Logo BeritaSatu

Pemerintah Diminta Realisasikan Penerapan Nilai Ekonomi Karbon

Selasa, 14 September 2021 | 20:54 WIB
Oleh : Chairul Fikri / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah memalui Kementerian ESDM diminta segera merealisasikan penerapan nilai ekonomi karbon untuk menjaga daya saing industri Indonesia di dunia global. Dorongan tersebut mencuat dalam podcast bertajuk "Pro dan Kontra RUU KUP Pajak Karbon untuk Indonesia" yang diselenggarakan Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI), akhir pekan lalu.

Podcast PCJI diselenggarakan dua sesi melibatkan panelis Paul Butar Butar selaku Direktur Eksekutif Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Kepala Seksi Industri Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Joko Tri Haryanto, Direktur Eksekutif IESR Fabby Tumiwa, dan Dicky Edwin Hindarto dalam kapasitas konsultan energi.

"Pasar dunia saat ini sudah bergerak dalam pengembangan ekonomi rendah karbon di segala lini. Tidak berhenti pada pasar domestik masing-masing negara, pergerakan ekonomi rendah karbon juga sudah mulai menjadi pertimbangan dalam hubungan perdagangan bilateral dan multilateral," ungkap Pendiri PJCI, Eddie Widiono dalam keterangan persnya, Selasa (14/9/2021).

Eddie Widiono kembali menegaskan pentingnya nilai ekonomi karbon bagi daya saing Indonesia. Untuk itu, katanya, Indonesia tidak memiliki keleluasaan untuk menunda penerapan nilai ekonomi karbon. Konsep daya saing sebuah negara di pasar global saat ini mengalami pergeseran. Saat ini, daya saing tidak melulu ditentukan oleh kualitas atau harga dari barang dan jasa, tetapi sudah memperhitungkan biaya eksternalitas yang ditimbulkan dari jejak emisi karbon barang dan jasa tersebut.

"Menunda penerapan nilai ekonomi karbon dengan tujuan menjaga daya saing Indonesia sebenarnya kontraproduktif dalam kerangka berpikir daya saing global saat ini," tegasnya.

Sementara itu, Paul Butar Butar mengatakan, penundaan atas pengenaan nilai ekonomi karbon akan berdampak negatif terhadap daya saing industri Indonesia di pasar dunia.

"Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di sektor ketenagalistrikan serta inisiatif-inisiatif rendah karbon yang digunakan di industri-industri lain merupakan contoh nyata pergerakan menuju ekonomi rendah karbon," ujarnya.

Perubahan iklim telah menjadi isu krusial nasional maupun global. Sejumlah negara-negara di dunia berupaya mengurangi dampak dari perubahan iklim dengan melahirkan Konvensi Kerangka Kerja tentang perubahan iklim atau The United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) yang telah disepakati di Rio de Janeiro pada 1992. Indonesia sebagai salah satu negara anggota United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) menyatakan ikut berkomitmen menurunkan tingkat emisi sebanyak 29%-41% pada tahun 2030 dengan kerjasama internasional yang dituangkan dalam dokumen Nationally Determined Contributions (NDC) sesuai dengan Persetujuan Paris atau Paris Agreement.

Dua skema dicanangkan pemerintah untuk kebijakan pajak karbon. Skema pertama yaitu mengadakan pungutan pajak karbon dengan menggunakan instrumen perpajakan yang sudah tersedia saat ini. Sedangkan skema kedua, dengan membentuk suatu instrumen baru, yaitu adanya kebijakan tersendiri mengenai pajak karbon di Indonesia. Namun, untuk instrumen baru ini nantinya akan menjadi revisi dari UU Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Puan Maharani Dorong Pemerintah Stabilkan Kebutuhan Pokok

Ketua DPR Puan Maharani mendorong pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok sebelum menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

EKONOMI | 17 Mei 2022

PLN Bangun Gardu Induk Digital di Teluk Naga Tangerang

PLN kini membangun 2 infrastruktur ketenagalistrikan, yaitu Gardu Induk Digital (GID) 150 kV Teluk Naga Tangerang.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Bahlil: Presiden Punyai Jurus Khusus Taklukkan Elon Musk

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis CEO Tesla Elon Musk akan merealisasikan investasinya di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Momentum Pertumbuhan Ekonomi Selama Lebaran Harus Dijaga

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi perlu jaga daya beli masyarakat yang menggeliat saat Lebaran.

EKONOMI | 17 Mei 2022

B20 Sustainability 4.0 Awards Dorong Praktik Keberlanjutan

B20 Sustainability 4.0 Awards untuk pertama kalinya akan digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Pemerintah Gandeng Pelaku Usaha Luncurkan MigorRakyat

Kemendag dan Kementerian BUMN menggandeng pelaku usaha minyak goreng  pada peluncuran program MigorRakyat.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Gaet Investasi Tesla, Ini PR Besar yang Harus Diselesaikan

Meski Presiden Jokowi sudah bertemu langsung dengan CEO Tesla Elon Musk, tidak ada jaminan Tesla segera merealisasikan investasinya di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Startup Manuva Digitalisasi Manufaktur UMKM Indonesia

Startup Manuva yang sebelumnya bernama Tjetak kini memperluas solusi bisnisnya untuk mendigitalisasi manufaktur UMKM dari hulu ke hilir.

EKONOMI | 17 Mei 2022

GreenWavex Perbanyak Instrumen Saham Global dan Lokal

GreenWave Exchange menambah daftar instrumen investasi saham yang bisa dipilih para investor di Indonesia.

EKONOMI | 17 Mei 2022

Pengembang Properti Gelar Flash Sale di IPEX 2022, Cek

Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) akan menggelar promo menarik melalui acara flash sale yang melibatkan sejumlah pengembang properti.

EKONOMI | 17 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kejagung Periksa 5 Auditor Ditjen Bea Cukai Kemenkeu

Kejagung Periksa 5 Auditor Ditjen Bea Cukai Kemenkeu

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings