Logo BeritaSatu

Fokus Pasar: Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Rendah

Rabu, 22 September 2021 | 09:39 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali mempertahankan suku bunga acuan 7DRRR pada level 3,5%. Keputusan ini dinilai perlu diambil untuk menjaga stabilitas nilai tukar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan Rapat Dewan Gubernur BI yang digelar pada tanggal 20 – 21 September lalu. Bank Indonesia melihat kinerja ekonomi domestik telah menunjukkan adanya perbaikan secara bertahap seiring dengan perbaikan mobilitas akibat pelonggaran PPKM. Pada awal Agustus 2021, aktivitas domestik membaik dan tercermin dari beberapa indikator diantaranya penjualan retail, PMI manufaktur, sistem kliring BI dan RTGS yang menunjukkan adanya peningkatan.

Selain itu, kinerja ekspor tetap kuat seiring dengan kenaikan permintaan dari mitra dagang. kemudian, rupiah tercatat dalam posisi depresiasi 1,35% secara year to date, relatif lebih rendah dibanding mata uang negara berkembang lainnya seperti Malaysia, Filipina dan Thailand.

Bank Indonesia mencatat, sebanyak Rp 2,99 triliun modal asing keluar dari pasar keuangan domestik pada minggu ketiga September 2021. Aliran modal asing yang keluar dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp 4,03 triliun dan pasar saham sebesar Rp 1,04 triliun. Di sisi lain, aliran modal asing yang masuk ke pasar keuangan domestik sepanjang 2021 tercatat mencapai Rp 18,21 triliun.

Pada saat yang sama, imbal hasil SBN tenor 10 tahun tercatat meningkat menjadi 6,14%. Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Upaya lainya, juga dilakukan dengan memperkuat langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Bank Indonesia menilai kondisi perekonomian Indonesia saat ini dapat lebih kuat dibandingkan pada tahun 2013 untuk menghadapi fluktuasi dari pasar keuangan dimana The Fed diproyeksikan akan segera melakukan tapering.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Melemah 1%, IHSG Gagal Bertahan di Kisaran 7.000

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 1,02% ke 6.964,4 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (30/9/2022).

EKONOMI | 30 September 2022

Bursa Asia Dibuka Melemah Menyusul Jatuhnya S&P 500

Bursa Asia-Pasifik diperdagangkan lebih rendah pada hari Jumat (30/9/2022). Pelaku pasar menunggu data manufaktur Tiongkok yang akan dirilis hari ini.

EKONOMI | 30 September 2022

Dewan Komisaris PTPP Tinjau Progres Tiga Proyek Sekaligus

Andi Gani menegaskan, dewan komisaris PTPP mengapresiasi kinerja tim proyek perseroan yang selalu menerapkan inovasi dalam setiap proses pembangunan.

EKONOMI | 30 September 2022

Berbisnis Lebih Menguntungkan dengan Bank Mayapada

Bank Mayapada berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas produk serta pelayanannya bagi nasabah untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nasabah.

EKONOMI | 29 September 2022

Fasilitas dan Infrastruktur, Fokus Utama Konsumen Perumahan

PT Kesuma Agung Selaras (KAS) meresmikan jembatan dan akses jalan yang menghubungkan perumahan Graha Laras Sentul dengan kawasan sekitarnya.

EKONOMI | 30 September 2022

Gandeng Sinergy Networks, Surge Bidik Pendapatan Rp 821 M

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge melalui PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) menandatangani perjanjian dengan Sinergy Networks.

EKONOMI | 30 September 2022

Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA Dkk

Traveloka, mendapatkan fasilitas pendanaan US$ 300 juta dari Indonesia Investment Authority, BlackRock, Allianz Global Investors, Orion Capital Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

ICT Business Partnership, Pengusaha Korea-Indonesia Jalin Kerja Sama

Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Korea bekerja sama dengan Korea National IT Industry Promotion Agency menggelar ICT Business Partnership.

EKONOMI | 29 September 2022

OPEC Disinyalir Pangkas Produksi, Harga Minyak Mentah Turun

Sempat menyentuh US$ 90 per barel, harga minyak mentah dunia Brent akhirnya turun pada perdagangan Jumat pagi (30/9/2022) di Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

Dari Merugi Garuda Untung Rp 57 Triliun, Kok Bisa?

Laba bersih tersebut merupakan hasil dari pembalikan liabilitas atau utang setelah Garuda menuntaskan PKPU.

EKONOMI | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PGRI Ungkap 3 Penyebab Polemik RUU Sisdiknas

PGRI Ungkap 3 Penyebab Polemik RUU Sisdiknas

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings