Logo BeritaSatu

Repower dan Daarul Qur’an Bangun Pesantren Modern Rp 100 Miliar

Minggu, 5 September 2021 | 16:51 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL) bersiap membangun pesantren modern dan unggulan di tengah kota Jakarta, hasil kolaborasi dengan Yayasan Daarul Qur’an Indonesia (DAQU) binaan ustaz Yusuf Mansur.

Emiten properti dengan kode saham REAL ini, akan membangun gedung pesantren berketinggian 12 lantai senilai Rp 100 miliar di kawasan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Gedung itu mengusung konsep green building sehingga ramah lingkungan.

Direktur PT Repower Asia Indonesia Tbk, Rully Muliarto, mengatakan, proses perencanaan dan konsep bangunan yang mengusung ecofriendly concept dari bangunan pondok pesantren ini sedang digarap oleh tim dari kedua belah pihak dibantu konsultan arsitek ternama.

"Bangunan modern yang berlokasi di Pasar Minggu Jakarta Selatan ini akan dinamakan Pesantren Daarul Qur’an Mandiri dilengkapi dengan fasilitas modern yang menunjang pendidikan santri termasuk unit asrama sekelas apartemen untuk tempat tinggal bagi peserta didik," kata Rully dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Minggu (5/9/2021).

Rully menjelaskan, Repower dan Daarul Qur’an mempunyai visi yang sama dalam mendukung program pemerintah mencetak generasi unggul di masa depan, melalui pendidikan berbasis pesantren di Indonesia. Selain hafal Alquran dan memahami ilmu agama, para santri juga ditargetkan menguasai ilmu kekinian serta fasih menguasai berbagai bahasa di dunia.

"Pesantren ini akan dilengkapi laboratorium tujuh bahasa, yaitu bahasa Arab, Inggris, Jerman, Perancis, Jepang, Mandarin dan Korea," jelasnya.

Rully mengatakan, dari total investasi Rp 100 miliar untuk biaya pembangunan pesantren ini, diharapkan perseroan akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 152 miliar dan pendapatan berulang atau recurring income sebesar Rp 12,8 miliar per tahun.

"Untuk pembiayaan proyek ini, sudah ada beberapa bank syariah yang siap mendukung kami. Insyaallah dalam waktu dekat ini kami ada tanda tangan juga," imbuhnya.

Rully menambahkan, realisasi pembangunan proyek pesantren ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman perseroan dengan Daarul Qur'an yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, dengan nilai total kerja sama mencapai Rp 825 miliar.

"Pola dan konsep kerja sama pembangunan pesantren ini akan menjadi model bagi pembangunan pesantren kerja sama antara REAL dan Daarul Qur’an di seluruh Indonesia. Pesantren yang akan dibangun ini dilengkapi dengan dormitory atau asrama setara dengan apartemen, dan bisa dijual kepada investor, sehingga bisa menghasilkan income rutin setiap bulan bagi pemiliknya," tandas Rully Muliarto.

Pimpinan Yayasan Daarul Quran Indonesia, KH Ahmad Jamil, menambahkan, saat ini proses pembangunan pesantren tersebut dalam tahap perencanaan dan perizinan. Rencananya, pemancangan batu pertama atau ground breaking dilakukan pada semester pertama tahun 2022. Adapun lama pembangunan pesantren sekitar 18 bulan termasuk persiapan fasilitas belajar dan hunian.

"Harapannya, pesantren ini dapat mulai dipergunakan pada tahun ajaran 2023. Mohon doanya dan dukungannya dari semua agar tahun 2023 kita bisa memulai pembelajaran di pesantren ini” kata KH Ahmad Jamil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Untuk Ekspansi Bisnis, Ringan Bantu Ratusan UMKM di Makassar

PT Ringan Teknologi Indonesia (Ringan) membantu ratusan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Makassar, Sulawesi Selatan untuk ekspansi bisnis.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Ini Posisi Indonesia di Percaturan Industri Halal Global

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, potensi Indonesia menjadi pemain utama di industri halal global sangat besar.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Bank Mega Syariah Beri Apresiasi Pengguna Mobile Banking

PT Bank Mega Syariah (BMS) memberi apresiasi kepada nasabah pengguna mobile banking dengan memberikan hadiah 3 bulanan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pengamat Proyeksi Penerimaan PPS Pajak Bisa Capai Rp 71,54 T

Untuk potensi penerimaan dari PPS Pajak, Fajry Akbar optimistis pemerintah akan meraup PPh Rp 71,54 triliun, namun kalau di atas Rp 65 triliun sudah baik.

EKONOMI | 30 Juni 2022

800 Petani Kalteng Ikuti Program Bertani Berkelanjutan

Sekitar 800 petani dari 16 desa telah berinisiatif untuk mempraktekkan cara membuka lahan dan bercocok tanam secara berkelanjutan, yak

EKONOMI | 30 Juni 2022

PPS Pajak Berakhir Hari Ini, DJP Kumpulkan PPh Rp 54 T

PPS pajak hingga hari ini telah mencapai 212.240 wajib pajak dengan jumlah PPh yang berhasil diraup pemerintah mencapai Rp 54,23 triliun.

EKONOMI | 30 Juni 2022

TikTok Akan Buka Kursus Sukses Bisnis untuk UKM

Para UKM dapat berpartisipasi dalam program Follow Me dan memulai perjalanan TikTok mereka dengan mengunjungi https://www.tiktok.com/business/.

EKONOMI | 30 Juni 2022

IHSG On Track Menguat 5% Sepanjang Semester I 2022

Menjelang penutupan semester I 2022, IHSG masih mencatat penguatan 5,87% secara year to date, tetapi masih berada di bawah level tertingginya di 7.355,3.

EKONOMI | 30 Juni 2022

PGN Gandeng Gunvor Singapore Jual LNG ke Pasar Global

Subholding gas Pertamina, PT PGN Tbk, menjalin kerja sama dengan Gunvor Singapore Pte Ltd guna merealisasikan potensi perdagangan LNG.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Terpencil Tak Harus Tertinggal, Pahitnya Senggani jadi Manisnya Kampung Kopi

Kopi Senggani, yang artinya menggugah, ini telah lolos uji di Amerika. Harganya sekarang bisa mencapai Rp 130.000/kg.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Untuk Ekspansi Bisnis, Ringan Bantu Ratusan UMKM di Makassar

Untuk Ekspansi Bisnis, Ringan Bantu Ratusan UMKM di Makassar

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings