Logo BeritaSatu

HUT ke-70, Lautan Luas Adopsi Kampung di Mauk

Rabu, 22 September 2021 | 15:43 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka merayakan hari jadinya ke-70, PT Lautan Luas Tbk menggandeng Yayasan Habitat for Humanity Indonesia dan Yayasan Happy Hearts Indonesia untuk bekerja sama dalam menyukseskan pembangunan 70 rumah, 7 pengelolaan air, dan 7 sekolah yang nantinya akan menjadi Kampung Lautan Luas.

“Usia 70 tahun merupakan permulaan baru dalam perjalanan Lautan Luas, berawal dari tanah air Indonesia, perusahaan turut mengambil peran #LautanLuasBuildIndonesia dengan mengadopsi sebuah desa di Mauk, Tangerang dengan membangun 70 rumah, 7 pengelolaan air dan 7 sekolah,” ungkap Jimmy Masrin selaku Jimmy Masrin selaku Wakil Direktur Utama Lautan Luas dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Sejak tahun 2010, Lautan Luas sudah berkomitmen untuk memperbaiki, membangun dan memberikan rumah layak huni kepada masyarakat yang dibangun di Sentul, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Medan, Gresik dan Karawang sebanyak 218 rumah. Di sektor pendidikan, Lautan Luas juga telah membangun kembali lebih dari 11 sekolah di penjuru Indonesia di wilayah Karawang, Jakarta, Tangerang, Cilegon, Gresik, Medan, Palembang, dan juga Indonesia Timur di Lombok, Sumba, dan Malaka.

Proyek ini akan dilakukan di Desa Margamulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Wilayah Mauk menjadi target lokasi pembangunan dalam program ini karena merupakan salah satu area yang letaknya tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta, namun kebutuhan rumah layak huni dan akses terhadap sanitasi dan air bersih sangat tinggi.

Setidaknya masih ada kebutuhan 3.550 rumah layak huni serta 2.320 toilet individual di masing-masing rumah. Dua hal ini merupakan kebutuhan mendasar bagi keluarga, namun kondisi keluarga di Mauk yang merupakan masyarakat berpenghasilan rendah (pendapatan 300.000-500.000 /bulan /keluarga) tidak memungkinkan mereka untuk dapat membangun rumah yang layak.

Desa Margamulya yang merupakan area layanan Kampung Lautan Luas terletak dekat dengan laut, sehingga warga kesulitan akan air bersih, belum lagi area terbuka menyebabkan lokasi ini rentan untuk diterpa angin kencang. Hal ini yang mendorong pentingnya pembangunan rumah layak huni bagi keluarga di sana agar mereka dapat hidup di tempat tinggal yang kokoh, aman, dan nyaman.

“Rumah merupakan basis kehidupan setiap keluarga. Jadi, rumah lebih dari sekedar bangunan, tetapi tempat di mana keluarga memulai hari, merajut cita, dan mewujudkan harapan mereka. Terutama di masa pandemi ini, rumah merupakan benteng perlindungan bagi keluarga terhadap penyakit. Upaya yang dilakukan PT Lautan Luas Tbk bukan sekedar membangun hunian layak, tetapi juga membangun kehidupan warga di Desa Margamulya," Susanto selaku Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia.

Selain itu, Lautan Luas juga bekerja sama dengan Yayasan Happy Hearts Indonesia untuk membangun kembali 7 sekolah di daerah Mauk dengan tujuan agar anak-anak sekolah yang kurang beruntung memiliki akses ke fasilitas pendidikan yang lebih layak dan aman.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen dan kepedulian PT Lautan Luas Tbk dari tahun 2013 bersama kami dalam menciptakan akses pendidikan yang lebih baik untuk anak-anak Indonesia, terutama di area-area yang masih tertinggal. Kami harapkan bantuan donasi yang berkelanjutan di bidang pendidikan seperti ini dapat menjadi investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membangun masa depan yang lebih baik untuk anak-anak Indonesia,” ujar Sylvia Beiwinkler selaku Chief Executive Officer Happy Hearts Indonesia.

Lautan Luas ingin memberikan manfaat bagi masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap rumah dan pendidikan yang layak. Tidak hanya itu, karyawan Lautan Luas juga turut berpartisipasi dengan mengikuti rangkaian kegiatan ulang tahun Lautan Luas Tbk di antaranya virtual run dan photo contest yang nantinya poin dari kegiatan tersebut akan dikonversikan ke rupiah, dimana artinya para karyawan juga ikut membantu dalam pembangunan Kampung Lautan Luas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

NEWS | 40 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings