, Elise Salt.

Country Manager Indonesia untuk Beca, Andrew Kelman mengungkapkan salah satu tantangan dalam penerapan Industri 4.0 yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia adalah kurangnya strategi dan perencanaan. Industry 4.0 Demonstration Network membantu perusahaan dalam menyusun strategi implementasi Industri 4.0 mereka, dan memanfaatkan teknologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan untuk mencapai hasil yang diinginkan oleh masing-masing perusahaan.

Dalam mengimplementasikan Industri 4.0, perusahaan perlu mengembangkan strategi implementasi berdasarkan kebutuhan masing-masing dan memperoleh referensi dari pabrik Industri 4.0 yang sudah berjalan. Industry 4.0 Network terdiri dari mobile showcase, kunjungan lapangan, tur pabrik pintar, dan Industri 4.0 Centre.

Mobile showcase sendiri mencakup garis besar dari teknologi Industri 4.0, peningkatan produktivitas, jaminan kualitas, pemeliharaan yang berkualitas dan efisien, serta peningkatan pengambilan keputusan belanja modal. Hal ini melibatkan teknologi analitik data, pemodelan dan simulasi, robot canggih, Augmented Reality (AR) & Virtual Reality (VR), digital twins, Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML), additive maufacturing atau pencetakan 3D, dan Internet of Things (IoT).

“Manufaktur dapat memperoleh informasi kritikal tentang kinerja pabrik mereka dengan menggunakan sensor, drone, dan berbagai sumber lain untuk memperoleh data secara real-time. Alat digital yang kuat seperti Machine Learning berbasis AI akan memproses dan menganalisa data yang dikumpulkan. Akses terhadap pengkajian yang akurat tersedia melalui platform Software-as-Service (SaaS) yang terintegrasi dan mobile. Hasilnya, manufaktur dapat mendeteksi anomali operasional dan mengoptimalkan energi, kenyamanan, dan pemeliharaan,” jelas Kelman.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, manufaktur dapat membangun Digital Twin. Digital Twin adalah representasi virtual dengan ketelitian tinggi dari pabrik manufaktur dengan tampilan dan perilaku yang sama. Model digital ini terhubung dengan pabrik aslinya untuk memantau, menganalisa, dan meningkatkan kinerja dan pengambilan keputusan.

“Manufaktur dapat menjalankan simulasi untuk menjalankan apa yang ada pada skenario real-world potensial dalam lingkungan berisiko rendah dan berbiaya rendah. Model tersebut beroperasi menggunakan data dari masa lalu, sekarang, dan masa depan. Ini memungkinkan pemodelan yang komperhensif dari keseluruhan sistem, seperti jaringan aset, logistik produksi, dan utilitas pabrik,” tambah Salt.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Indef: Tahun Politik Berpotensi Ganggu Stabilitas Ekonomi

Tauhid memperingatkan tahun politik dan gejolak global di tahun depan berpotensi mengganggu stabilitas ekonomi dalam negeri.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BEI: Papan Ekonomi Baru Setara dengan Papan Utama

Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan papan ekonomi baru yang setara dengan papan utama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BEI: BELI, BUKA, GOTO Masuk Papan Ekonomi Baru

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan BELI, BUKA, dan GOTO masuk papan ekonomi baru yang sejajar dengan papan utama.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cegah Penyalahgunaan, Pakar: Awasi Distribusi Fentanyl

Cegah Penyalahgunaan, Pakar: Awasi Distribusi Fentanyl

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE