Logo BeritaSatu

Sandang Predikat Unicorn, Ini Rencana Bisnis Xendit

Rabu, 15 September 2021 | 16:21 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan infrastruktur pembayaran Xendit mengumumkan perolehan pendanaan Seri-C senilai Rp 2,1 triliun (US$ 150 juta). Pendanaan ini sekaligus menjadikan Xendit sebagai startup unicorn terbaru di Indonesia dengan nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar.

Co-founder dan COO Xendit, Tessa Wijaya menyampaikan, dengan investasi baru sebesar Rp 2,1 triliun ini, Xendit berencana untuk terus melakukan inovasi produk dan melakukan ekspansi ke negara-negara lain di Asia Tenggara. Saat ini, Xendit beroperasi di Indonesia dan Filipina.

“Kami ingin mengembangkan produk kami ke pasar baru dan negara baru juga. Xendit memang sudah berada di Indonesia dan Filipina, tetapi kami merasa kami juga bisa menjadi nomor satu bukan hanya di kedua negara tersebut, tetapi juga di negara lain di Asia Tenggara,” kata Tessa Wijaya dalam konferensi pers secara daring, Rabu (14/9/2021).

Sebagai perusahaan yang fokus pada produk, Tessa mengatakan Xendit juga akan terus melakukan ekspansi layanan dan produk-produknya. Rencana lainnya adalah membantu lebih banyak lagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk go digital.

“Memang di Indonesia ini banyak sekali UMKM dengan potensi untuk go digital. Ke depan, Xendit ingin mendukung para UMKM tersebut agar dapat go digital ataupun berdagang secara digital dengan mudah dan sederhana,” paparnya.

Dalam menghadirkan layanan baru, Xendit juga akan fokus mengembangkan produk-produk pinjaman, sehingga para merchant-nya atau para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya bisa mendapatkan pendanaan yang cukup.

Tessa menambahkan, status baru Xendit sebagai unicorn akan membantu memperkuat misi yang sejak awal menjadi pegangan Xendit, yaitu menyediakan infrastruktur keuangan yang andal dan aman bagi jutaan perusahaan di seluruh wilayah Asia Tenggara, dan membantu para pelaku bisnis untuk tumbuh dan maju bersama ekonomi digital yang sedang berkembang.

Dengan pendanaan baru Xendit, Tessa Wijaya juga sekaligus menjadi co-founder perempuan pertama di startup Indonesia yang berhasil mengembangkan bisnisnya hingga mencapai status unicorn.

Sebagai informasi, Xendit adalah payment gateway yang berfokus pada menyediakan infrastruktur pembayaran dari berbagai channel pembayaran online, di mana Xendit memproses pembayaran dan membantu marketplace atau UMKM menyederhanakan pembayaran.

Sederhananya, Xendit adalah pemain infrastruktur, di mana Xendit menyediakan "jalan tol" untuk UMKM atau perusahaan yang ingin go digital. Pada 2020 lalu, Xendit memproses sebanyak 65 juta transaksi. Targetnya di 2021 ini transaksi yang diproses sebanyak 110 juta.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonomi Pulih, Dwicitra Land Optimistis Penjualan Melesat

Meningkatnya daya beli masyarakat berdampak langsung pada angka penjualan perumahan yang digarap Dwicitra Land.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Kebijakan 40% Belanja Produk Lokal Ciptakan 2 Juta Lapangan Kerja Baru

Kebijakan penggunaan minimal 40% anggaran pengadaan barang dan jasa di kementerian/lembaga  dapat menyerap sekitar 2 juta lapangan kerja baru.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Ekonomi Mulai Pulih, Industri BPR-BPRS Punya Prospek Baik

Pada triwulan I-2022, kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) tetap terjaga.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Forum B-20 Indonesia Bahas Masa Depan Pendidikan dan Pekerjaan di Era Digital

Kadin sebagai penyelenggara Presidensi B-20 Indonesia menggelar forum diskusi virtual terkait masa depan pendidikan dan pekerjaan di era digitalisasi.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Q-1 2022, Realisasi Capex Telkom Baru 16% dari Target

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menyiapkan anggaran capital expenditure (capex) Rp 40 triliun pada tahun ini.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Dear Milenial, Kenali Aset Kripto Sebelum Berinvestasi

Great Edu ajak milenial mengenali seluk beluk aset kripto dengan menggulirkan online talkshow "Investasi Kripto, Mulai Darimana?", Sabtu (25/5/2022).

EKONOMI | 28 Mei 2022

Rusia Pertimbangkan Kripto untuk Pembayaran Internasional

Rusia sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan mata uang kripto digunakan untuk pembayaran internasional. Diskusi telah berlangsung berbulan-bulan.

EKONOMI | 28 Mei 2022

WIR Asia Pamer Teknologi Metaverse Pendidikan di WEF 2022

PT WIR Asia Tbk (WIRG) ternyata sudah tiga kali berpartisipasi di ajang World Economic Forum (WEF), terkini di Davos, Swiss, 23-26 Mei 2022.

EKONOMI | 28 Mei 2022

ICSA Targetkan Anggotanya Mencapai 450 Orang Akhir Tahun

Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) optimistis anggotanya bakal bertambah menjadi 450 orang pada akhir 2022.

EKONOMI | 28 Mei 2022

Bursa Eropa Menutup Pekan Ini dengan Positif, Stoxx Naik 1%

Bursa Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Jumat (27/5/2022). Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,42%, DAX Jerman naik 1,62%, FTSE Inggris naik 0,27%.

EKONOMI | 28 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Diusut, Dugaan Berbagai Aliran Uang ke Wali Kota Ambon

Diusut, Dugaan Berbagai Aliran Uang ke Wali Kota Ambon

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings