Logo BeritaSatu

MTI Tegaskan Penyesuaian Tarif Tol Merupakan Hal yang Wajar

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 14:49 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan, secara umum masyarakat memilih untuk menggunakan jalan tol ketika sedang melakukan perjalanan jarak jauh.

"Jalan tol efektif dalam memangkas waktu perjalanan. Jika moda transportasi udara sedang tidak memungkinkan, masyarakat akan memilih menggunakan jalan tol. Pengguna jalan yang sudah terbiasa menggunakan jalan tol tidak akan beralih meski diadakan penyesuaian tarif,” kata Djoko dalam keterangan persnya, Sabtu (21/8/2021).

Djoko Setijowarno menjelaskan, ruas tol Pemalang-Batang berkontribusi dalam mempersingkat waktu perjalanan Trans Jawa, terutama dari Jawa Tengah menuju DKI Jakarta dan Jawa Barat. "Dengan adanya ruas tol, waktu perjalanan darat dari Semarang menuju Jakarta dapat dipangkas menjadi kurang dari 6 jam,” jelasnya.

Djoko menegaskan, penyesuaian tarif tol merupakan hal yang wajar dan merupakan amanat dalam Undang-undang (UU). Penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali mengikuti laju inflasi.

Selain itu, lanjut dia, penyesuaian tarif diperlukan dalam rangka meningkatkan kemampuan BUJT untuk memenuhi SPM kepada para pengguna jalan. Terlebih, kendaraan over dimension overload (ODOL) yang melintasi jalan tol menjadi salah satu hal yang cukup memberatkan bagi BUJT.

“Peningkatan Kendaran ODOL yang melintasi ruas tol membebani operasional BUJT akibat bertambahnya tingkat kerusakan jalan,” tegasnya.

Direktur Utama PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PT Waskita Toll Road (WTR) yang mengelola ruas tol Pemalang-Batang, Supriyono menyatakan, pemenuhan SPM dilakukan untuk memastikan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan pengguna jalan selalu terjaga.

"Kegiatan pemenuhan SPM yang sudah dilakukan antara lain monitoring kondisi jalan tol secara berkala, melakukan perbaikan jalanan yang berlubang atau retak, serta memotong rumput di sekitar ruas tol untuk menjaga kerapihan dan keindahan ruas,” jelas Supriyono.

Selain itu, PBTR juga turut memberdayakan UMKM sekitar untuk dapat menjual produk-produknya di rest area. "Kami berharap, ruas tol ini dapat menjadi wadah bagi UMKM sekitar untuk mengembangkan usahanya agar dapat meningkatkan perekonomian di Pemalang hingga Batang,” tambah Supriyono.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Meski Biaya Tinggi, Penerbitan Obligasi 2023 Tetap Marak

Di tengah era suku bunga tinggi yang memicu kenaikan cost of fund (beban biaya), penerbitan obligasi korporasi pada tahun 2023 tetap marak.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Bapanas Pastikan Cadangan Beras Pemerintah Tersedia

Pemerintah secara penuh menjamin dan memastikan ketersediaan beras di masyarakat secara berkelanjutan dengan mengamankan stok dan kesiapan CPP.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Dekati Rp 1.600 T, Penerimaan Pajak Sudah 106% dari Target

Capaian penerimaan pajak yang baik ini didukung kinerja ekonomi, implementasi UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) hingga berkah harga komoditas.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Transformasi Digital Perlu Akselerasi untuk Topang Ekonomi Nasional

Transformasi digital pascapandemi penting dilakukan karena saat ini teknologi bukan sekadar alat dalam operasional bisnis atau organisasi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

INA dan SWF Denmark Investasi Rp 7,8 Triliun di Energi Hijau

Indonesia Investment Authority (INA) dan SWF Denmark, Investment Fund for Developing Countries (IFU) menyepakati perjanjian investasi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Meski Naik, Harga Emas Masih di Bawah Level Psikologis

Harga emas naik di akhir perdagangan Selasa (6/12/2022), dari penurunan tajam sehari sebelumnya.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Di Bawah US$ 80, Minyak Jatuh ke Level Prakrisis Ukraina

Harga minyak jatuh ke tingkat terendah tahun ini, dengan Brent berakhir di bawah US$ 80 per barel untuk kedua kalinya pada tahun 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

IHSG 2023 Diramal 7.880 Ditopang Sektor Ini, Siap Dulang Cuan?

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2023 dapat mencapai 7.880.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Pascacabut Izin, OJK Kejar Aset dan Gugat Pemilik Wanaartha

OJK berkomitmen mengejar aset hingga membuka opsi menggugat secara perdata kepada pemilik Wanaartha Life.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Resesi Makin Mencengkeram, S&P 500 Turun 4 Hari Beruntun

Bursa AS Wall Street melanjutkan pelemahan hari sebelumnya, karena resesi ekonomi makin mencengkeram.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Satu Desa Terisolasi Akibat Banjir Lahar Dingin Semeru

Satu Desa Terisolasi Akibat Banjir Lahar Dingin Semeru

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE