Logo BeritaSatu

Cryptoiz Perkenalkan NFT ke Musisi Indonesia Lewat Ajang Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:16 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Bandung, Beritasatu.com – Dalam rangka menyambut tren non-fungible token (NFT) yang tengah booming di industri aset kripto, Cryptoiz atau sebutan untuk pengguna cryptocurrency mengedukasi seniman, khususnya musisi Indonesia, mengenai NFT dengan menggelar ajang musik bertajuk “The Roots of Satoshi Nakamoto”. Ajang ini berisi rangkaian lomba instrumen musik, mulai gitar, bass, drum, dan instrumen lainnya.

Founder Cryptoiz Agus Artemiz mengatakan NFT dapat diartikan sebagai token yang merupakan bukti atau sertifikat kepemilikan sah sebuah aset digital, dalam hal ini karya seni digital. Jenisnya beragam, mulai karya seni visual, grafis, audio, hingga video. "Pada dasarnya semua aset digital dapat di-NFT-kan (minting)," kata Agus dalam keterangan tertulisnya Senin (27/9/2021).

Agus mengatakan keberadaannya yang berdiri di atas sistem blockchain juga membuat sistem royalti di NFT menjadi transparan dan setiap transaksi penjualan dan pelelangan akan tercatat dan terdata dengan kekal.

Sementara acara pendahuluan “Road to The Roots of Satoshi Nakamoto” telah dilaksanakan dalam format talkshow menghadirkan musisi dari Bandung, seperti Aska Rocket Rockers dan Beng Beng PAS Band yang nantinya ikut meramaikan “The Roots of Satoshi Nakamoto”. Talkshow tersebut berisi bincang-bincang seputar industri NFT di Indonesia.

Beng Beng mengaku siap meng-NFT-kan berbagai karya mereka, baik yang sudah rilis maupun ide-ide karya yang sudah terbayang tetapi belum direalisasikan. PAS Band memiliki beberapa dokumenter perjalanan yang selama ini hanya terpublikasi di salah satu radio lokal. "Dokumentasi tersebut layak untuk di-NFT-kan karena faktor kelangkaan dan nilai sejarahnya," kata Beng Beng.

Adapun Aska menambahkan bahwa Rocket Rockers merupakan band yang sangat concern terhadap dokumentasi perjalanan bandnya dari tahun ke tahun. Ia berniat meng-NFT-kan dokumentasi tersebut. Selain karena NFT memiliki nilai transparansi yang tidak dimiliki sistem lain, Aska melihat NFT sebagai gebrakan baru untuk kesejahteraan musisi karena sistem royaltinya yang membuka kesempatan bagi musisi atau seniman untuk mendapatkan apresiasi tersendiri untuk setiap karyanya.

Sebagai salah satu komunitas kripto awal di Indonesia, Cryptoiz mengajak siapa saja yang memiliki kapabilitas bermusik berpartisipasi dalam ajang ini. Selain pendaftaran gratis 14 September 2021 hingga 2 November mendatang, para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 20 juta. Selain itu, karya-karya terbaik juga akan listing di marketplace NFT terbesar dan pertama di Indonesia, yaitu TokoMall dari Tokocrypto (platform jual beli aset kripto). Untuk berpartisipasi dalam lomba ini, para peserta membuat akun di platform Tokocrypto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hey Coco Ajak Pelanggan Jadi Mitra

Hey Coco, produsen air minum dengan bahan dasar air kelapa dari Thailand, mengajak pelanggan menjadi mitra bisnis.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit usaha rakyat (KUR) diharapkan menyentuh petani kecil. Pasalnya, selama ini KUR dinilai tidak menyentuh petani kecil.

EKONOMI | 7 Oktober 2022

KHE Gandeng Sumitomo Garap Proyek PLTA Rp 270 T di Kaltara

PT Kayan Hydro Energy (KHE) menggandeng Sumitomo Corporation, pada proyek pembangunan PLTA di Kalimantan Utara (Kaltara) senilai US$ 17,8 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

OJK Perkuat Tiga Aspek Perlindungan Konsumen di Era Digital

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau pelaku usaha terus menjaga dan meningkatkan aspek perlindungan konsumen di era digital.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

Emiten sektor teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengumumkan akan melakukan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) secara bertahap.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bukit Asam Borong MTN PT Timah Senilai Rp 391,25 Miliar

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membeli Medium Term Notes (MTN) I PT Timah TBK (TINS) Tahun 2022 sebanyak 25 lembar atau senilai Rp 391,25 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pelayanan Petugas Pajak

Mayoritas responden yang memiliki NPWP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Telkom Dukung Digitalisasi Pendidikan di Daerah 3T

Telkom menyerahkan bantuan berupa perangkat device, network, application ke 321 sekolah di seluruh Indonesia terutama yang berada di wilayah 3T.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Survei Indikator: 80% Masyarakat Indonesia Belum Punya NPWP

Mayoritas responden dari survei Indikator Politik Indonesia menyatakan belum mempunyai nomor pajak wajib pajak (NPWP), yakni sekitar 80%.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

TransNusa Mulai Terbang Jakarta-Bali-Yogyakarta

TransNusa lepas landas pertamanya bersama penerbangan 8B 5532 pada pukul 08.20 WIB pagi dari Soekarno-Hatta dan mendarat di Yogyakarta pukul 09.25 WIB.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 6 Oktober 2022

Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 6 Oktober 2022

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings