Logo BeritaSatu

Kalbe Akan Pasarkan Vaksin Genexine ke Asia Tenggara

Rabu, 8 September 2021 | 18:14 WIB
Oleh : Gita Rossiana / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) menyiapkan investasi sekitar Rp 500-600 miliar untuk pengembangan vaksin Genexine atau GX-19N. Dengan investasi tersebut, Kalbe berharap bisa memasarkan vaksin Genexine tidak hanya untuk wilayah Indonesia, namun juga ke kawasan Asia Tenggara.

Direktur Keuangan Kalbe Farma Bernardus Karmin Winata menjelaskan, dalam mengembangkan vaksin Genexine, Kalbe Farma masih bisa menggunakan fasilitas yang ada saat ini. Fasilitas tersebut masih cukup untuk proses pengisian vial dan penyelesaian proses pengemasan untuk didistribusikan.

Namun memang, Kalbe akan membutuhkan investasi untuk proses produksi vaksin secara menyeluruh. Karenanya, secara total, Kalbe masih membutuhkan investasi sebesar Rp 500-600 miliar untuk pengembangan vaksin berbasis DNA tersebut.

"Investasinya tidak terlalu besar, sehingga bukan menjadi kendala," jelas Bernardus dalam acara konferensi pers Pubex Live, Rabu (8/9/2021).

Sementara saat ini, pengembangan vaksin Genexine sudah masuk uji klinik tahap 2b/3. Bernardus berharap, Kalbe bisa mendapatkan persetujuan emergency use approval (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada akhir tahun ini sehingga setelah itu vaksin secara resmi bisa digunakan.

Sampai sejauh ini, Bernardus belum mengetahui skema distribusi dari vaksin Genexine karena pemerintah yang akan menentukan. Namun Bernardus melihat, vaksin Genexine akan masuk ke jalur vaksin gotong royong atau vaksin berbayar dan besaran harga yang akan ditentukan oleh pemerintah kemudian.

Sementara untuk target pemasaran, wilayah Indonesia akan menjadi fokus utama distribusi vaksin Genexine. Akan tetapi Kalbe memiliki hak teritori untuk memasarkan di luar Indonesia. "Target pemasaran vaksin berbasis DNA ini tidak hanya di Indonesia, namun juga Asia Tenggara," kata dia.

Tahun ini, Sekretaris Perusahaan dan Investor Relations Kalbe Farma Lukito Kurniawan mengungkapkan, Kalbe menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 1 triliun. Alokasi investasi tersebut, menurut Lukito tidak sebesar tahun sebelumnya yang banyak digunakan untuk menyiapkan fasilitas produksi di Pabrik Deltamas, Cikarang.

Sementara sepanjang semester I 2021, Kalbe Farma sudah menggunakan belanja modal sebesar Rp 235 miliar. Kalbe akan menggunakan sisa belanja modal untuk maintenance atau perbaikan 15 fasilitas produksi.

Adapun dari segi pemasaran produk, Kalbe banyak melakukan ekspor ke kawasan Asia Tenggara dan Afrika. Perseroan mengekspor semua kategori produk yang disesuaikan dengan ketentuan Food and Drug Administration (FDA) negara setempat.

"Ke depan, Kalbe akan meluncurkan produk baru yang mengikuti standar internasional, terutama standar FDA di kawasan Eropa dan Australia. Dengan pemenuhan standar tersebut, Kalbe berharap bisa menembus pasar di kedua kawasan tersebut. Kami juga berharap bisa masuk ke negara lain seperti Taiwan, Timur Tengah, Tiongkok dan negara lainnya," ucap dia.

Pengembangan produk tersebut tidak terlepas dari anak usaha. Karenanya, Kalbe juga akan meningkatkan performa anak usaha melalui aksi penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) saham.

Bernardus mengungkapkan, sampai saat ini, Kalbe tetap pada rencana awal untuk mengembangkan anak usaha dari divisi nutrisi. Namun demikian, Kalbe juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan IPO untuk anak usaha di bidang digital dan supply chain yang fokus pada distribusi logistik peralatan medis.

"IPO tetap terbuka untuk perusahaan di dalam divisi Kalbe. Kami akan melihat perkembangan pasar ke depan, terutama pasar saham yang diharapkan bisa mendorong pertumbuhan perusahaan di dalam divisi Kalbe," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jamin Stok Beras, Pemerintah Didorong Tingkatkan Kerja Sama Regional

Kerja sama regional sepatutnya dapat ditingkatkan untuk menjamin keamanan stok komoditas pangan. Peran Perum Bulog perlu ditingkatkan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini Sentimen-sentimen Wall Street Sepekan ke Depan

Memasuki kuartal ketiga, kekhawatiran akan resesi semakin kuat. Investor Wall Street menantikan data ketenagakerjaan Juni, risalah the Fed, dan kinerja emiten.

EKONOMI | 3 Juli 2022

BRI Berhasil Raih Penghargaan Digital Banking Terbaik

Sukses menjalankan transformasi digital, BRI berhasil meraih penghargaan digital banking terbaik di Digital Banking Awards 2022.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Bahan Baku Mahal, PMI Manufaktur Indonesia Melambat Lagi

PMI Manufaktur Indonesia melambat ke angka 50,2 pada Juni 2022 dari 50,8 poin pada bulan sebelumnya akibat kenaikan harga bahan baku.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Efek Domino Crypto Winter, Voyager Digital Hentikan layanan

Voyager Digital telah menghentikan layanansetelah salah satu pelanggannya gagal melakukan pembayaran pinjaman ratusan juta dolar.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jadi Perusahaan Digital, Pendapatan Bakrie Telecom Melesat

PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) membukukan lonjakan pendapatan hampir 400% menjadi Rp 52,1 miliar hingga kahir 2021.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Bupati Manggarai Barat Dukung Kenaikan Tiket Pulau Komodo

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mendukung wacana kenaikan harga tiket Pulau Komodo sebagai bentuk pembatasan jumlah kunjungan ke Taman Nasional Komodo.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Woilo, Media Sosial Karya Anak Bangsa Go International

Woilo, yang merupakan media sosial anak bangsa dari Surabaya, Jawa Timur, tersebut sudah go international.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Dukung Pertumbuhan UMKM Kuliner, Wahyoo Gelar Sayembarasa

Wahyoo bersama Livin by Mandiri kembali menyelenggarakan Sayembarasa batch 2, dalam mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia.

EKONOMI | 2 Juli 2022

Jalan Lingkar Timur Urai Kemacetan di Ruas Cirebon-Kuningan

Pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan untuk mengurangi kemacetan di ruas Cirebon-Kuningan, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar.

EKONOMI | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lukashenko Klaim Belarusia Cegat Serangan Rudal Ukraina

Lukashenko Klaim Belarusia Cegat Serangan Rudal Ukraina

NEWS | 22 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings