Logo BeritaSatu

Harga BBM Non-PSO Diharapkan Bisa Ikuti Harga Minyak Dunia

Selasa, 24 Agustus 2021 | 17:29 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah dinilai tidak perlu menahan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina jenis Pertalite dan Pertamax Series karena bukan merupakan BBM Public Service Obligation (PSO). Jika kenaikan harga tidak segera dilakukan, dikhawatirkan kerugian yang dialami Pertamina akan semakin tinggi.

"BBM produk Pertamina Patra Niaga yakni Pertalite, Pertamax series adalah BBM non-PSO yang harusnya harganya bisa dikoreksi naik atau turun berdasarkan harga minyak dunia," kata Direktur Pusat Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria dalam keterangan tertulisnya Selasa (24/8/2021).

Menurut Sofyano, hal ini sama halnya dengan harga BBM non-PSO jenis HSD ke industri dan marines yang dijual Pertamina dan badan badan usaha niaga umum lainnya seperti AKR Corporindo. "Harganya dikoreksi setiap tanggal 1 dan 15 pada setiap bulan," ujarnya.

Menurut Sofyano, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) seharusnya konsisten mengawasi dan menegur jika ternyata ada badan usaha yang berbisnis BBM Non-PSO apabila ternyata tidak mengkoreksi harga jualnya secara berkala. Di sisi lain, menurut dia ada hal aneh mengingat di tengah kenaikan harga minyak dunia, namun harga BBM non-PSO Pertamina di SPBU tak kunjung dinaikkan. Padahal SPBU swasta sudah naik. "Jika Patra Niaga tak mengoreksi harga BBM non-PSO, maka Patra Niaga bisa berdarah-darah dan ini bisa jadi beban berat apalagi penyediaan dan penjualan BBM sudah sepenuhnya jadi beban dan tanggung jawab Patra Niaga, bukan lagi PT Pertamina sejak Patra Niaga ditetapkan sebagai subholding commercial dan trading," kata dia.

Pemerintah diminta mendorong PT Pertamina Patra Niaga agar selalu menyesuaikan harga jual BBM Non PSO-nya secara berkala sesuai harga pasar minyak dunia. ”Jika Patra Niaga sampai rugi besar karena tak koreksi harga jual BBM-nya maka ini secara tak langsung bisa jadi ancaman bagikelancaran distribusi BBM di negeri ini karena Patra Niaga telah ditetapkan sebagai subholding yang melaksanakan penyediaan dan pendistribusian BBM di negeri ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, tren harga minyak dunia terus mengalami kenaikan, khususnya sejak pandemi Covid-19 menyerang pada awal 2020 lalu. Pembatasan aktivitas yang memicu penurunan permintaan, kemudian disikapi oleh negara-negara produsen minyak (OPEC) dengan melakukan pengetatan pasokan. Hal ini membuat trend harga minyak dunia terus mengalami peningkatan. Jika pada Agustus 2020, harga minyak dunia masih berada di kisaran US$ 42-US$ 45 per barel, maka di 2021 sudah melonjak.

Sebut saja harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada Juli 2021 rata-rata mencapai US$ 72,17 per barel, naik dari US$ 70,23 per barel pada Juni 2021. Sementara harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, pada Selasa (24/8/2021) pagi WIB tercatat melonjak US$ 3,57 atau 5,5% menjadi US$ 68,75 per barel, setelah menyentuh level terendah sejak 21 Mei di US$ 64,60 selama sesi tersebut. Adapun patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Oktober pada waktu yang sama juga melejit US$ 3,50 atau 5,6% menjadi US$ 65,64 per barel.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Puan Maharani Dorong Pemerintah Stabilkan Kebutuhan Pokok

Ketua DPR Puan Maharani mendorong pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok sebelum menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

EKONOMI | 17 Mei 2022

PLN Bangun Gardu Induk Digital di Teluk Naga Tangerang

PLN kini membangun 2 infrastruktur ketenagalistrikan, yaitu Gardu Induk Digital (GID) 150 kV Teluk Naga Tangerang.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Bahlil: Presiden Punyai Jurus Khusus Taklukkan Elon Musk

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis CEO Tesla Elon Musk akan merealisasikan investasinya di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Momentum Pertumbuhan Ekonomi Selama Lebaran Harus Dijaga

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi perlu jaga daya beli masyarakat yang menggeliat saat Lebaran.

EKONOMI | 17 Mei 2022

B20 Sustainability 4.0 Awards Dorong Praktik Keberlanjutan

B20 Sustainability 4.0 Awards untuk pertama kalinya akan digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Pemerintah Gandeng Pelaku Usaha Luncurkan MigorRakyat

Kemendag dan Kementerian BUMN menggandeng pelaku usaha minyak goreng  pada peluncuran program MigorRakyat.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Gaet Investasi Tesla, Ini PR Besar yang Harus Diselesaikan

Meski Presiden Jokowi sudah bertemu langsung dengan CEO Tesla Elon Musk, tidak ada jaminan Tesla segera merealisasikan investasinya di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Startup Manuva Digitalisasi Manufaktur UMKM Indonesia

Startup Manuva yang sebelumnya bernama Tjetak kini memperluas solusi bisnisnya untuk mendigitalisasi manufaktur UMKM dari hulu ke hilir.

EKONOMI | 17 Mei 2022

GreenWavex Perbanyak Instrumen Saham Global dan Lokal

GreenWave Exchange menambah daftar instrumen investasi saham yang bisa dipilih para investor di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Pengembang Properti Gelar Flash Sale di IPEX 2022, Cek

Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) akan menggelar promo menarik melalui acara flash sale yang melibatkan sejumlah pengembang properti.

EKONOMI | 17 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

NEWS | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings