Logo BeritaSatu

KBRI Singapura Berikan Penghargaan Adinata kepada Temasek

Kamis, 26 Agustus 2021 | 23:15 WIB
Oleh : Grace El Dora / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura memberikan Penghargaan Adinata kepada perusahaan Singapura, yang dinilai telah banyak memberikan kontribusinya dalam upaya penguatan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Singapura. Penghargaan dari ajang yang baru pertama kali diselenggarakan itu jatuh ke tangan Temasek Holdings.

Temasek Holdings, perusahaan investasi yang dibawahi oleh pemerintah Singapura, dinilai telah berinvestasi secara konsisten di Indonesia.

“Tahun ini, kami dengan senang hati menganugerahkan penghargaan ini untuk pertama kalinya kepada Temasek Holdings. Sebuah institusi Singapura yang diakui secara global, yang telah mempertahankan kemitraan dengan Indonesia dalam kerja sama bisnis. Dan terpenting dalam memperkuat hubungan bilateral antara Singapura dan Indonesia,” ujar Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, Kamis (26/8/2021).

Suryo dalam pidatonya mengatakan KBRI telah memutuskan untuk menganugerahkan Adinata Award, menandai perayaan HUT RI ke-76 tahun ini. Menurutnya, penganugerahan Adinata Award pertama kepada Temasek telah melalui pertimbangan mendalam dan luas.

Melihat rekam jejak Temasek, perusahaan portofolio Temasek terlibat dalam mengikat relasi kedua negara lewat investasi jangka panjang dan berkelanjutan di Indonesia. Beberapa investasi terbaru dari Temasek adalah Data Center melalui anak usahanya 5T Telemedia, dalam energi terbarukan melalui Sembcorp, dan di beberapa perusahaan digital seperti Tokopedia dan Halodoc.

“Namun, jumlah investasi dan peluang bisnis bukanlah pertimbangan utama dan satu-satunya dari tim penilai. Mereka melihat nilai di balik kerja sama dengan Temasek, di mana rasa saling percaya dan saling menghormati dipertahankan,” lanjut Suryo.

Lebih lagi, Temasek berkontribusi dalam donasi dan bantuan sejak wabah Covid-19 maupun dukungan lewat peningkatan kapasitas, program pendidikan, dan pelatihan di Indonesia.

Suryo berharap bahwa kisah sukses dari Penghargaan Adinata akan memberikan motivasi individu dan institusi lain di Singapura. “Untuk bergabung dengan kami dalam mengembangkan kemitraan Indonesia dan Singapura ke tingkat lebih tinggi,” imbuhnya.

Presiden dan CEO Grup Sembcorp Wong Kim Yin mengatakan, setiap tahun sejak 2001 perusahaan mengimpor gas alam senilai lebih dari 2 miliar dolar Singapura dari Natuna Barat ke Singapura. Dalam pembangunan perkotaan, perusahaan mengembangkan tiga kawasan industri yang mendatangkan investasi asing dan menciptakan lapangan kerja.

“Atas nama Temasek, saya mengucapkan terima kasih kepada KBRI Indonesia di Singapura. Dengan streaming acara secara daring, lebih banyak orang yang dapat merayakan karya baik yang telah dilakukan untuk banyak orang dan menginspirasi,” ujar Dilhan Pillay, CEO Temasek International.

Dilhan mengatakan, penghargaan tersebut menegaskan kembali kemitraan yang erat dengan Indonesia. Ia berjanji akan terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia, baik sebagai investor dan sebagai teman.

Di bidang investasi, kata dia, Temasek tetap optimis terhadap Indonesia karena melihat peluang untuk bekerja dengan para pebisnis juara dan punya potensi untuk berinvestasi.

Pada 2020, Temasek bersama Google dan Bain & Company mengeluarkan laporan yang berpandangan bahwa ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat menjadi US$ 124 miliar pada 2025.

“Kami akan membarui laporan ini dalam beberapa bulan ke depan dan saya berharap kita bahkan akan melihat lebih banyak kesempatan,” lanjutnya.

Dilhan juga menyebutkan ketika Singapura terdampak di awal wabah besar Covid-19 yang memengaruhi kelompok pejerka migran Temasek, perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan sukarela membantu membuat masker kain untuk kelompok tersebut.

Para pebisnis di Indonesia juga menyediakan peralatan penting untuk fasilitas perawatan masyarakat Singapura bagi pemulihan pasien Covid-19.

Ia menilai kedua negara perlu berkolaborasi dan merangkul semangat kemitraan yang telah terlihat selama pandemi. “Untuk saling membantu satu sama lain apapun kebutuhannya, karena tidak ada yang aman sampai semua orang aman,” tandasnya. (eld)



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Kompor Listrik Induksi

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah memasifkan uji coba kompor listrik.

EKONOMI | 26 September 2022

Karabha Digdaya Komitmen Fasilitasi Kemajuan Pelaku UMKM

PT Karabha Digdaya bersama-sama stakeholders meresmikan gerai UMKM di wilayah Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok.

EKONOMI | 26 September 2022

Green Pramuka City Optimistis Pemerintah Mampu Atasi Pandemi

Green Pramuka City turut merasakan pandemi Covid-19 telah membentuk suatu ketidakpastian dan mendorong turunnya indeks demand properti.

EKONOMI | 26 September 2022

Multifinance Bidik Peluang Pembiayaan Kendaraan Listrik

Inpres 7/2022 terkait Percepatan Penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, menjadi angin segar untuk industri multifinance.

EKONOMI | 26 September 2022

Anson Company dan Mayekawa Perkuat Bisnis Rantai Pendingin

Kerja sama strategis Anson Company dan Mayekawa selama 49 tahun pecahkan rekor pembelian produk dengan 29 unit kompresor rantai pendingin industri.

EKONOMI | 26 September 2022

Proshop Card, Strategi Daikin Perkuat Layanan Konsumen

Ketatnya persaingan bisnis AC di Indonesia memacu PT Daikin Airconditioning Indonesia untuk memperkenalkan Daikin Proshop Card.

EKONOMI | 26 September 2022

Konversi Kompor LPG ke Listrik Dinilai Bisa Sia-sia Jika...

Program konversi kompor LPG ke listrik dengan membagikan kompor induksi gratis tanpa melakukan penarikan tabung LPG 3 kg akan sia-sia.

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani Catat Realisasi PC-PEN Capai Rp 214,9 Triliun

Sri Mulyani menyatakan, program PC-PEN telah terealisasi Rp 214,9 triliun hingga 16 September 2022 atau 47,2% dari pagu anggaran Rp 455,62 triliun.

EKONOMI | 26 September 2022

Ambisius, RHB Sekuritas Targetkan Masuk Peringkat 10 Besar

PT RHB Sekuritas Indonesia sebagai anak perusahaan dari RHB Investment Bank, memiliki misi menjadi salah satu dari 10 sekuritas terbaik di Indonesia.

EKONOMI | 26 September 2022

Heboh Minuman Berpemanis Kena Cukai? Ini Kata Kemenkeu

Askolani menyampaikan, pemerintah berencana untuk mengenakan cukai terhadap minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK).

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 26 September 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 26 September 2022

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings