Logo BeritaSatu

Perkuat Struktur Bisnis, Darma Henwa Dirikan Anak Usaha Baru

Jumat, 8 Oktober 2021 | 13:23 WIB
Oleh : Nabil Syarifudin Al Faruq / FMB

Jakarta, Beritasatu.com — PT Darma Henwa Tbk (DEWA) bersama dengan anak usahanya yakni PT Dire Pratama (Dire) telah mendirikan anak usaha baru, PT Darma Reka Teknik (DRT). Aksi ini bertujuan untuk memperkuat struktur bisnis perseroan.

Berdasarkan keterangan resmi, Jumat (8/10/2021), aksi korporasi tersebut telah dilakukan pada 7 Oktober 2020, di mana maksud pendirian DRT adalah untuk pengembangan bidang usaha perseroan di luar bidang jasa kontraktor pertambangan batu bara.

“Maksud dan tujuan DRT adalah berusaha dalam bidang reparasi mesin untuk keperluan khusus dan reparasi mesin untuk keperluan umum. Perseroan memiliki 99,90% saham dan Dire mempunyai 0,10% saham dana DRT,” ujar Chief Investor Relations & Corporate Secretary Darma Henwa Mukson Arif Rosyidi.

Mukson menyampaikan, pendirian anak usaha baru juga sebagai langkah diversifikasi usaha perseroan untuk dapat memperkuat bisnis dan meningkat nilai tambah perseroan di masa yang akan datang.

Pendirian anak usaha ini akan memberikan dampak terhadap kinerja keuangan perseroan pada saat perusahaan tersebut beroperasi. Menurut Mukson, jika sudah beroperasi, kinerja keuangan akan meningkat dengan adanya tambahan pendapatan dari kegiatan bisnisnya, yakni reparasi mesin.

“Pendirian DRT akan memberikan kelangsungan usaha yang lebih baik kepada perseroan. Adapun aksi korporasi ini tidak memiliki dampak hukum,” ujar Mukson.

Sebagai informasi, Darmah Henwa sebelumnya juga mendirikan perusahaan baru yakni PT Dire Terminal Indonesia (DTI). Aksi ini dibantu oleh kedua anak usaha PT Dire Pratama (Dire) dan PT Dire Pratama Services (DPS).

DTI disebut bergerak di bidang aktivitas pelayanan kepelabuhan laut. Di dalam perusahaan baru ini, Dire memiliki 99% dan DPS memiliki 1% saham. Langkah tersebut, sebagai respon perseroan menanggapi peluang yang cukup besar untuk pengelolaan pelabuhan umum di wilayah Indonesia.

Di sisi lain, Darma Henwa telah mendapatkan kontrak baru senilai Rp 52 miliar. Dalam kontrak ini, perseroan akan mengerjakan konstruksi jalan pengangkutan batubara di Bengalon Utara, yang merupakan area tambang milik PT Kaltim Prima Coal.

Mukson menjelaskan bahwa kontrak ini diraih perseroan pada tanggal 6 September 2021 lalu. Proyek ini diperkirakan memakan waktu hingga 6 bulan lamanya. “Kontrak baru ini, merupakan transaksi afiliasi karena adanya hubungan dengan pemegang saham utama,” jelasnya.

Darma Henwa pada tahun ini juga akan melanjutkan strategi efisiensi operasional dan peningkatan produksi. Strategi ini sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2020 dengan mengurangi biaya operasi melalui program perawatan alat yang efisien dengan global sourcing dan meningkatkan produksi dengan fleet produksi.

Strategi tersebut memberikan hasil, dimana perseroan mencatatkan volume removal material yang dihasilkan dari fleet produksi sebesar 54,82 juta bcm di tahun 2020, atau meningkat 6,6% dari tahun 2019.

Keberhasilan strategi tersebut dapat disampaikan bahwa kapasitas fleet produksi yang dimiliki perseroan meningkat 16% di tahun 2020, dan dengan ini juga perseroan berhasil menurunkan biaya pemeliharaan alat menjadi US$ 20,82 juta, atau menurun 33% dari tahun sebelumnya yang berdampak pada peningkatan ekspansi margin sebesar 2,1% di tahun 2020.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menhub: Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

Menhub menyebutkan, proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Palur saat ini sudah mencapai 84,33% dan ditargetkan beroperasi pada Juli 2022.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Kerja Sama IPEF Diluncurkan, Ini Harapan Pelaku Usaha

Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik atau Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) merupakan upaya untuk memperkuat hubungan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Kebijakan People First Jadi Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, Indonesia saat ini sudah menuju pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 26 Mei 2022

UMKM Binaan Bank Indonesia Catat Nilai Ekspor US$ 61 Juta

Komoditas ekspor yang paling signifikan dari para UMKM binaan Bank Indonesia (BI) antara lain ikan laut, kopi, serta kerajinan tangan.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Dukung Platform dan UMKM, Menkominfo: Kami Terus Bangun Infrastruktur Digital

Menkominfo Johnny G Plate menyatakan pemerintah mendukung platform digital dan UMKM dengan terus membangun infrastruktur digital.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Genjot Pemasaran, Synthesis Huis Gandeng Tiga Agen Properti

Selain memperkuat tim sales inhouse, Synthesis Huis berkolaborasi dengan tiga agen properti besar Century 21, ERA Indonesia, dan Promex Indonesia.

EKONOMI | 26 Mei 2022

PLN Insurance Gelar Go Live Pengelolaan ASO PT PLN

Acara go live pengelolaan ASO menandai dimulainya pelayanan pengelolaan administration service only dari PLN Insurance kepada karyawan dan pensiunan PLN.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Merck Alokasikan 80% dari Laba Bersih untuk Dividen

PT Merck Tbk (MERK), perusahaan sains dan teknologi global, sepakat membagikan dividen sebesar Rp 240 per saham atau senilai total Rp 107,5 miliar.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Reforminer: Daripada Pembatasan, Lebih Baik Naikkan Harga Pertalite Rp 1.000

antinya pembelian Pertalite akan diatur hanya bagi mereka yang berhak sesuai dengan kriteria yang akan ditentukan oleh pemerintah.

EKONOMI | 26 Mei 2022

PLN Dukung Pelaksanaan Sistem Manajemen Antipenyuapan

PLN mendukung pelaksanaan sistem manajemen antipenyuapan dan berupaya mewujudkan kelancaran pembangunan infrastruktur kelistrikan andal.

EKONOMI | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

NEWS | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings