Logo BeritaSatu

Multipolar Suntik Dana ke Platform Audio Streaming Noice

Selasa, 21 September 2021 | 12:06 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Multipolar Tbk (MLPL) emiten investasi multisektor Grup Lippo baru saja menanamkan investasinya ke platform podcast dan media audio digital, Noice. Investasi yang tidak disebutkan nilainya ini dilakukan Multipolar dengan cara penyertaan modal ke PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI).

MARI disebut telah menggunakan kepemimpinannya sebagai perusahaan media radio dan audio terkemuka, dengan menghadirkan podcast media baru dan platform media audio digital terkemuka di Indonesia yang disebut Noice (podcast, radio, audiobook).

Advertisement

Manajamen Multipolar dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021) menyebutkan, ada empat alasan yang membuat perseroan berinvestasi di Noice. Pertama, konten unik dan asli. Memanfaatkan keahlian perusahaan induknya akan memungkinkan Noice untuk menghasilkan konten asli dan unik. Noice memproduksi lebih dari 100+ tema konten asli.

Kedua, jajaran pemimpin Noice, yakni Rado Adrian (CEO) dan Niken Sasmaya (CBO) adalah pemimpin yang sebelumnya punya rekam jejak menjadi eksekutif di Google dan Youtube. Ketiga, faktor transaksi yang kuat dan berfokus pada pelanggan. Noice disebut telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna tahun ini dengan hampir nol biaya akuisisi pelanggan.

Keempat, faktor teknologi yang canggih. Noice didukung oleh modal ventura dan investor terkemuka di Indonesia dan Kawasan Asia.

Sebelumnya putaran pendaan seri A yang diraih Noice berasal dari Go-Ventures, Alpha JWC, Kinesys, dan Kenangan Fund. Setiap investor teknologi ini menghadirkan nilai tambah strategis, pengetahuan teknologi, dan ekosistemnya masing-masing.

Sebagai informasi, Multipolar adalah perusahaan investasi teknologi Lippo yang terdaftar secara publik dengan NAV (Nilai Aktiva Bersih) lebih dari Rp20 triliun, termasuk investasi di lebih dari 40 perusahaan teknologi tahap awal dan akhir di Indonesia dan kawasan.

Sebelumnya, Direktur Utama Multipolar Agus Arismunandar mengatakan perseroan tengah menggenjot investasi baru di area futuristik. Pasalnya selama 3-5 tahun ke depan, Multipolar akan mentransformasi portofolio bisnisnya menjadi yang bersifat future oriented, khususnya di bidang teknologi dan digital.

Adrian menambahkan, Multipolar sebagai perusahaan investasi yang berbasis di sektor teknologi saat ini memiliki beberapa strategi pengembangan. Antara lain, melakukan pendanaan terhadap perusahaan berbasis digital atau perusahaan rintisan (startup) yang dilakukan melalui modal ventura milik perseroan, yakni Venturra Capital. Multipolar juga melakukan transformasi digital di perusahaan tradisional dan mengubahnya untuk masuk ke digital ekonomi baru.

”Ini strategi yang kita lakukan, dengan strategi-strategi ini kami bisa menciptakan digital value. Kita juga bisa kontribusi ke ekonomi Indonesia. Apalagi, digital ekonomi ini satu faktor yang bisa membawa kita keluar dari post pandemi Covid. Dengan digitalisasi di beberapa sektor akan mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Terkait kinerja, perusahaan investasi yang bergerak di sektor teknologi, ritel, telekomunikasi, dan keuangan ini berhasil membukukan laba bersih atas entitas induk di kuartal II-2021 sebesar Rp 371 miliar atau melonjak hingga 250% dari kuartal II-2020 sebesar Rp 106 miliar. Sementara, laba bersih untuk periode 6 bulan tahun 2021 adalah sebesar Rp 104 miliar, meningkat dari rugi bersih sebesar Rp 352 miliar yang dicatatkan tahun sebelumnya.

Kemudian, melalui strategi bisnis yang dijalankan pada kuartal II-2021 berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp 2,8 triliun atau naik 9,8% jika dibandingkan dengan kuartal II-2020, serta peningkatan laba bruto sebesar Rp 538 miliar atau naik 6,3% (QoQ).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sandiaga: Kolaborasi Pariwisata Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sandiaga mengatakan, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menjadi ruang diskusi untuk merumuskan kembali industri pariwisata yang lebih adaptif.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Kemenaker Selesaikan Kasus Karyawan Lembur Tidak Dibayar

Haiyani menegaskan, Kemenaker menemukan adanya pelanggaran terhadap pembayaran upah lembur karaywan yang terjadi sejak September 2022.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Minta Perlakuan Ritel Modern Sama dengan Toko Online

Hippindo meminta perlakuan yang sama antara ritel modern dengan toko online, sehingga persaingan usaha antara yang offline dan online menjadi lebih sehat.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Harga Beras Naik, Minyakita Langka di Sukabumi

Masyarakat keluhkan kenaikan beberapa bahan pokok penting, beras mahal, dan minyak goreng langka di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak

EKONOMI | 4 Februari 2023

Hippindo Tanggapi Fenomena Banyak Gerai Ritel Modern Tutup

Hippindo ikut bersuara terkait fenomena tutupnya sejumlah gerai ritel modern, termasuk tujuh gerai Transmart ditutup permanen.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Satu Demi Satu Gerai Ritel Besar Tutup, Pertanda Sunset?

“Saya melihat ini karena siklus bisnis saja, ada saatnya lesu dan ada saatnya naik,” kata Eisha M. Rachbini kepada Beritasatu.com.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Apakah AI Berbahaya bagi Manusia? Ini Kata Founder Prosa.ai

Teguh Eko Budiarto, CEO Prosa.ai, mengatakan skenario AI lepas kendali bisa saja terjadi, tetapi kecil kemungkinannya.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Beras Medium 5 Kg Tangerang Mulai Hilang, Kualitas Jelek

Di Pondok Aren, beras medium ukuran 10 kilogram dan 5 kilogram sudah tidak dijual karena kelangkaan stok dari gudang.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Langka, Harga Beras di Ciledug Naik Gila-gilaan

Hampir semua jenis beras mengalami kenaikan lebih dari separuh harga normal. Harga beras per karung 50 kg semula Rp 300.000, naik menjadi Rp 630.000.

EKONOMI | 4 Februari 2023

Bangun Laboratorium, IDSurvey Perluas Pasar ke Pontianak

IDSurvey meresmikan kantor dan laboratorium Sucofindo cabang Pontianak sebagai komitmen mendekatkan holding kepada pelanggan.

EKONOMI | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

NEWS | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE