Logo BeritaSatu

Nurdin Halid Minta Dekopin Daerah Percepat Digitalisasi Koperasi

Kamis, 30 September 2021 | 11:31 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Mataram, Beritasatu.com - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Nurdin Halid mengapresiasi soliditas dan langkah-langkah terobosan gerakan koperasi Nusa Tenggara Barat.

Ia mendorong Dekopin Wilayah Provinsi dan 10 Dekopin Daerah Kabupaten/Kota se-NTB untuk mempercepat digitalisasi koperasi dan koperasisasi UMKM di NTB.

Hal itu diungkapkan Nurdin Halid dalam sambutannya pada acara Rapat Kerja Wilayah Dekopinwil NTB di Desa Batu Tete, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB Sabtu (25/9/2021) sebagaimana dalam keterangan tertulisnya.

Nurdin Halid menegaskan, koperasi adalah substansi dari sistem ekonomi Pancasila atau Sistem Ekonomi Gotong-Royong sesuai amanat Konstitusi Pasal 33 UUD 1945.

Bung Karno, Bung Hatta dan para Bapak Bangsa lainnya menetapkan sistem koperasi karena di dalam koperasi ada nilai-nilai luhur seperti kesetaraan, keadilan, solidaritas, keterbukaan, kerjasama, dan kemandirian.

“Nilai-nilai itu tidak kita temukan dalam sistem ekonomi kapitalis yang berbasis modal dan berorientasi profit. Koperasi berbasis orang dan orientasinya mempromosikan ekonomi anggota. Dalam ekonomi kapitalis, pemilik adalah pemodal. Dalam koperasi, pemilik adalah semua anggota koperasi sekaligus pemakai manfaat usaha koperasi,” tegas Nurdin Halid.

Gerakan Nasional Digitalisasi Menghadapi era digital yang digerakkan Revolusi Industri 4.0 dan dampak luas pandemic Covid-19, Nurdin Halid menegaskan paradigma baru dan strategi baru pembangunan koperasi di NKRI, yaitu transformasi, kapitalisasi, digitalisasi, kolaborasi, dan hilirisasi usaha UMKM berbasis sumber daya alam (SDA) dan sumber daya budaya (SDB).

Kegiatan Rakerwil ini dirangkaikan dengan acara pengukuhan pengurus baru Dekopinwil NTB serta pelantikan secara kolektif pimpinan 10 Dekopinda Kabupaten/Kota se-NTB hasil Musyawarah Daerah tahun 2020/2021.

“Hari ini saya sangat senang menyaksikan semangat kekeluargaan, soliditas, dan terobosan-terobosan penting Dekopinwil dan semua Dekopinda dari 10 kabupaten/Kota di NTB.

Ini pertama kali saya menyaksikan pelantikan Dekopinda se-propinsi dilakukan secara kolektif dengan menghadirkan segenap unsur stakeholders koperasi, mulai pemprov, pemda, camat, kepala desa, pengurus koperasi hingga tokoh masyarakat dan mitra kerjasama,” ujar Nurdin.

Kehadiran Nurdin Halid disambut upacara adat penyambutan tamu “Sorong Serah Ajikrama” yaitu penerimaan Nurdin Halid secara agung penuh daya magis alami agar bisa menyatu dalam kekerabatan keluarga Tete Batu.

Nurdin Halid didampingi Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj, Ketua Dekopinwil NTB Mahmud Razak, Hasan Rahman (Ketua Partai Golkar Lombok Timur), Daeng Paelori (wakil ketua I DPRD Lombok Timur), H Mauud Adam (anggota DPR Komisi I NTB), serta Lalu Azhabidin Tarmizi (Ketua Advokasi BPKH Dekopinwil NTB).

“Saya sangat berterima kasih kepada Pak Camat, Pak Kades, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Tete Batu yang telah menerima saya sebagai keluarga dalam sebuah upacara adat yang luar biasa,” ujar Nurdin Halid di awal sambutannya.

Desa Tete Batu, sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram, terletak di lereng Gunung Rinjani, adalah salah satu desa wisata terbaik Indonesia dan akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang lomba Desa Terbaik Dunia tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Organisasi Pariwisata PBB (UNWTO).

“Saya merasa bangga bercampur rasa haru berada di tengah masyarakat koperasi di sebuah desa yang indah, sejuk, dan alami. Sebagai pribadi maupun sebagai ketua umum Dekopin beserta seluruh Gerakan koperasi di NTB memberikan dukungan kepada Desa Tete Batu agar nanti bisa bersaing dan meraih hasil terbaik dalam lomba Desa Wisata Dunia PBB tahun 2021 ini,” ujar Nurdin yang disambut aplaus oleh seluruh undangan dan peserta yang hadir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Apindo: Kenaikan UMP Berdampak Buruk bagi Kelangsungan Usaha

Ditambah dengan kenaikan UMP yang cukup tinggi, Apindo melihat dampak buruk bagi kelangsungan kerja khususnya bagi industri padat karya.

EKONOMI | 30 November 2022

Hingga 24 November, DJP Terima 16,82 Juta SPT Pajak

Direktorat Jenderal (Ditjen Pajak) melaporkan telah menerima sebanyak 16,82 juta Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Tahunan hingga 24 November 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Gempa Cianjur, Sidang Sambo, dan Piala Dunia 2022 Jadi Top News Beritasatu.com

Gempa Cianjur, sidang Ferdy Sambo, dan Piala Dunia 2022 masih menjadi berita terpopuler Beritasatu.com dalam 24 jam terakhir.

EKONOMI | 30 November 2022

DJP Optimistis Penerimaan Pajak 2022 Lampaui Rp 1.485 T

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) optimistis penerimaan pajak tahun 2022 akan melampaui  target yang ditetapkan sebesar Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 30 November 2022

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas

Sebanyak 500 UMKM binaan Pertamina akan berpartisipasi secara online maupun offline dalam Pertamina SMEXPO 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Honeywell Komitmen Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Honeywell menyatakan kesiapan dalam mendukung Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mewujudkan ibu kota yang cerdas dan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 November 2022

Erick Thohir Sebut Impor Beras Sebagai Langkah Keseimbangan

Erick Thohir menyatakan, impor beras sebagai langkah memastikan terjadinya keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

52,9 Juta Wajib Pajak Bisa Gunakan NIK Sebagai NPWP

Neil mengatakan, pengintegrasian NIK sebagai NPWP bertujuan meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

EKONOMI | 29 November 2022

Pacu Bisnis KPR, KB Bukopin Gandeng Asosiasi Agen Properti

KB Bukopin mengumumkan kerja sama strategis dengan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) dalam memacu bisnis kredit pemilikan rumah (KPR).

EKONOMI | 29 November 2022

Begini Strategi BRI Finance Targetkan NPF di Bawah 2,5%

PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) menetapkan target NPF di bawah 2,5% melalui strategi tata kelola yang baik.

EKONOMI | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Apindo: Kenaikan UMP Berdampak Buruk bagi Kelangsungan Usaha

Apindo: Kenaikan UMP Berdampak Buruk bagi Kelangsungan Usaha

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE