Logo BeritaSatu

MNC Lido City Bidik 7 Juta Wisatawan 5 Tahun ke Depan

Rabu, 8 September 2021 | 13:53 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - MNC Lido City yang dimiliki PT MNC Land Tbk (KPIG) melalui anak perusahaannya PT MNC Land Lido resmi mendapat status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2021 tanggal 16 Juni yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah KEK MNC Lido City beroperasi secara penuh, diperkirakan dapat menyerap 6-7 juta pengunjung dan wisatawan dalam 5 tahun ke depan.

"Kehadiran KEK MNC Lido City akan meningkatkan pendapatan devisa dari para wisatawan," kata Executive Chairman MNC Group yang juga Direktur Utama MNC Land Tbk Hary Tanoesoedibjo saat menerima PP KEK MNC Lido City secara formal sekaligus peletakan batu pertama Lido World Garden di Lido, Bogor, secara virtual Rabu (8/9/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Bogor Ade Yasin.

MNC Lido City yang berada di Kabupaten Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat akan terus dikembangkan selama 20 tahun ke depan mengingat luasnya mencapai 3.000 hektare (ha). MNC Lido City terdiri dari berbagai fasilitas seperti taman bermain, hotel, resor, vila, perumahan, transit oriented development, lapangan golf, hingga kebun raya.

Untuk tahun ini, proyek fokus membangun kawasan music and arts yang ditandai peletakkan batu pertama (ground breaking) untuk kawasan music and arts di MNC Lido City dilakukan pada 10 Maret 2021. Selanjutnya Lido World Garden taman seluas 17 ha yang terinspirasi Miracle Garden di Dubai yang pembangunanya resmi dimulai hari ini.

Lido World Garden akan dihiasi berbagai koleksi spesimen flora dan menampilkan inovasi arsitektur dan budaya bersejarah kepada pengunjung, yang terinspirasi garis waktu Indonesia dan internasional yang menggambarkan evolusi peradaban manusia, di samping landmark ikonik buatan manusia dan alami yang tersebar di seluruh wilayah geografis

Adapun, pembangunan properti seperti hotel, vila, maupun resor belum akan menjadi prioritas dalam waktu dekat. "Mudah-mudah tahun depan sudah selesai lapangan golf berstandar internasional. Selain itu, music art center berdaya tampung 50.000 orang festval dengan empat panggung berbeda untuk pertunjukan seni dan konser," kata dia.

Hary juga berharap MNC Land pada tahun 2021 akan merampungkan movieland, kompleks produksi film pertama terintegrasi di Indonesia yang memilki fasilitas setting backlot outdoor dari alam hingga kota, dan setting indoor dengan green screen.

Hary mengatakan dengan berbagai pengembangan di KEK MNC Lido City ditambah beragam insentif dan fasilitas yang melekat pada kawasan ekonomi khusus, MNC yakin KEK MNC Lido City akan menarik investasi. "Hal lain berkontribusi dalam percepatan laju pertumbuhan ekonomi daerah (LPE) melalui penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan daerah, dan pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif," kata Hary.

KEK MNC Lido City dikelilingi 70 juta orang dan mudah diakses dengan jalan tol langsung dari Jakarta. Berada di antara dua gunung dan memiliki suhu 22-25˚C sepanjang tahun, MNC Lido City berlokasi di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Ekonomi Indonesia 2023 Diyakini Tak Segelap Perkiraan

Sri Adiningsih mengatakan, ekonomi Indonesia sebetulnya punya modal yang baik untuk menghadapi kondisi tahun 2023 yang dikatakan banyak pihak akan lebih gelap.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pemerintah Diminta Hapus Pembayaran Subsidi Bunga Obligasi Rekap Eks BLBI

Hardjuno Wiwoho meminta pemerintah fokus pada upaya penghapusan pos pembayaran subsidi bunga obligasi rekap eks BLBI.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Penunjukkan Mantan Petinggi Google dan Tokopedia untuk Rebranding Fazz

Fazz kini punya dua eksekutif senior yang ditunjuk untuk melaksanakan rebranding perusahaan.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings