Logo BeritaSatu

Bisnis Logistik Cerah, Trawlbens Gencar Gandeng Mitra Bisnis

Jumat, 20 Agustus 2021 | 15:12 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Di tengah pandemi Covid-19, bisnis logistik makin bersinar dan prospektif sejalan penggunaan layanan e-commerce dan marketplace. Untuk itu perusahaan jasa ekspedisi Trawlbens gencar menggandeng mitra bisnis strategis.

“Sektor logistik di Indonesia sangat menjanjikan sebagai peluang bisnis,” ujar Pendiri sekaligus CEO Trawlbens Beni Syarifudin dalam keterangam tertulisnya Jumat (20/6/2021).

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) memaparkan bahwa pasar bisnis logistik pada 2020 tumbuh 30% mencapai Rp 40 triliun.

Beni menekankan bahwa untuk sukses di bisnis logistik dibutuhkan kemampuan mengelola dan membentuk jaringan di samping modal besar. Para pemain logistik harus bisa memberikan efisiensi, visibilitas, dan konektifitas yang berkelanjutan (sustainable). Tujuannya, agar mereka dapat menjawab tantangan dan mengambil peluang bisnis. "Trawlbens telah membuktikan bagaimana jaringan menjadi salah satu faktor penting keberhasilan dalam mengembangkan bisnis logistik," kata dia.

Faktor lainnya terkait tarif yang kompetitif dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi terutama untuk bermain di e-commerce dan marketplace yang memberikan kontribusi 50% bagi pendapatan bisnis logistik.

Saat ini, Trawlbens sudah menjalin 50 sampai 60 mitra bisnis strategis yang tersebar di kawasan Jabodetabek. Nilai bisnis TrawlBens mencatatkan pertumbuhan signifikan dibanding tahun lalu.

Trawlbens telah meningkatkan kemampuan aplikasi digitalnya di apps Trawlbens untuk memudahkan konsumen pengguna jasa logistik. Di dalam aplikasi tersebut konsumen bisa memaksimalkan fitur layanan pengiriman atau perpindahan barang ke seluruh Indonesia dengan tarif kompetitif.

“Saya ingin TrawlBens menjadi penggerak ekonomi Indonesia melalui revolusi logistik. Trawlbens akan menghubungkan kegiatan bisnis seluruh masyarakat di Indonesia secara luas, aman, efektif dan efisien dengan tarif kompetiti untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Ada lima kemitraan yang dikembangkan Trawlbens yakni mitra bisnis, mitra space, mitra pool warehouse, mitra kurir motor dan mitra transporter mobil. Untuk masing-masing kemitraan, Beni memberi jaminan bahwa semuanya akan memberikan keuntungan bagi partner bisnis Trawlbens.

Mitra bisnis TrawlBens hanya perlu menyiapkan tempat sebagai kantor dan penyimpanan barang serta armada untuk mengirimkan barang. Tempat tersebut harus memiliki akses jalan dua lajur yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Mitra akan bertanggung jawab dalam menerima dan mengirim barang kepada customer di wilayah setempat.

Bagi mitra yang memiliki garasi rumah atau kios di pinggir jalan, bisa memilih menjadi mitra space. Mitra tidak perlu mencari customer karena TrawlBens akan membantu mendapatkan customer. Untuk mitra space ini, mereka akan menerima barang dari mitra kurir motor TrawlBens. Kemudian barang yang datang ditimbang dan diukur secara aktual serta melakukan packing barang yang akan dikirimkan. “Trawlbens tengah menjalin penandatanganan kerja sama dengan mitra bisnis baru baik perorangan maupun kelompok hingga September tahun ini,” pungkas Beni.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bulog Serap Stok Beras di Penggilingan, Tidak Jadi Impor?

Perum Bulog telah melakukan penyerapan beras dari berbagai wilayah berdasarkan data yang disampaikan Kementerian Pertanian (Kementan).

EKONOMI | 2 Desember 2022

Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

Pupuk Indonesia menggandeng Pertamina mengembangkan Toko Pe-i untuk penjualan pupuk nonsubsidi bekerja sama dengan para mitra Pertashop.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Investor Kripto Masih Ragu-ragu, Bitcoin Gagal Tembus US$ 17.100

Laju pasar kripto kembali terpantau melemah pada Jumat (2/12/2022). Padahal bitcoin dan kripto lainnya telah mengalami kenaikan beruntun tiga hari terakhir.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Airlangga kepada Pengusaha: Kenaikan UMP ini yang Pertama dalam 3 Tahun

“Ingat, kenaikan upah (UMP 2023) ini yang pertama dari tiga tahun, tidak terjadi dalam dua tahun terakhir," kata Airlangga Hartarto. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kompak Se-Asia, IHSG Sesi I Ditutup Melemah

IHSG ditutup melemah 32,58 poin (0,46%) ke level 6.988,21. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 6.967 – 7.021.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Penuhi Cadangan Beras Pemerintah, Bulog Mulai Serap Beras

Perum Bulog telah melakukan penyerapan beras dari berbagai wilayah berdasarkan data yang disampaikan Kementan pada 30 November 2022 lalu.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Tembus Rp 30.000, Telur Pecah Tetap Diburu Pembeli

Harga telur ayam ras di Pasar Grogol, Jakarta Barat, mengalami kenaikan cukup tinggi mencapai Rp 32.000 per kilogramnya dari harga Rp 30.000 per kilogramnya.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Dampak Gempa Cianjur dan Nataru, Harga Telur di Bekasi Naik 18%

Kenaikan harga telur ayam akibat faktor cuaca dan musibah gempa Cianjur. Sebab Cianjur menjadi wilayah pemasok telur ayam untuk wilayah Jabodetabek.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Harga Telur Naik, Omzet Pedagang di Karawang Turun 20%

Harga telur ayam di Pasar Baru Karawang, Jawa Barat, mengalami kenaikan. Hal ini menyebabkan penurunan omzet para pedagang telur ayam hingga 20%.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Bos BI Ungkap 5 Masalah Global Perlu Diwaspadai Tahun Depan

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengungkapkan terdapat lima masalah global yang patut diwaspadai hingga tahun 2023.

EKONOMI | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bocoran Pertanyaan di <em>Fit and Proper Test</em> Calon Panglima TNI Yudo Margono

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE