Logo BeritaSatu
Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021

Iriana Jokowi Ajak Pelaku UMKM Berinovasi dan Berkreativitas

Kamis, 23 September 2021 | 12:06 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dan berkreativitas menciptakan hal yang baru karya-karya kreatif.

Iriana mengakui di masa pandemi Covid-19, ada UMKM yang mampu bertahan bahkan tumbuh menjadi lebih baik. Namun ada juga yang terpaksa harus menghentikan usaha, produksi dan pekerjaannya di tengah situasi yang berat ini. Namun ia mengajak agar para pelaku usaha ini tidak boleh berputus asa.

"Kita harus tetap menjaga semangat optimis, mengubah kesulitan menjadi pemicu tumbuhnya inovasi dan kreativitas-kreativitas baru, yang akan membawa posisi kita ke posisi yang lebih baik di masa yang akan datang," katanya saat membuka secara resmi Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual, Kamis (23/9/2021).

Menurutnya di saat semua bangsa mengalami keterlambatan, Indonesia harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya, meningkatkan keahlian dari sisi produk, desain, dan pemasaran, agar dapat menjawab selera dan kebutuhan masyarakat domestik dan internasional.

Agar produk-produk UMKM Indonesia, lanjut Iriana, semakin dikenal dan diminati, sudah saatnya UMKM bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru dengan meningkatkan kapasitas UMKM menyelenggarakan berbagai pelatihan seperti digitalisasi kewirausahaan, bisnis coaching, kemampuan membangun relasi bisnis produk-produk UMKM.

"Peluang UMKM kita untuk tumbuh besar dan maju terbuka sangat luas. Pasar domestik kita sangat besar. Ada 277 juta penduduk Indonesia yang siap membeli produk-produk berkualitas UMKM Indonesia," ujarnya optimis.

Di samping itu juga ada pasar nasional yang peluangnya terbuka semakin luas, pemanfaatan ruang-ruang virtual untuk mempromosikan dan memasarkan produk, dapat memperluas jangkauan pengenalan produk-produk UMKM Indonesia.

Maka dari itu, pemerintah memberi kesempatan yang lebih luas kepada UMKM untuk menjual produk-produknya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Di masa yang akan datang, UMKM harus terus didorong agar memiliki orientasi dan pengetahuan luas mengenai ekspor.

Bermodal pada pemahaman dan kompetensi pada digitalisasi serta dukungan produk yang berkualitas setara berkualitas produk-produk UMKM dari seluruh dunia.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya juga ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk semakin bangga produk-produk Indonesia, semakin banyak pembeli menggunakan produk-produk Tanah Air, agar UMKM kita mampu melewati situasi yang berat ini. Dengan demikian masyarakat yang bekerja di sektor UMKM tetap memperoleh penghasilan," ungkap Iriana.

Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 digelar pada 23 hingga 26 September mendatang. Mengambil tema “Sinergi, Globalisasi dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata”, puncak KKI 2021 merupakan panggung bersama Bank Indonesia dengan Kementerian/Lembaga dalam mendorong optimisme serta kebangkitan UMKM di era pandemi.

Acara tersebut akan menyajikan pameran virtual produk UMKM, testimoni menteri, policy dialogue, pagelaran karya kreatif, business coaching, business matching, talk show, webinar dan pemberian penghargaan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Erick Thohir Incar Investasi dari Adani Group

Menteri BUMN Erick Thohir mengharapkan terjalinnya kerja sama antara BUMN dan perusahaan asal India, Adani Group.

EKONOMI | 27 September 2022

Tekan Inflasi Pangan, Petani Milenial Subang Tanam Cabai

Petani milenial menanam ribuan bibit cabai keriting di lahan 5000 meter persegi di wilayah Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

EKONOMI | 27 September 2022

Aplikator Baja Ringan Ikut Uji Kompetensi Tenaga Konstruksi

Serfifikasi tenaga konstruksi juga sejalan dengan rencana pemerintah membangun Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim.

EKONOMI | 27 September 2022

BBM Lebih Boros Sejak Pertalite Naik? Ini Cara Memastikannya

Baru-baru ini, beberapa pengendara mengeluhkan Pertalite terasa semakin boros dan lebih cepat menguap dibandingkan sebelum adanya kenaikan harga.

EKONOMI | 27 September 2022

Rachmat Gobel Dorong Indonesia Bisa Swasembada Aspal

Buton, salah satu pulau di provinsi tersebut, memiliki cadangan aspal besar di dunia. Potensinya sekitar 663 juta ton.

EKONOMI | 27 September 2022

Delameta Bilano Buktikan Teknologi Nasional Mampu Bersaing di Kancah Dunia

Delameta Bilano selaku produsen IoT dalam negeri telah mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dikeluarkan oleh Kemenperin.

EKONOMI | 27 September 2022

PT Rintis Koneksikan 10 Bank Jadi Peserta BI-Fast Batch IV

Sebanyak 10 bank menjadi peserta BI-Fast batch IV melalui multi-tenancy infrastruktur sharing PT Rintis Sejahtera (Rintis), pemilik jaringan ATM Prima.

EKONOMI | 27 September 2022

Tok! Right Issue Waskita Karya Rp 980 Miliar Disetujui

Pada 2022 Waskita Karya akan mendapatkan alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun.

EKONOMI | 27 September 2022

Sektor Basic dan Teknologi Picu IHSG Turun 34 Poin di Sesi I

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 153,7 miliar saham senilai Rp 7,1 triliun.

EKONOMI | 27 September 2022

AFPI Laporkan Pinjol Ilegal Replikasi Fintech ke Bareskrim

AFPI melaporkan dugaan tindak pidana replikasi 28 platform fintech peer to peer (p2p) lending berizin kepada Bareskrim, Polri

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan Inflasi Pangan, Petani Milenial Subang Tanam Cabai

Tekan Inflasi Pangan, Petani Milenial Subang Tanam Cabai

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings