Logo BeritaSatu

Tata Ulang, Waskita Karya Tidak Lagi Garap Proyek Tol

Selasa, 28 September 2021 | 14:01 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) akan kembali fokus pada core bisnis konstruksi terutama infrastruktur air, perkeretaapian, dan bandara. Kebijakan divestasi sejumlah ruas tol baik di Trans Jawa maupun Trans Sumatera menjadi strategi perseroan agar tidak lagi menjadi investor jalan tol.

Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, strategi dan bisnis Waskita ke depan akan refocusing pada bisnis konstruksi. “Jadi kenapa tol banyak dilepas karena kita berharap Waskita tidak lagi menjadi investor. Tetapi kembali kepada core konstruksi utamanya air, jalan, dan perkeretaapian,” kata Kartika dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, Senin (27/9/2021).

Karena itu, setelah Waskita menuntaskan pembangunan jalan tol pada 2025 nanti, jalan-jalan tol secara bertahap akan dilepas baik kepada sesama BUMN, pihak swasta, maupun Indonesia Investment Authority (INA)/Sovereign Wealth Fund (SWF).

Ia menegaskan, Waskita akan kembali kepada core bisnis awal pada 2025 supaya perseroan tidak lagi masuk pada investasi jangka panjang yang sebenarnya bukan core competence Waskita.

Selain itu, lanjut Kartika, pihaknya juga telah melakukan peningkatan manajemen keuangan komprehensif karena selepas dulu di Perusahaan Pengelola Aset (PPA), Waskita merupakan perusahaan yang sehat.

Tapi kemudian diberikan banyak tugas, padahal kesiapan manajemen keuangan dan risikonya rendah. Untuk itu, Waskita ditata ulang agar kondisi mismatch antara cash flow jangka pendek dan jangka panjang yang massif tidak kembali terulang.

Direktur Utama Waskita Destiawan Soewardjono juga mengungkapkan penyebab utama Waskita mengalami kesulitan keuangan lantaran keputusan pengambilan proyek termasuk turnkey hanya dilakukan oleh satu atau dua orang direksi.

Kemudian, mekanisme keputusan investasi land bank belum diatur secara jelas. Penyebab lainnya, investasi yang berlebihan di bisnis jalan tol yang dibiayai pinjaman jangka pendek sehingga menjadi mismatch. Termasuk tidak adanya direktur yang membidangi manajemen risiko.

Kompetisi sesama BUMN Karya juga tidak sehat sehingga margin konstruksi sangat rendah. Ditambah lagi, tidak adanya sistem informasi terpadu bagi manajemen maupun manajer proyek untuk memantau profitabilitas, solvabilitas, dan likuiditas.

“Kami melakukan perbaikan dari transformasi untuk mengatur kewenangan pemutusan proyek dan investasi sekaligus mengaktifkan peran komisaris. Kemudian pembuatan BOD Chapter untuk mengatur peran dan interaksi dewan komisaris dan direksi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Destiawan juga telah menambah nomenklatur direktur manajemen risiko yang merangkap sebagai direktur keuangan dan perbaikan SOP untuk pemutusan secara prinsip pembentukan komite risiko konstruksi dan investasi, serta penentuan spesialisasi Waskita di bidang infrastruktur air dan bandara. Termasuk penerapan enterprise resourcing planning dan financial dashboard hingga level proyek konstruksi dan investasi.

Dari program restrukturisasi, ia menargetkan tiga pilar utama. Pertama, menjadi nomor satu di EPC dalam empat tahun ke depan. Kedua, market cap menjadi dua kali, dan ketiga Ebitda menjadi tiga kali.

Sementara, tiga pilar utama pendukung adalah portofolio dan bisnis inovasi, land construction dan digitalisasi yang pondasinya berada pada financial manajemen risiko dan talent engine. Saat ini, Waskita sedang mencanangkan 18 program break through termasuk spesialisasi proyek konstruksi di segmen Sumber Daya Air (SDA) dan Bandara.

“Jadi overall dalam digitalisasi ini merupakan satu bisnis overview. Lalu likuiditas summary, debt summary, dan profit summary. Jadi ini adalah contoh dashboard financial Waskita. Kita akan melihat posisi likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas per bulan sehingga dari masing-masing proyek akan dilihat kondisinya. Secara konsolidasi juga akan bisa dilihat kemampuan Waskita untuk bisa mengerjakan proyek baru dan kondisi keuangan dan cashflow di dalam dashboard ini,” tutup Destiawan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Manufaktur Berbasis Kompleks Tekan Defisit Perdagangan

Perkembangan industri manufaktur berbasis kompleks turut menekan defisit perdagangan (trade deficit) di Indonesia.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Pasar Aset Kripto Stagnan, Investor Mulai Stop Akumulasi?

Pergerakan pasar aset kripto terlihat sideways (mendatar) atau stagnan, meski terpantau tetap berada di zona hijau pada Kamis (6/10/2022) pagi.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

259 Saham Naik, IHSG Menguat 11 Poin ke 7.086 di Sesi Siang

Volume perdagangan IHSG hingga sesi siang ini tercatat sebanyak 138,3 miliar saham senilai Rp 10,4 triliun.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kuartal III, Nilai Barang Resi Gudang Tembus Rp 1 Triliun

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) mencatat nilai barang yang masuk dalam resi gudang mencapai Rp 1,040 triliun sampai dengan kuartal III 2022.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Standarisasi Operasi MEPS Pelindo Group 124% dari Target

PT Pelindo Jasa Maritim menyatakan standarisasi operasi MEPS (marine, equipment and port services) sudah mencapai 124% dari target 2022.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Jokowi: Ekonomi Kreatif Solusi Tingkatkan Taraf Hidup Warga

Jokowi mengatakan, ekonomi kreatif (ekraf) menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Presiden Jokowi: Ekraf Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Presiden Jokowi optimistis di sektor ekraf semakin diperhitungkan untuk menjadi tulang punggung ekonomi, baik di Indonesia juga berbagai negara di dunia.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Setengah Jam Perdagangan, Rupiah Melemah ke Rp 14.200-an

Transaksi mata uang Garuda atau rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 15.198- Rp 15.208 per dolar AS.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

16 Menit Perdagangan, IHSG Naik 54,2 Poin Menjadi 7.125

Pukul 09.16 WIB, IHSG naik 54,2 poin (0,78%) menjadi 7.125 dan Investor33 naik menjadi ke 498,1.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

SPAM Kalsel Ditargetkan 74.402 SR dengan Investasi Rp 93 M

SPAM Banjarbakula di Kalsel akan memperluas layanan air minum dari 43.402 sambungan rumah menjadi 74.202 SR pada 2024.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengacara: Tuduhan KDRT terhadap Rizky Billar Berlebihan

Pengacara: Tuduhan KDRT terhadap Rizky Billar Berlebihan

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings