Logo BeritaSatu

HUT Ke-76-RI, Tiga Pembangunan Ruas Tol dan Satu Jalan Lingkar Rampung

Selasa, 17 Agustus 2021 | 05:32 WIB
Oleh : Indah Handayani / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Menyambut HUT ke-76 RI, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) telah merampungkan pembangunan tiga ruas jalan tol baru sepanjang 69 kilometer (km) dan satu jalan lingkar sepanjang 17,4 km di sejumlah provinsi. Empat ruas jalan tersebut siap beroperasi guna meningkatkan konektivitas dan kelancaran lalu lintas dan logistik untuk mendorong tumbuhnya pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Menpupera Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk nasional. Penyelesaian pembangunan tiga ruas jalan tol dan jalan lingkar yang bertepatan dengan momentum Dirgahayu ke-76 RI merupakan bukti bahwa pemerintah bersama pelaku industri jasa konstruksi terus bekerja di tengah pandemi Covid-19.

“Kami meyakini bahwa infrastruktur adalah salah satu pilar Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh. Kami berharap bahwa sektor konstruksi dapat menjadi salah satu solusi menjaga pertumbuhan ekonomi," kata Menteri Basuki dalam keterangan pers, Senin (16/8/2021).

Menteri Basuki menegaskan pembangunan infrastruktur terus dilanjutkan sesuai visi dan misi Presiden Jokowi untuk mewujudkan Indonesia Maju, sehingga tidak hanya mendorong perkembangan ekonomi di kawasan perkotaan dan kawasan maju lainnya, tetapi infrastruktur di kawasan sedang berkembang dan perbatasan sehingga bisa mengurangi disparitas sosial, ekonomi, dan wilayah.

Ruas jalan tol pertama yang siap diresmikan pengoperasiannya adalah bagian dari jalan tol pertama di Pulaul Kalimantan, yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi I ruas Balikpapan – Samboja (22 Km) dan Seksi V ruas Sepinggan - Balikpapan (11,1 Km). Dua ruas tersebut merupakan titik krusial untuk operasi penuh Tol Balsam yang seksi II, III, dan IV telah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2019.

Dengan beroperasinya ruas tol Balsam secara utuh, diharapkan dapat memangkas biaya logistik barang dan jasa serta waktu tempuh antar Balikpapan-Samarinda dari semula sekitar 3 jam menjadi hanya 1 jam. Dari lima seksi ruas tol, Kempupera dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan dukungan pembangunan konstruksi di Seksi I dan Seksi V yang bertujuan meningkatkan kelayakan finansial ruas tol tersebut.

Jalan Tol Balsam juga menjadi akses menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan.

Ruas tol kedua yang siap diresmikan adalah Tol Serang – Panimbang Seksi I sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang – Rangkasbitung. Pembangunan Tol Serang – Panimbang (83,67 km) yang terdiri dari tiga seksi tersebut dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Untuk Seksi I-II menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang dan Seksi III porsi pemerintah. Kehadiran Tol Serang-Panimbang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan seperti dari Jakarta menuju kawasan pariwisata Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 4 - 5 jam menjadi sekitar 2 - 3 jam dengan kecepatan rata-rata 100 km per jam, sehingga mendukung pengembangan ekonomi Wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan dengan Banten Utara.

Ruas tol ketiga yang siap diresmikan pengoperasiannya adalah Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading - Pulo Gebang sepanjang 9,3 km. Seksi Kelapa Gading - Pulo Gebang akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol JORR Seksi E menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok. Seksi ini merupakan bagian dari pembangunan tahap 1 Jalan Tol Layang Dalam Kota dengan investasi yang dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO).

Selain jalan tol, terdapat satu ruas jalan nasional yang siap diresmikan yakni Jalan Lingkar Brebes – Tegal di Provinsi Jawa Tengah sepanjang 17,4 km untuk mendukung konektivitas dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah Brebes dan Tegal yang merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi wilayah di koridor Tol Trans Jawa di sekitar Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah.

Pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal menggunakan APBN Kempupera yang dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk sejak Desember 2019. Keberadaan jalan ini diharapkan juga mendukung kelancaran arus lalu lintas di Kota Brebes pada khususnya, karena Jalur pantura yang masuk dalam Kota Brebes akan memiliki jalur alternatif, sehingga jalan dalam kota lebih awet karena tidak dilintasi kendaraan besar serta dapat menekan angka kecelakaan di Jalan Nasional Kota Brebes.

Mengenai waktu peresmian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kempupera Endra S. Atmawidjaja menegaskan akan menyesuaikan dengan jadwal yang diberikan Istana. "Intinya kami siap. Semoga bisa menjadi kado dalam rangkaian peringatan HUT ke-76 RI. Sertifikat Laik Operasi sudah terbit," tutup Endra.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Puan Maharani Dorong Pemerintah Stabilkan Kebutuhan Pokok

Ketua DPR Puan Maharani mendorong pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok sebelum menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

EKONOMI | 17 Mei 2022

PLN Bangun Gardu Induk Digital di Teluk Naga Tangerang

PLN kini membangun 2 infrastruktur ketenagalistrikan, yaitu Gardu Induk Digital (GID) 150 kV Teluk Naga Tangerang.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Bahlil: Presiden Punyai Jurus Khusus Taklukkan Elon Musk

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis CEO Tesla Elon Musk akan merealisasikan investasinya di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Momentum Pertumbuhan Ekonomi Selama Lebaran Harus Dijaga

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi perlu jaga daya beli masyarakat yang menggeliat saat Lebaran.

EKONOMI | 17 Mei 2022

B20 Sustainability 4.0 Awards Dorong Praktik Keberlanjutan

B20 Sustainability 4.0 Awards untuk pertama kalinya akan digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Pemerintah Gandeng Pelaku Usaha Luncurkan MigorRakyat

Kemendag dan Kementerian BUMN menggandeng pelaku usaha minyak goreng  pada peluncuran program MigorRakyat.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Gaet Investasi Tesla, Ini PR Besar yang Harus Diselesaikan

Meski Presiden Jokowi sudah bertemu langsung dengan CEO Tesla Elon Musk, tidak ada jaminan Tesla segera merealisasikan investasinya di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Startup Manuva Digitalisasi Manufaktur UMKM Indonesia

Startup Manuva yang sebelumnya bernama Tjetak kini memperluas solusi bisnisnya untuk mendigitalisasi manufaktur UMKM dari hulu ke hilir.

EKONOMI | 17 Mei 2022

GreenWavex Perbanyak Instrumen Saham Global dan Lokal

GreenWave Exchange menambah daftar instrumen investasi saham yang bisa dipilih para investor di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Pengembang Properti Gelar Flash Sale di IPEX 2022, Cek

Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) akan menggelar promo menarik melalui acara flash sale yang melibatkan sejumlah pengembang properti.

EKONOMI | 17 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings