Logo BeritaSatu

Bantu Pandemi Covid-19, BPJamsostek Jabar Selenggarakan Donor Darah Plasma Konvalesen

Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:38 WIB
Oleh : Vento Saudale / EHD

Bandung, Beritasatu.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat menggelar kegiatan donor darah dan plasma konvalesen, yang bekerja sama dengan Palang merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

Aksi sosial itu diikuti Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Jawa Barat, Dodo Suharto. Ketua DPW SP BPJSTK, Deni Arief Budiman beserta jajaran dan puluhan karyawan.

Advertisement

Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Jawa Barat, Dodo Suharto mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Menurutnya, kebutuhan darah dan plasma konvalesen saat ini masih kurang, apalagi Pandemi Covid-19 belum juga berakhir.

Dodo menambahkan, jumlah karyawan BPJamsostek Kanwil Jabar yang donor darah kurang lebih 64 orang. Sedangkan donor plasma konvalesen sebanyak 24 orang. Ia berharap, aksi sosial ini jadi momentum untuk perusahaan atau lembaga lain agar ikut menggelar kegiatan serupa.

“Kami berharap kegiatan ini diikuti seluruh cabang BPJamsostek khususnya di Kanwil Jabar yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) masing-masing daerah,” terangnya, Senin (30/8/2021).

Dodo juga mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya pekerja untuk segera mendaftar jadi peserta agar terlindungi oleh program BP Jamsostek mulai dari Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Manfaatnya besar sekali jika sudah menjadi peserta BPJamsostek, misalnya ada peserta meninggal karena sebab apapun akan mendapatkan santunan kematian atau jaminan kematian sebesar Rp 42 juta. Kemudian, jika peserta tenaga kesehatan akan mendapatkan santunan kecelakaan karena pekerjaan salah satunya karena Covid-19, akan mendapatkan 48 kali upah yang dilaporkan,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PMI Kota Bandung, Ade Koesjanto mengapresiasi atas dukungan dan inisiatif BPJamsostek Kanwil Jabar yang sudah melakukan aksi donor darah dan plasma konvalesen.

“Ini momentumnya sangat tepat dan hal ini memang sangat diharapkan. Sebab, kebutuhan darah dan plasma konvalesen saat ini sangat dibutuhkan,” ucap Ade.

Kata Ade, kebutuhan darah saat kondisi normal kurang lebih 200 labu dalam sehari. Sedangkan di masa Pandemi Covid-19 dalam satu hari kurang lebih hanya 50 sampai 70 orang yang datang untuk mendonor.

Demikian juga dengan donor plasma konvalesen, dalam satu hari dengan peralatan yang ada hanya mampu kurang lebih 50 labu. Sedangkan kebutuhan dalam satu hari hampir 500 labu.

“Bahkan ketika pasien Covid-19 meningkat, daftar antre tunggu yang membutuhkan plasma konvalesen sampai 700 orang. Nah, kami mengajak masyarakat termasuk penyintas Covid-19 untuk bersama-sama membantu dengan cara mendonor, seperti yang dilakukan BP Jamsostek Kanwil Jabar,” pungkasnya.

Di tempat terpisah Kepala BPJamsostek Bogor Kota, Mias Muchtar menambahkan, kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen ini merupakan bukti nyata kepedulian BPJamsostek Kanwil Jabar dalam membantu pemerintah mengatasi Covid-19. Apalagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir di Indonesia.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih cukup tinggi, BPJamsostek Kanwil Jabar hadir untuk memberikan perhatian besar terhadap dunia kesehatan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen yang diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi Covid-19," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Debut Perdana di BEI, Saham LAJU Langsung Mentok ARA

saham PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) langsung meroket hingga sebesar 35% ke level 135 atau mentok batas auto-rejection atas (ARA).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Sesi I, IHSG Hari Ini Kokoh di 6.929

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 64,3 (0,94%) ke level 6.929,1 pada penutupan sesi pertama perdagangan hari ini, Jumat (27/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Kurs Rupiah Hari Ini Melemah 30 Poin ke Rp 14.975

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau melemah ke kisaran Rp 14.975 pada perdagangan hari ini, Jumat (26/1/2023).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Lagi, Saratoga Siapkan US$ 150 Juta untuk Investasi

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) kembali menganggarkan dana US$ 150 juta untuk kegiatan investasinya tahun ini.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Boy Thohir: Saatnya GoTo Gojek Tokopedia Back to Basic

Komisaris Utama PT GoTo GOjek Tokopedia Tbk (GOTO) Garibaldi "Boy" Thohir mengatakan bahwa hal terpenting bagi sebuah bisnis adalah profit.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA, OJK Ingatkan Jaga Data Pribadi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi, apalagi yang menyangkut data keuangan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Penerima Bansos Bisa Ikut Program Kartu Prakerja Skema Normal

Menurut Denni, program Kartu Prakerja skema normal artinya program ini tak lagi bersifat semi-bansos seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Tiket Haji Mahal, Garuda Indonesia Siap Nego

Direktur Utama maskapai Garuda Indonesia Irfan Setiaputra bersedia melakukan negosiasi dengan DPR untuk menurunkan tiket haji.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BI: KIS Jadi Kunci Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Apa Itu?

Perry menegaskan pentingnya strategi KIS, yaitu konsistensi, inovasi, dan sinergi, dalam menyusun berbagai kebijakan.

EKONOMI | 27 Januari 2023

BUMN Buka Akses Pasar Berkelanjutan UMKM

Kementerian BUMN akan terus membuka akses pasar bekelanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hasil Indonesia Masters: Tekuk Ganda Jepang, The Babbies Rebut Tiket Semifinal

Hasil Indonesia Masters: Tekuk Ganda Jepang, The Babbies Rebut Tiket Semifinal

SPORT | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE