Logo BeritaSatu

Bahan Bangunan Inovatif Jadi Elemen Penting Arsitektur Modern

Rabu, 22 September 2021 | 21:13 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Desain arsitektur berkembang seiring dengan kemajuan teknologi digital yang semakin canggih dengan kehadiran perangkat lunak atau software untuk membantu dalam penyelesaian bentuk bangunan. Bentuk yang semakin dinamis dari hasil olah digital ini, perlu diimbangi teknologi bahan bangunan yang adaptif terhadap tuntutan desain modern.

GM Marketing PT Kenari Djaja Prima, Eric Sjarifudin mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang konstruksi terkait material bangunan turut serta mengalami kemajuan yang signifikan.

"Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pelaku bisnis building materials ditantang mengedepankan inovasi dengan melakukan product development sehingga dapat memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan konsumen," kata Eric di acara seminar "Peran Bahan Bangunan Dalam Era Arsitektur Digital" yang diselenggarakan oleh Kenari Djaja bersama Prodi Arsitektur Unika Soegijapranata dan IAI Jawa Tengah, Rabu (22/9/2021).

Eric menjelaskan, inovasi produk merupakan komitmen besar produsen untuk mewujudkan impian masyarakat dalam wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang sustain, dengan tetap mempertahankan karakteristik arsitektur berkualitas tinggi serta bernilai artistik.

"Saat ini, banyak ditemukan inovasi terbaru mengenai material bangunan. Selain itu, di Indonesia sendiri memiliki banyak bidang arsitektur tropis diantaranya menggunakan bahan bangunan alami dan modern. Oleh karena itu, kita harus terus mengikuti perkembangan desain dan teknologi," jelasnya.

Dosen dan peneliti dari Arsitektur Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya, Prof Christina Eviutami Mediatica ST PhD, mengungkapkan, material bangunan turut berpengaruh pada sukses penciptaan sebuah karya arsitektur.

"Material struktur dan finishing bangunan dapat dibentuk sesuai tuntutan fungsi modern, sehingga memperkaya pengetahuan arsitek dalam berinovasi mengolah desainnya," ujarnya.

Di sisi lain, pengajar Arsitektur Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Prof Dr Ir James Erich Dominggus Rilatupa, menyatakan, karakter kayu turut serta dalam memengaruhi suatu bangunan.

"Sayangnya, bahan kayu saat ini hanya dapat digunakan secara terbatas, karena semakin tergerus ketersediaannya sebagai bahan alami. Sehingga, ada kekhawatiran suatu saat akan terjadi stagnasi pada rancangan bangunan berkarakter kayu yang berkesan tropis," kata James.

Ketua IAI Jawa Tengah, Sugiarto IAI, mengatakan, acara seminar semacam ini sangat penting bagi masa depan arsitektur di Indonesia.

"Oleh karena itu, kalangan arsitek sangat dianjurkan untuk memanfaatkan teknologi digital, dalam mengantisipasi penggunaan bahan bangunan bagi desain arsitektur modern," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DJP Optimistis Penerimaan Pajak 2022 Lampaui Rp 1.485 T

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) optimistis penerimaan pajak tahun 2022 akan melampaui  target yang ditetapkan sebesar Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 30 November 2022

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas

Sebanyak 500 UMKM binaan Pertamina akan berpartisipasi secara online maupun offline dalam Pertamina SMEXPO 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Honeywell Komitmen Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Honeywell menyatakan kesiapan dalam mendukung Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mewujudkan ibu kota yang cerdas dan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 November 2022

Erick Thohir Sebut Impor Beras Sebagai Langkah Keseimbangan

Erick Thohir menyatakan, impor beras sebagai langkah memastikan terjadinya keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

52,9 Juta Wajib Pajak Bisa Gunakan NIK Sebagai NPWP

Neil mengatakan, pengintegrasian NIK sebagai NPWP bertujuan meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

EKONOMI | 29 November 2022

Pacu Bisnis KPR, KB Bukopin Gandeng Asosiasi Agen Properti

KB Bukopin mengumumkan kerja sama strategis dengan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) dalam memacu bisnis kredit pemilikan rumah (KPR).

EKONOMI | 29 November 2022

Begini Strategi BRI Finance Targetkan NPF di Bawah 2,5%

PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) menetapkan target NPF di bawah 2,5% melalui strategi tata kelola yang baik.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu: Pemerintah Waspadai Dampak Kebijakan The Fed

Wamenkeu Suahasil Nazara mengatakan, gejolak perekonomian global bisa terjadi karena The Fed masih akan menaikan suku bunga acuan di tahun 2023 nanti.

EKONOMI | 29 November 2022

Indonesia Dapat Komitmen Rp 314 Miliar untuk Transisi Energi

Indonesia mendapat komitmen dana asing US$ 20 juta (Rp 314 miliar) untuk transisi energi.

EKONOMI | 29 November 2022

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang Kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 Greenovator

Kompetisi ini terdiri dari roadshow, workshop, penyampaian karya inovasi, screening, pembekalan, presentasi, verifikasi lapangan, dan penetapan pemenang.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

NEWS | 36 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE