Logo BeritaSatu

Ekspansi Pasar Indonesia, RaRa Delivery Raih Pendanaan US$ 3,25 Juta

Kamis, 19 Agustus 2021 | 06:06 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - RaRa Delivery, startup pengiriman instan, meraih pendanaan US$ 3,25 juta yang dipimpin Surge dari Sequoia Capital India dan East Ventures dari Indonesia. RaRa Delivery satu-satunya perusahaan logistik last-mile di Asia Tenggara yang merevolusionerkan pengiriman 1-3 jam untuk e-commerce melalui pendekatan berbasis data dan teknologi.

"Perusahaan memiliki misi mengubah semua pengiriman di Indonesia menjadi instan dan same day," kata Founder & CEO, RaRa Delivery Karan Bhardwaj dalam keterangan tertulisnya Kamis (18/8/2021).

Di era serba cepat seperti sekarang, Rara Delivery merevolusionerkan logistik yang memungkinkan pengiriman sampai dalam waktu beberapa jam untuk semua orang dimana pun di Indonesia. "Di saat pengiriman ekspres telah berkembang pesat di sejumlah sektor seperti bahan makanan dan perawatan kesehatan, kami melihat peluang unik meningkatkan penawaran ini di semua kategori karena kematangan sektor e-commerce Indonesia,” jelas dia.

Di Indonesia, selera konsumen untuk pengiriman cepat telah meningkat. Mereka bersedia membayar lebih mahal untuk hal tersebut. Data menyebutkan pasar pengiriman same day diperkirakan tumbuh 30%, dengan total 4,5 juta paket per hari pada 2023. Adapun biaya logistik premium untuk layanan pengiriman same day diproyeksikan meningkat menjadi Rp 65 triliun pada tahun 2023, naik dari Rp 4,4 triliun pada 2018. "Tantangan e-commerce di negara besar dan padat penduduk seperti Indonesia adalah bagaimana membangun teknologi dan infrastruktur untuk memecahkan masalah pengiriman cepat dan terukur dengan biaya paling optimal," kata dia.

Dia mengatakan RaRa Delivery berupaya mewujudkan pengiriman cepat dengan memanfaatkan model operasi yang berbeda dan teknologi pengelompokan (batching) data secara real time. Di saat perusahaan lain dengan infrastruktur logistik ekspres fokus pada pengiriman 'satu titik-ke-satu titik' (point-to-point), RaRa Delivery telah mengembangkan teknologi pengelompokan real-time eksklusif untuk melakukan pengiriman 'banyak titik- ke-banyak titik' (many-to-many) hanya dalam beberapa jam, sehingga pada akhirnya biaya pengiriman dapat ditekan secara optimal. Pada saat yang sama, para kurir juga dapat menghasilkan uang lebih banyak dalam waktu dan jarak tempuh yang lebih sedikit. “Melalui Smart Batching System dan tim kurir berdedikasi, visi kami menciptakan ekosistem yang memungkinkan pasar dan penjual e-commerce memberikan pengalaman premium kepada konsumennya, mulai dari Indonesia," kata Bhardwaj.

RaRa Delivery yang didirikan di Singapura pada bulan Juli 2019 telah melayani pemain grosir seperti Sayurbox dan perusahaan teknologi kesehatan Alodokter sebagai pelanggan utama. Pelanggan lain yang menggunakan RaRa Delivery adalah Blibli, Kopi Kenangan, Merchant Grab, dan brand besar lainnya. Perusahaan ini telah meningkatkan volume order hariannya menjadi 15 kali lipat selama setahun terakhir

RaRa Delivery juga merupakan salah satu dari sedikit bisnis di Indonesia yang melakukan rekonsiliasi cash on delivery (COD) secara real-time melalui satu platform online.

"RaRa Delivery sudah menjadi partner pengiriman terpercaya kami sejak peluncuran Cerita Roti pada bulan November 2020. Saat ini, kolaborasi dengan RaRa memungkinkan kami untuk menyediakan roti-roti berkualitas untuk pelanggan kami melalui outlet Kopi Kenangan di Jabodetabek," ujar VP Kopi Kenangan, Jack Siah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Turun ke US$ 76 karena Penguatan Dolar

Harga minyak Brent berjangka untuk pengiriman November turun 2,1% menjadi US$ 84,32 per barel.

EKONOMI | 27 September 2022

LPKR Terapkan Strategi Keberlanjutan Pengelolaan Energi dan Air

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menerapkan strategi keberlanjutan pengelolaan energi dan air di sejumlah aset yang dikelola.

EKONOMI | 27 September 2022

Aksi Jual IHSG Terbatas, Simak BBNI, ADRO, PGAS, dan TLKM

IHSG berada di tren bullish selama berada di atas 7.148 dan indeks ditutup di bawah 5 day MA (7.182).

EKONOMI | 27 September 2022

Manfaatkan Tren, LPCK Pacu Rumah Tapak, Township, dan Logistik

PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) berfokus pada beberapa strategi merespons pertumbuhan rumah tapak, township, dan logistik menjadi tren properti. 

EKONOMI | 27 September 2022

Pertumbuhan Kredit Topang Kenaikan Laba Bank Ina 128%

PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA) membukukan laba bersih sebesar Rp 52,907 miliar sepanjang semester I 2022, atau melonjak 128%.

EKONOMI | 27 September 2022

Terapkan Teknologi AI, Sicepat Ekspres Diapresiasi

Penerapan teknologi IVR dan AI pada sistem contact center membawa perusahaan ekspedisi SiCepat Ekspres meraih The Best Technology Innovation.

EKONOMI | 27 September 2022

S&P 500 Catat Level Terendah di 2022, Bursa AS Terkapar

S&P 500 mencatat penutupan terendah baru untuk 2022 dan Dow Jones Industrial Average tergelincir ke pasar bearish (pelemahan).

EKONOMI | 27 September 2022

Khofifah Tegaskan Pentingnya Satu Data Pembangunan

Menurut Khofifah, dengan adanya satu data, maka pengambilan kebijakan pembangunan di Jawa Timur lebih tepat sasaran.

EKONOMI | 27 September 2022

Bursa Eropa Turun, Sterling ke Level Terendah Bersejarah

Pan-European Stoxx 600 di bursa Eropa turun 0,4%, setelah sebelumnya jatuh lebih dari 0,8%.

EKONOMI | 27 September 2022

Hingga Agustus, Belanja Kompensasi dan Subsidi Rp 244,6 T

Kemenkeu mengungkapkan realisasi belanja kompensasi dan subsidi hingga akhir Agustus 2022 mencapai Rp 244,6 triliun.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wapres AS Kamala Harris Hadiri Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

Wapres AS Kamala Harris Hadiri Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings