Logo BeritaSatu

Wika Ikon Ekspor 3.600 Set Roof Rack Otomotif ke Thailand

Kamis, 30 September 2021 | 11:45 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), yaitu PT Wika Industri dan Konstruksi (Wika Ikon) kembali mengirimkan komponen mobil produksi anak bangsa ke Thailand. Sebanyak 3.600 set komponen mobil berupa roof rack set yang diproduksi Pabrik Plastic, Pressing & Casting (PPC) Wika Ikon telah memasuki pengiriman keempat ke Itochu, Thailand, pada medio September 2021. Produk-produk tersebut akan diaplikasikan pada bagian kerangka atap mobil Toyota Fortuner produksi Toyota Motor Thailand.

Sekretaris Perusahaan Wika, Mahendra Vijaya menuturkan, dipercayanya Wika Ikon oleh Itochu sebagai eksportir produk komponen mobil ini didasarkan atas jalinan kerja sama yang baik selama ini dalam melakukan product development design secara jangka panjang. Hal itu juga mengacu pada kualitas produk yang telah teruji dengan sangat baik.

“Harapannya, ekspor ini menjadi tolok ukur atas sebuah optimisme Wika Ikon dalam menghasilkan produk-produk otomotif berkualitas yang diakui dunia," terang Mahendra di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Rencana pengiriman komponen ini secara keseluruhan terbagi dalam 6 batch. Batch pertama, kedua, dan ketiga masing-masing telah dilaksanakan pada Maret, Mei, dan Juli 2021.

Selain berhasil melakukan ekspor, Wiko Ikon kini juga sudah menguasai 100% saham produsen sepeda motor listrik Gesits. Hal itu ditandai dengan diakuisisinya 10,66% saham milik PT Gesits Technologies Indonesia (GTI) pada PT Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA) yang merupakan perusahaan patungan manufaktur motor listrik Gesits antara Wiko Ikon dan GTI.

Dalam laporan keterbukaan informasi yang disampaikan kepada IDX, Selasa (28/9/2021), Mahendra mengatakan bahwa transaksi jual-beli tersebut telah berlangsung pada 24 September 2021.

Untuk mengakuisisi 6.800 lembar saham atau setara 10,66% saham yang ditempatkan dan disetor di WIMA tersebut, Wika Ikon menggelontorkan dana sebesar Rp 36,5 miliar. "Seusai transaksi ini, Wika Ikon menjadi pemegang 100% saham WIMA." terangnya.

Gesits merupakan kendaraan listrik yang mengandalkan motor listrik bertenaga 6,7 dk dan torsi 30 Nm yang mendapat daya listrik dari baterai berkapasitas 1.396 watt. Dalam keadaan penuh, motor ini bisa menjelajah hingga 50 km.

Pengisian baterai dapat dilakukan dengan dua cara, yakni normal charging yang mengambil daya listrik sebesar 350 wH dan fast charging 450 wH. Sehingga, pada mode normal, kecepatan pengisiannya membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam, sedangkan pengisian cepat mencapai 3-4 jam.

Terdapat tiga macam mode berkendara yang ditawarkan, mencakup Eco, Urban, dan Sport. Masing-masing menawarkan kecepatan puncak dan jarak tempuh berbeda. Tipe Sport, misalnya, bisa melaju hingga 60-70 km/jam.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tidak Hanya MBR, Kelas Menengah Butuh Stimulus Perumahan

Kebijakan dan stimulus perumahan terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dinilai perlu diperluas untuk kelas menengah.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Danone Indonesia Fokus Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial

Danone Indonesia fokus mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan dan sosial dalams setiap tahap bisnisnya.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Sandiaga Uno Minta ASEAN Tourism Forum 2023 Dimatangkan

Sandiaga Uno terkesima dengan inovasi layanan akomodasi kekinian di pinggiran Yogyakarta menjelang perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Arab Saudi Sediakan Ratusan Ribu Peluang Kerja bagi Warga Indonesia

Afriansyah Noor, mengatakan, Arab Saudi membuka kesempatan bagi 200.000 pekerja dari Indonesia untuk bekerja di negeri itu.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Masih Banyak yang Salah Memahami Garis Kemiskinan Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan garis kemiskinan ekstrem dari US$1,9 menjadi US$2,15 per kapita per hari.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

BI dan Kemendag Gencarkan Penerapan SIAP QRIS di Mal

Dukung pemulihan ekonomi, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong penerapan SIAP QRIS di berbagai mal dan pusat perbelanjaan.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Minim Ahli Keamanan Siber, Indonesia Sasaran Empuk Hacker

Kekurangan tenaga ahli dan wawasan masyarakat yang rendah mengenai keamanan siber, membuat Indonesia jadi sasaran empuk para hacker.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

KSP: Pelaku Pariwisata Harus Beradaptasi dengan Perubahan Akibat Pandemi

Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian menekankan pentingnya pelaku pariwisata beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama pandemi Covid-19.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Perkuat Layanan Logistik, Mologiz Gandeng Lion Parcel

Penyedia layanan logistik, Mologiz, menggandeng Lion Parcel dalam bentuk kerja sama layanan pengiriman barang secara langsung.

EKONOMI | 1 Oktober 2022

Samanea Group Gandeng Wook Garap Bisnis E-Commerce

Samanea Group menjalin kerja sama strategis dengan Wook (Wook Global Technology) perusahaan e-commerce asal Tiongkok, di proyek pusat grosir Jakarta Trade City.

EKONOMI | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berawal dari Konser Musik, Rivalitas Arema dan Persebaya Memanas di Stadion

Berawal dari Konser Musik, Rivalitas Arema dan Persebaya Memanas di Stadion

BOLA | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings