Logo BeritaSatu

Empat Proyek Integrasi Transportasi Jabodetabek Diresmikan, Ini Perinciannya

Rabu, 29 September 2021 | 19:14 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Empat proyek integrasi transportasi Jabodetabek diresmikan hari ini, Rabu (29/9/2021) oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Keempat proyek itu terdiri atas pencanangan kartu dan aplikasi Jaklingko, pencanangan pembangunan jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Dukuh Atas dan revitalisasi Stasiun Sudirman, peresmian penataan kawasan stasiun tahap 2, dan penandatanganan dokumen integrasi transportasi Jabodetabek.

"Hari ini ada empat kegiatan atau proyek yang akan diresmikan dan atau dicanangkan," kata Direktur Utama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) Tuhiyat dalam laporannya di acara peresmian empat proyek integrasi transportasi Jabodetabek.

Tuhiyat menjelaskan, kegiatan pertama yang dicanangkan adalah sistem pertiketan dan tarif integrasi. Sistem ini dilaksanakan oleh PT Jaklingko Indonesia. PT Jaklingko akan melakukan integrasi pertiketan dan tarif di Jabodetabek dalam tiga fase kegiatan.

"Saat ini PT Jaklingko telah menghasilkan kartu dan aplikasi Jaklingko yang telah diuji coba secara terbatas pada Agustus 2021 di KRL, MRT, Transjakarta, dan LRT Jakarta," jelas Tuhiyat.

Dia menuturkan, pencanangan kartu dan aplikasi Jaklingko tersebut menandai terselesaikannya Fase I dari tiga fase kegiatan integrasi tiket dan pembayaran.

Lalu, proyek kedua adalah pembangunan JPM Dukuh Atas dan revatiliasi Stasiun Sudirman. Untuk ini, kata Tuhiyat, yang ditugaskan menggarap adalah PT MITJ. Proyek ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian BUMN serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, BUMN, BUMD, serta swasta yang pendanaannya tidak bersumber dari APBN ataupun APBD. Melainkan, melalui pendanaan kreatif kerja sama strategis,

"Pembangunan JPM ditargetkan selesai bersamaan dengan rencana beroeprasinya LRT Jabodebek pada Juni 2022," papar Tuhiyat.

Proyek yang ketiga yang diresmikan adalah penataan stasiun tahap 2. Penataan tahap 2 ini meliputi Stasiun Tebet, Palmerah, Gondangdia, Manggarai, dan Jakarta Kota. Namun, untuk kali ini baru dua stasiun yang diresmikan, yakni Tebet dan Palmerah.

"Sementara progres penyelesaian pembangunan fisik tiga stasiun lain, Manggarai yang mencapai 95% dan Gondangdia 69% ditargetkan selesai tahun ini. Sedangkan, satu stasiun Jakarta Kota ditargetkan selesai tahun depan," ungkap Tuhiyat.

Terakhir adalah penandatanganan dokumen integrasi transportasi Jabodetabek. Menurut dia, telah dilakukan kajian menyeluruh untuk menyusun konsep integrasi jabodetabek.

Hasil kajian tersebut menunjukkan, untuk mengoptimalkan integrasi di Jabodetabek diperlukan setidaknya enam dimensi integrasi. Yaitu, integrasi fisik, manajemen, layanan, pertiketan, pembayaran, dan brand.

"Atas hal tersebut pada hari ini dapat kami laporkan dilakukan tanda tangan dokumen dimaksud antara PT MRT Jakarta dan KAI," ujar dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PT Mattel Indonesia Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie Per Minggu

PT Mattel Indonesia (PTMI) akan menggenjot produksi boneka Barbie hingga 3 juta per minggu atau 156 juta boneka Barbie dalam setahun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sasar Milenial, Sanex Lakukan Sejumlah Perubahan Strategi

Selain logo baru, perubahan dilakukan Sanex pada tahun 2022 ini di antaranya  pembaruan manajemen hingga memperluas distribusi produk,

EKONOMI | 8 Desember 2022

Kurs Rupiah Cenderung Stabil di Kisaran Rp 15.600

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Kamis (8/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.600.

EKONOMI | 8 Desember 2022

IHSG Sempat Anjlok ke Level Terendah 2022, Ini Penyebabnya

IHSG terjun bebas hingga sempat sentuh 6.690, level intraday terendah dalam 11 bulan sebelum akhirnya kembali ke kisaran 6.752.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bulog Subang Pastikan Stok Beras Aman hingga Maret 2023

Harga beras di Jawa Barat kini masih tinggi. Di Pasar Tradisional Terminal Subang, harga beras mengalami kenaikan Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per kilogram.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Saham Telkom Rebound, Bukti Fundamental Bisnis Kuat

Hadapi tantangan bisnis tahun 2023, Telkom terus memperkuat fundamental di segala lini dengan lima strategi utama.

EKONOMI | 8 Desember 2022

APSI Minta Jasa Unlock IMEI Ditindak Tegas

Jasa unlock International Mobile Equipment Identity (IMEI) belakangan ini ramai ditawarkan melalui media sosial dan sejumlah marketplace.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jangan Coba-coba Unlock IMEI Ponsel, Cuma Bertahan 3 Bulan

Jasa unlock IMEI lewat aplikasi pendaftaran wisatawan asing hanya berlaku beberapa bulan saja. Selain itu, garansi hangus.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Lanjutkan Pelemahan, IHSG Dibuka Terkoreksi ke 6.783

IHSG dibuka melemah 35,24 poin (0,52%) di posisi 6.783,51 pada perdagangan sesi I hari ini, Kamis (8/12/2022).

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sektor Transportasi Online Resilien, Gojek jadi Pemimpin Pasar

Riset dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di 5 kota besar Indonesia kepada 2.310 pengguna dan 1.155 pengusaha. 

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PT Mattel Indonesia Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie Per Minggu

PT Mattel Indonesia Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie Per Minggu

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE