Logo BeritaSatu

Raih Kontrak Pengadaan Laptop, Zyrexindo Targetkan Pertumbuhan 150%

Minggu, 26 September 2021 | 07:29 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Zyrexindo Mandiri Buana Tbk (ZYRX) incar pertumbuhan penjualan hingga 150% pada akhir tahun 2021. Target ini ditopang oleh kontrak pengadaan 165.000 unit laptop dari Kemendikbudristek.

Direktur Utama Zyrexindo Timothy Siddik menjelaskan, pengadaan laptop dari pemerintah ini, tentunya berdampak baik bagi kinerja perseroan. Secara rinci, penjualan akan didominasi oleh laptop dengan persentase sekitar 85%.

“Sedangkan, sisanya yakni sebanyak 15% akan disumbang oleh penjualan komputer, server, digital signage, serta produk-produk Internet of Things (IoT) Smart Home yang baru saja kami luncurkan tanggal 21 September kemarin,” jelasnya kepada Investor Daily, baru-baru ini.

Untuk diketahui, produk IoT yang dimaksud yakni Zyrex Zmart Series untuk smart home seperti smart light, smart camera, door sensor, smart socket, dan smart IR yang dapat mengintegrasikan peralatan-peralatan elektronik di rumah kita.

Selain itu, lanjut Timothy hingga akhir tahun 2021, perseroan akan fokus meningkatkan penjualan laptop untuk segmen Business to Customer (B2C) dan juga Business to Government (B2G). Lantaran, perseroan menilai kebutuhan laptop di Indonesia masih sangat besar, dengan perkiraan sebanyak 3-4 juta unit/tahun. Sehingga diharapkan penjualan laptop setiap tahun akan meningkat.

“Ditambah lagi dengan adanya kebiasaan baru untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Work From Home (WFH) yang akan mendorong kepemilikan laptop secara individu di Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, perseroan telah mempersiapkan dana capital expenditure/capex pada tahun ini sebesar Rp 40 miliar untuk pelunasan pembelian gedung, penambahan fasilitas produksi sebanyak 4 lini produksi, dan juga instalasi solar panel. Sejauh ini, seluruh dana capex tersebut sudah terserap sepenuhnya atau lebih dari 90%.

Adapun, berbagai strategi yang dilakukan perseroan sesuai dengan niatan perseroan pascamelantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Maret lalu. Dalam pencatatan saham tersebut, Zyrexindo Buana Mandiri atau yang lebih dikenal dengan produk bernama Zyrex, siap memperluas pasar dengan menggarap pasar produk Internet of Things (IoT). Pun, menjadi bagian dari persiapan perseroan untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Dalam kesempatan ini, Timothy mengatakan, perseroan sangat optimis dengan prospek bisnis produk teknologi di Indonesia, khususnya di tengah era digitalisasi sekarang. Ada beberapa faktor yang menjadi alasan, salah satunya yaitu dukungan pemerintah dalam mengkampanyekan “Bangga Buatan Indonesia”.

Proyeksi Analis
Pengamat Pasar Modal dari Asosiasi Analis Efek Indonesia Reza Priyambada mengungkapkan, raihan kontrak tersebut dapat menjadi katalis positif yang meningkatkan kinerja secara fundamental dan juga dari segi harga saham perseroan.

“Pasalnya, perseroan sebagai perusahaan produsen elektronik dari hulu ke hilir. Maka, pendapatannya akan bergantung dari besaran gadget yang terjual,” kata Reza.

Reza menambahkan, pada bisnis ini, promosi dan kolaborasi dapat menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan. Dia mencontohkan, perseroan harus memperkuat brand dengan layanan purnajual yang baik agar mampu bersaing dengan kompetitor seperti Hewlett Packard (HP), Acer, Sony, Dell dan juga brand lainya.

“Selain itu, dukungan dari pemerintah juga diperlukan agar pemasaran semakin yang berimbas pada peningkatan penjualan gadget merek Zyrex,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Di Tengah Gelombang PHK, Startup-startup Kripto Ini Justru Tambah Pegawai

Sejumlah startup kripto justru menambah pegawai di tengah gelombang PHK di startup. Sejauh ini, hanya Tokocrypto yang melakukan PHK.

EKONOMI | 30 September 2022

Menguat Tipis, Kurs Rupiah Masih Nyangkut di Rp 15.200

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Jumat (30/9/2022), terpantau menguat ke kisaran Rp 15.235.

EKONOMI | 30 September 2022

Melemah 1%, IHSG Gagal Bertahan di Kisaran 7.000

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah 1,02% ke 6.964,4 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (30/9/2022).

EKONOMI | 30 September 2022

Bursa Asia Dibuka Melemah Menyusul Jatuhnya S&P 500

Bursa Asia-Pasifik diperdagangkan lebih rendah pada hari Jumat (30/9/2022). Pelaku pasar menunggu data manufaktur Tiongkok yang akan dirilis hari ini.

EKONOMI | 30 September 2022

Dewan Komisaris PTPP Tinjau Progres Tiga Proyek Sekaligus

Andi Gani menegaskan, dewan komisaris PTPP mengapresiasi kinerja tim proyek perseroan yang selalu menerapkan inovasi dalam setiap proses pembangunan.

EKONOMI | 30 September 2022

Berbisnis Lebih Menguntungkan dengan Bank Mayapada

Bank Mayapada berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas produk serta pelayanannya bagi nasabah untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nasabah.

EKONOMI | 29 September 2022

Fasilitas dan Infrastruktur, Fokus Utama Konsumen Perumahan

PT Kesuma Agung Selaras (KAS) meresmikan jembatan dan akses jalan yang menghubungkan perumahan Graha Laras Sentul dengan kawasan sekitarnya.

EKONOMI | 30 September 2022

Gandeng Sinergy Networks, Surge Bidik Pendapatan Rp 821 M

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge melalui PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) menandatangani perjanjian dengan Sinergy Networks.

EKONOMI | 30 September 2022

Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA Dkk

Traveloka, mendapatkan fasilitas pendanaan US$ 300 juta dari Indonesia Investment Authority, BlackRock, Allianz Global Investors, Orion Capital Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

ICT Business Partnership, Pengusaha Korea-Indonesia Jalin Kerja Sama

Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Korea bekerja sama dengan Korea National IT Industry Promotion Agency menggelar ICT Business Partnership.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Legislator Sarankan Pemerintah Menginisiasi Ulang Pokja RUU Sisdiknas

Legislator Sarankan Pemerintah Menginisiasi Ulang Pokja RUU Sisdiknas

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings