Anak Usaha Emiten Menara Telekomunikasi TOWR Akuisisi SUPR
Logo BeritaSatu

Anak Usaha Emiten Menara Telekomunikasi TOWR Akuisisi SUPR

Senin, 6 September 2021 | 09:56 WIB
Oleh : Nabil Syarifudin Al Faruq / WBP

Jakarta, Beritasatu.com— PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui anak usahanya PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) akan mengakuisisi saham PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR). Aksi korporasi ini kini dalam proses transaksi yang sudah mengikat.

"Protelindo berencana membeli saham-saham dalam Solusi Tunas Pratama yang mewakili sekurang-kurangnya 90% dari total modal yang disetor dan ditempatkan," kata berdasarkan keterangan resmi, Senin (6/9/2021)

Adapun rencana pembelian tersebut melalui pengambilalihan saham milik PT Kharisma Indah Ekaprima, Cahaya Anugerah Nusantara Holdings Limited, Pioneering Networks Investments, Fajarindo Nusantara Holdings dan Perdana Indonesia Holdings.

Kemudian, mengambil alih saham milik Uniperkasa Indonesia Investments, Nusantara Connectivity Ventures, Puncak Pratama Holdings Limited, Clearwater Insight Investments, Tumbuh Abadi Holdings Limited, Sentral Nusantara Holdings Limited, Great Archipelago Capital, Evergreen Digital Capital dan Towering Heights Investments Limited.

Berdasarkan data RTI, PT Kharisma Indah Ekaprima memiliki saham sebanyak 291,17 juta saham dan Cahaya Anugerah Nusantara Holdings Limited sebesar 290,22 juta saham. Sisanya sebanyak 556,18 juta saham dimiliki oleh masyarakat.

Rencana pengambilalihan saham tersebut dilakukan melalui proses tender atau lelang, dimana pembeli turut berpartisipasi dalam pelaksanaan aksi korporasi tersebut.

Adapun pada 4 September 2021, Protelindo sebagai pihak pembeli dan para penjual telah menandatangani perjanjian jual beli (PJB) atau sale and purchase agreement (SPA). Penyelesaian dari aksi korporasi ini masih bergantung pada pemenuhan persyaratan kewajiban oleh para pihak sebagaimana diatur dalam PJB.

“Saat ini untuk detial lainnya kami harus menunggu sampai selesainya transaksi, jadi kami hanya bisa disclose sesuai keterbukaan ke bursa. Adapun proses transaski yang dilakukan saat ini sudah mengikat,” jelas Wakil Direktur Utama Sarana Menara Nusantara Adam Ghifari kepada Investor Daily.

Perlu diketahui, Redpeak Advisers bertindak sebagai penasihat keuangan eksklusif Protelindo untuk rencana transaksi. Sementara Duane Morris dan Makes & Partners bertindak sebagai konsultan hukum untuk Protelindo.

Rencana transaksi tersebut akan memperkuat posisi Protelindo sebagai perusahaan tower independen terbesar di Indonesia dengan lebih dari 28 ribu tower dan hampir 53 ribu tenant, sehingga rasio tenancy mendekati 1,9 kali.

Direktur Utama PT Protelindo Ferdinandus Aming Santoso menambahkan, akuisisi tersebut sejalan dengan strategi Protelindo yaitu Build, Buy and Return. “Rasio leverage Protelindo yang rendah sebesar 2,2 kali net debt per EBITDA dan situasi suku bunga rendah saat ini, memberikan motivasi dan mendukung transaksi ini,” ujar dia.

Sebelumnya Sarana Menara Nusantara disebutkan akan mengandalkan pendanaan dari perbankan untuk membiayai ekspansi tahun ini. Namun, perseroan tidak menutup kemungkinan bisa menerbitkan obligasi kedepannya. Adam menjelaskan, perseroan memiliki akses yang cukup baik untuk penerbitan surat utang. "Namun pinjaman perbankan kami lebih banyak," jelas dia dalam acara konferensi pers secara virtual.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fintech P2P Lending Jadi Sumber Pendanaan Alternatif UMKM

Menkop UKM Teten Masduki mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan fintech peer-to-peer (P2P) lending sebagai alternatif pendanaan.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Listing, Indo Pureco Pratama Siap Bangun Pabrik Baru

Usai listing di BEI, PT Indo Pureco Pratama Tbk (IPPE) siap ekspansi dengan bangun pabrik baru beserta infrastruktur pendukung.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Mobil Listrik, Hyundai Investasi Rp 7,62 Triliun di India

Hyundai menginvestasikan US$ 530 juta (Rp 7,62 triliun) untuk membawa kendaraan listrik ke India.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Ekspor Mi Instan Indonesia Tembus Pasar Non-Tradisional

Ekspor mi instan Indonesia tahun 2020 sebagian besar ditujukan ke Malaysia.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Sssttt! Bank Ini Terapkan Work from Anywhere

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan work from anywhere (WFA) secara permanen.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Sesi I IHSG Menguat,IPPE Kasih Cuan Lebar

PT Indo Pureco Pratama Tbk (IPPE) tercuan siang Ini saat IHSG menguat.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Desain Arsitektur Samira Regency Bekasi Diapresiasi

PT Triyasa Propertindo, pengembang Samira Regency Bekasi meraih penghargaan.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Sesi I, IHSG Naik 7 Poin ke Posisi 6.611

Indeks LQ45 melemah 0,7 poin (0,08%) ke level 944,8.

EKONOMI | 9 Desember 2021

Kewajiban Rp 32 Triliun, AP I Optimistis Bisa Pulih

PT Angkasa Pura (AP) I optimistis kinerja perusahaan bisa pulih pada tahun 2022 yang ditandai arus kas kembali positif Rp 1,15 triliun.

EKONOMI | 9 Desember 2021

UMKM Ingin Naik Kelas? Ini Saran Ekonom Milenial Indef

UMKM Indonesia ke depan harus beradaptasi dengan pandemi Covid-19 agar naik kelas.

EKONOMI | 9 Desember 2021


TAG POPULER

# Cynthiara Alona


# Omicron


# Kecelakaan di Ruas Semarang-Demak


# Hari Antikorupsi


# Ilham Habibie



TERKINI
Laba BUMN Terus Meningkat, Kinerja Erick Thohir Diapresiasi

Laba BUMN Terus Meningkat, Kinerja Erick Thohir Diapresiasi

POLITIK | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings