Logo BeritaSatu

Semester I 2021, Penjualan Mustika Ratu (MRAT) Naik 23,2%

Jumat, 27 Agustus 2021 | 19:33 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan kosmetik dan produk herbal PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) membukukan penjualan bersih sebesar Rp 176,3 miliar pada semester I 2021, naik 23,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Peningkatan ini disebabkan penambahan produk kami yang berhasil menembus penjualan ke medical channel dan berbagai channel lainnya,” ungkap Direktur Keuangan, SDM dan Korporasi MRAT Jodi Andrea Suryokusumo pada public expose virtual, Jumat (27/8/2021).

Di masa pandemi Covid-19, MRAT mulai mengeluarkan produk healthcare di antaranya suplemen kesehatan Herbamuno+ dan hand sanitizer. Keputusan MRAT untuk melebarkan sayap bisnis pun membuahkan hasil yang manis.

Berdasarkan pemaparan MRAT, peningkatan penjualan di semester I 2021 disebabkan oleh kenaikan penjualan khususnya di sektor beauty (51,5%) dan healthcare (276,7%). Sementara itu, sepanjang paruh pertama 2021, MRAT membukukan gross profit senilai Rp 95,9 miliar atau meningkat sebesar 7,2% dari periode yang sama tahun lalu.

“Pertumbuhan gross profit ini karena kami telah meningkatkan segi efisiensi dari pabrik kami, sehingga meningkatkan gross profit ke depannya,” lanjut Jodi.

Laba usaha MRAT pada semester I 2021 juga mencapai Rp 6,87 miliar. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, capaian ini naik 8,4%. Lebih lanjut, MRAT berhasil mencetak Rp 2,26 miliar untuk laba tahun berjalan semester I 2021.

“(Capaian laba tahun berjalan ini) meningkat sebesar 55,9% dibandingkan semester I 2020,” ujar Jodi.

Sementara itu, kinerja ini menuai apresiasi Presiden Komisaris MRAT Djoko Ramiadji.

“Dewan Komisaris mendukung penuh kinerja direksi dalam pengambilan keputusan strategis perseroan selama tahun 2020 sehingga perseroan mampu mencatatkan kinerja yang lebih baik," ungkap Djoko, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis.

"Perseroan telah melakukan berbagai upaya strategis untuk tetap mempertahankan pasar di tengah kepungan pandemi, salah satunya dengan membagi divisi sales dan marketing menjadi dua, yaitu beauty dan healthcare. Ini dilakukan sebagai upaya untuk lebih memaksimalkan penjualan perseroan," lanjutnya.

Selama tahun 2020, ungkap Djoko, direksi telah melakukan reformasi manajemen yang efektif dan efisien dan hal tersebut berdampak pada performa perseroan.

"Inovasi yang dilakukan Perseroan sejak tahun 2020 dengan cara melakukan diversifikasi produk dengan meluncurkan inovasi produk terbaru yaitu hand sanitizer dan suplemen kesehatan Herbamuno+ (healthcare division). Peningkatan penjualan bersih disebabkan oleh keberhasilan Perseroan menjalankan transformasi 4.0. dan terbukti dengan kehadiran produk baru di atas mampu meningkatkan penjualan bersih Perseroan secara signifikan," jelas Presiden Direktur MRAT Bingar Egidius Situmorang.

Go Global, Go Digital

Pada public expose tersebut, MRAT memaparkan sejumlah strategi bisnis ke depannya, termasuk perihal ekspor dan pengoptimalan kanal digital. MRAT saat ini memiliki lebih dari 20 tujuan negara ekspor.

“Kami akan melakukan ekspansi lebih dalam lagi di dalam ekspor, khususnya produk natural healthcare, di mana kami bisa melihat potensinya sangat besar, khususnya rempah-rempah,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi MRAT Kusuma Anjani.

“Ini kami akan lakukan untuk kategori Amerika, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa Timur,” imbuhnya.

Terkait digitalisasi, MRAT akan bekerja sama dengan key opinion leaders (KOL) dan brand ambassador untuk memperkenalkan lini kosmetik Beauty Queen Series.

"Dengan adanya transformasi ke arah digital, salah satunya dengan Beauty Queen series, kami akan lebih banyak mengadakan beauty class dengan menggunakan teknik-teknik yang diajarkan kalangan makeup artist terkenal. Kami akan bekerja sama dengan KOL dan brand ambassador untuk mengomunikasikan produk ini agar lebih menjangkau berbagai kalangan," jelas Jodi.

"Aktivitas digital seperti webinar dan TikTok Challenge akan kami lakukan untuk meningkatkan penjualan e-commerce," tutup Jodi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Aplikasi iKas adalah aplikasi produktivitas untuk usaha mikro yang dikembangkan oleh RUN System. Saat ini iKas memiliki 7.000 pengguna.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjun 0,6%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,63% ke 6.751,5 pada awal perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022).

EKONOMI | 4 Juli 2022

Minim Sentimen Penggerak, Bursa Asia Dibuka Bervariasi

Bursa Asia Pasifik dibuka bervariasi pada awal perdagangan hari ini. Investor menantikan keputusan bank sentral Australia dan Malaysia pekan ini.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Air New Zealand Siapkan Tempat Tidur untuk Kelas Ekonomi

Air New Zealand baru-baru ini mengumumkan “pod” pertama di dunia untuk penerbangan kelas ekonomi, yang akan diluncurkan pada tahun 2024.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Phintraco Sekuritas: IHSG Potensi Rebound, Cermati BCA dan PGAS

Phintraco Sekuritas memprediksi IHSG hari ini bergerak fluktuatif. IHSG diperkirakan akan bergerak pada resistance 6.910, pivot 6.830, dan support 6.730.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Mei, Premi Mandiri Inhealth Capai Rp 1,75 Triliun

PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia (Mandiri Inhealth) membukukan pendapatan premi sebesar Rp 1,75 miliar hingga Mei 2022.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Kemenhub Akan Tata Pelabuhan-pelabihan di Bangka

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Pemegang Saham Pradiksi Gunatama Setujui Perubahan Direksi

Para pemegang saham Pradiksi Gunatama menyetujui pengunduran Indra Irawan selaku direktur utama dan mengangkat Jooyoung Lee.

EKONOMI | 4 Juli 2022

Anis Byarwati Dorong Edukasi Keuangan dan Ekonomi Syariah

Anis Byarwati meminta pelaku industri keuangan syariah komitmen dalam mendorong edukasi keuangan dan ekonomi syariah.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Paulus Waterpauw: Laporan Keuangan Bukan Ukuran Pembangunan

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menegaskan laporan realisasi keuangan bukan ukuran pembangunan.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Apriyani/Fadia Juara


# Elon Musk


# Yusuf Mansur


# Ahmad Dhani


# KM Setia Makmur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

Pengguna Aplikasi iKas RUN System Naik 25 Kali Lipat

EKONOMI | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings